RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMA
N 1 Sirampog
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Tahun
Pelajaran
|
:
|
2018 - 2019
|
Materi
Pokok
|
:
|
Membuat Simpulan Buku Nonfiksi
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4
Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A. Kompetensi Inti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI
3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7. Mengidentifikasi
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7. Menyusun laporan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
4.7.1. Menentukan
unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
4.7.2. Menyusun laporan
hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
|
4.7.3. Mempresentasikan
dan memberi tanggapan, dan
merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10. Menemukan
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10. Mempertunjukkan
kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks
eksplanasi singkat
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
4.10.1. Membuat simpulan
tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
|
4.10.2. Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas.
4.10.3. Memberi tanggapan
dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan
belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :
1.
Menghayati dan
mengamalkan materi membuat simpulan buku nonfiksi sebagai bentuk penghayatan
dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menguasai materi
membuat simpulan buku nonfiksi dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerja sama, toleran, damai), santun,
responsive, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian materi membuat simpulan buku nonfiksi yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari materi membuat simpulan buku nonfiksi yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
D. Materi
Pembelajaran
Fakta
Topik : Buku
Pengayaan Nonfiksi
Isi Buku
Konsep
Nonfiksi
Prinsip
Buku Pengayaan
Keunggulan dan kelemahan buku
Prosedur
Membuat
kesimpulan buku
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning
(Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media
Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT
dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø
Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
Ø
Buku penunjang kurikulum 2013 mata
pelajaran Bahasa IndonesiaKelas
XI Kemendikbud, tahun 2013
Ø
Pengalaman peserta didik dan guru
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Ø
http://www.slideshare.net/Panda0106/bank-soal-bahasa-indonesia
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1
Materi : Buku
Nonfiksi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : teknik orasi dalam ceramah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi buku nonfiksi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi isi
buku nonfiksi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi isi buku nonfiksi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi isi buku nonfiksi untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi isi buku nonfiksi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi isi buku nonfiksi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi isi
buku nonfiksi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi isi buku nonfiksiyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan isi buku nonfiksi?
Ø
Terdiri
dari apakah isi buku nonfiksi
tersebut?
Ø
Seperti
apakah isi buku nonfiksi tersebut?
Ø
Bagaimana
isi buku nonfiksi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi isi buku nonfiksi?
Ø
Bagaimanakah
materi isi buku nonfiksi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir
masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi buku
nonfiksi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi
yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
isi buku nonfiksi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi buku nonfiksi yang sedang
dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi isi buku nonfiksi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi isi buku nonfiksi
mencatat semua informasi tentang materi
isi buku nonfiksi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
isi buku nonfiksi sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi isi
buku nonfiksi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi isi buku nonfiksiyang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi isi buku nonfiksiyang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi isi buku nonfiksi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : isi buku nonfiksi, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi buku nonfiksiberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : isi
buku nonfiksi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi isi buku
nonfiksidan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi isi buku nonfiksiyang dilakukan
dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi
buku nonfiksi
- Menjawab pertanyaan tentang isi buku nonfiksiyang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi buku nonfiksiyang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi
buku nonfiksiyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran isi buku nonfiksiyang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran isi buku nonfiksi yang
baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran isi buku nonfiksi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran isi buku
nonfiksi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran isi buku nonfiksikepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran isi buku nonfiksi
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia,
bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan
bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang
sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 2
Materi : Buku
Nonfiksi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : isi buku nonfiksi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi keunggulan buku
nonfiksi yang dibaca
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi keunggulan buku nonfiksi yang dibaca
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi keunggulan buku
nonfiksi yang dibaca
Ø
pemberian
contoh-contoh materi keunggulan buku
nonfiksi yang dibaca untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi keunggulan buku nonfiksi yang
dibaca dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi keunggulan buku nonfiksi yang
dibaca oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi keunggulan buku nonfiksi yang dibaca, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi keunggulan buku nonfiksi
yang dibacayang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan keunggulan buku
nonfiksi yang dibaca?
Ø
Terdiri
dari apakah keunggulan buku nonfiksi
yang dibaca tersebut?
Ø
Seperti
apakah keunggulan buku nonfiksi yang
dibaca tersebut?
Ø
Bagaimana
keunggulan buku nonfiksi yang dibaca
itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi keunggulan buku nonfiksi yang
dibaca?
Ø
Bagaimanakah
materi keunggulan buku nonfiksi yang
dibaca itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan
peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi
keunggulan buku nonfiksi yang dibaca
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
keunggulan buku nonfiksi yang dibaca
yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi keunggulan buku nonfiksi yang dibaca yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi keunggulan buku nonfiksi yang
dibaca yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi keunggulan buku nonfiksi yang dibaca
mencatat semua informasi tentang materi
keunggulan buku nonfiksi yang dibaca
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
keunggulan buku nonfiksi yang
dibaca sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi keunggulan buku nonfiksi yang dibaca dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi keunggulan buku nonfiksi yang dibacayang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi keunggulan buku
nonfiksi yang dibacayang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi keunggulan buku nonfiksi yang dibaca
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : keunggulan buku nonfiksi yang dibaca, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi keunggulan buku
nonfiksi yang dibacaberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : keunggulan buku nonfiksi yang dibaca
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi keunggulan buku nonfiksi yang dibacadan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi keunggulan buku nonfiksi yang dibacayang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang keunggulan buku nonfiksi yang dibaca
- Menjawab pertanyaan tentang keunggulan buku nonfiksi yang dibacayang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi keunggulan buku
nonfiksi yang dibacayang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi keunggulan buku nonfiksi yang dibacayang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang
telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran keunggulan buku nonfiksi yang dibacayang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran keunggulan buku nonfiksi yang dibaca yang baru
diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran keunggulan buku nonfiksi yang dibaca.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran keunggulan buku nonfiksi yang dibaca
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran keunggulan buku nonfiksi yang dibacakepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran keunggulan buku nonfiksi yang dibaca berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 3
Materi : Buku
Nonfiksi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : keunggulan buku
nonfiksi yang dibaca
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi kelemahan buku nonfiksi
yang dibaca
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi kelemahan buku nonfiksi yang dibaca
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi kelemahan buku nonfiksi
yang dibaca
Ø
pemberian
contoh-contoh materi kelemahan buku
nonfiksi yang dibaca untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi kelemahan buku nonfiksi yang
dibaca dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi kelemahan buku nonfiksi yang
dibaca oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi kelemahan buku nonfiksi yang dibaca, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi kelemahan buku nonfiksi yang
dibacayang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan kelemahan buku
nonfiksi yang dibaca?
Ø
Terdiri
dari apakah kelemahan buku nonfiksi
yang dibaca tersebut?
Ø
Seperti
apakah kelemahan buku nonfiksi yang
dibaca tersebut?
Ø
Bagaimana
kelemahan buku nonfiksi yang dibaca
itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi kelemahan buku nonfiksi yang
dibaca?
Ø
Bagaimanakah
materi kelemahan buku nonfiksi yang
dibaca itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan
peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi
kelemahan buku nonfiksi yang dibaca
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
kelemahan buku nonfiksi yang dibaca yang
sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kelemahan buku nonfiksi yang dibaca yang sedang
dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi kelemahan buku nonfiksi yang
dibaca yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi kelemahan buku nonfiksi yang dibaca
mencatat semua informasi tentang materi
kelemahan buku nonfiksi yang dibaca
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
kelemahan buku nonfiksi yang
dibaca sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi kelemahan buku nonfiksi yang dibaca dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi kelemahan buku nonfiksi yang dibacayang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi kelemahan buku
nonfiksi yang dibacayang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi kelemahan buku nonfiksi yang dibaca
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : kelemahan buku nonfiksi yang dibaca, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi kelemahan buku nonfiksi
yang dibacaberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : kelemahan buku nonfiksi yang dibaca
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi kelemahan buku nonfiksi yang dibacadan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi kelemahan buku nonfiksi yang dibacayang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kelemahan buku nonfiksi yang dibaca
- Menjawab pertanyaan tentang kelemahan buku nonfiksi yang dibacayang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kelemahan buku nonfiksi
yang dibacayang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kelemahan buku nonfiksi yang dibacayang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang
telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran kelemahan buku nonfiksi yang dibacayang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran kelemahan buku nonfiksi yang dibaca yang baru
diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran
kelemahan buku nonfiksi yang dibaca.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran kelemahan buku nonfiksi yang dibaca
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran kelemahan buku nonfiksi yang dibacakepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran kelemahan buku nonfiksi yang dibaca berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 4
Materi : Buku
Nonfiksi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : kelemahan buku nonfiksi
yang dibaca
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi kesimpulan dari buku
nonfiksi yang dibaca
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi kesimpulan
dari buku nonfiksi yang dibaca
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi kesimpulan dari buku
nonfiksi yang dibaca
Ø
pemberian
contoh-contoh materi kesimpulan dari
buku nonfiksi yang dibaca untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi kesimpulan dari buku nonfiksi
yang dibaca dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi kesimpulan dari buku nonfiksi
yang dibaca oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi kesimpulan
dari buku nonfiksi yang dibaca, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi kesimpulan dari buku
nonfiksi yang dibacayang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan kesimpulan dari
buku nonfiksi yang dibaca?
Ø
Terdiri
dari apakah kesimpulan dari buku
nonfiksi yang dibaca tersebut?
Ø
Seperti
apakah kesimpulan dari buku nonfiksi
yang dibaca tersebut?
Ø
Bagaimana
kesimpulan dari buku nonfiksi yang
dibaca itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi kesimpulan dari buku nonfiksi
yang dibaca?
Ø
Bagaimanakah
materi kesimpulan dari buku nonfiksi
yang dibaca itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan
peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi kesimpulan
dari buku nonfiksi yang dibaca yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
kesimpulan dari buku nonfiksi yang
dibaca yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibaca yang sedang
dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi kesimpulan dari buku nonfiksi
yang dibaca yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibaca
mencatat semua informasi tentang materi
kesimpulan dari buku nonfiksi yang
dibaca yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
kesimpulan dari buku nonfiksi
yang dibaca sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi kesimpulan
dari buku nonfiksi yang dibaca
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibacayang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi kesimpulan dari buku
nonfiksi yang dibacayang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibaca
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibaca, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi kesimpulan dari buku
nonfiksi yang dibacaberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : kesimpulan
dari buku nonfiksi yang dibaca
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi kesimpulan
dari buku nonfiksi yang dibacadan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibacayang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kesimpulan
dari buku nonfiksi yang dibaca
- Menjawab pertanyaan tentang kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibacayang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kesimpulan dari buku nonfiksi
yang dibacayang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kesimpulan
dari buku nonfiksi yang dibacayang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang
telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibacayang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibaca yang baru
diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibaca.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran kesimpulan
dari buku nonfiksi yang dibaca
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran
kesimpulan dari buku nonfiksi yang dibacakepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran kesimpulan
dari buku nonfiksi yang dibaca
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia,
bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
I.
Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama
Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
Positif
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
Nama Peserta Didik :
…………...........................................……..
Kelas :
…………...........................................……..
Aspek yang diamati :
…………...........................................……..
No
|
Hari/tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan /
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
….
|
|
|
|
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik
(SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi
terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek
Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah
mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan
untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen
penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat
Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) =
Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal
(100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi
diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan
masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat
Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan,
PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Sirampog, 18 Juli
2018
Mengetahui
Kepala SMA N 1 Sirampog Guru
Mata Pelajaran
Yuniarso
Amirudin, S.Pd, M.Si Teguh
Priyono, S.Pd
NIP
196903281991011002 NIP -
Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
BalasHapusmampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-q
~domino99
~poker
~bandar66
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217
JASA LAYANAN SOSMED DAN PPOB, DIAMOND GAME, EMONEY DAN LAIN LAINNYA YANG MURAH, MUDAH , DAN TERPERCAYA HANYA DI RAA PEDIA
BalasHapushttps://raa-pedia.xyz