RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMA N 1 Sirampog
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Tahun
Pelajaran
|
:
|
2018 - 2019
|
Materi
Pokok
|
:
|
Proposal
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 Minggu x 4
Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A. Kompetensi Inti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI
3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
Mengidentifikasi formasi penting yang
ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
Melengkapi informasi dalam proposal
secara lisan supaya lebih efektif
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.12.1. Mengidentifiksi
isi tiap-tiap unsur proposal.
3.12.2. Menyunting
proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap.
|
4.12.1. Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
Menganalisis isi, sistematika, dan
kebahasaan suatu proposal
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
Merancang sebuah proposal karya ilmiah
dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang
diperlukan
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.13.1. Mengidentifikasi
isi, sistematika, dan kebahasaan proposal.
3.13.2. Membuat proposal
berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang masalah,
metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana) dengan memperhati-kan isi dan
kebahasaannya.
|
4.13.1. Mempresentasikan,menanggapi,
dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan
belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :
1.
Menghayati dan
mengamalkan materi proposal sebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menguasai materi
proposal dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong), kerja sama, toleran, damai), santun, responsive, dan pro-aktif
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian materi proposal yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari materi proposal yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
D. Materi
Pembelajaran
Fakta
Topik
: Proposal
·
isi proposal;
Konsep
Unsur
Kebahasaan
·
unsur kebahasaan
proposal.
·
unsur-unsur
proposal
Prinsip
Fungsi
Sosial
·
informasi dalam
proposal
Prosedur
Sturktur
·
sistematika
proposal
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran
Berbasis Masalah )/ projek
F. Media Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT
dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø
Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
Ø
Buku penunjang kurikulum 2013 mata
pelajaran Bahasa IndonesiaKelas
XI Kemendikbud, tahun 2013
Ø
Pengalaman peserta didik dan guru
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Ø
http://bahasaindosugik.blogspot.co.id/2011/12/menulis-proposal-kegiatan.html
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1
Materi : Proposal
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : ulasan terhadap buku fiksi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi informasi dalam proposal
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi informasi
dalam proposal
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi informasi dalam proposal
Ø
pemberian
contoh-contoh materi informasi dalam proposal untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi informasi dalam proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi informasi dalam proposal oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi informasi
dalam proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi informasi dalam proposal yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan informasi dalam proposal?
Ø
Terdiri
dari apakah informasi dalam proposal
tersebut?
Ø
Seperti
apakah informasi dalam proposal tersebut?
Ø
Bagaimana
informasi dalam proposal itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi informasi dalam proposal?
Ø
Bagaimanakah
materi informasi dalam proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari
dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi informasi
dalam proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
informasi dalam proposal yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi informasi dalam proposal yang
sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi informasi dalam proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi informasi dalam proposal
mencatat semua informasi tentang materi informasi
dalam proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
informasi dalam proposal sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi informasi
dalam proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi informasi dalam proposal yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi informasi dalam proposal yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi informasi dalam proposal
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : informasi dalam proposal, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi informasi dalam proposal berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : informasi
dalam proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi informasi dalam
proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi informasi dalam proposal yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang informasi
dalam proposal
- Menjawab pertanyaan tentang informasi dalam proposal yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi informasi dalam proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi informasi
dalam proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran informasi dalam proposal yang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran informasi dalam
proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran informasi dalam
proposal.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran informasi
dalam proposal
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran informasi dalam
proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN
:
|
Selama
pembelajaran informasi dalam proposal berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang
Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta
kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan
berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 2
Materi : Proposal
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : informasi dalam proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi unsur-unsur proposal
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi unsur-unsur
proposal
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi unsur-unsur proposal
Ø
pemberian
contoh-contoh materi unsur-unsur proposal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi unsur-unsur proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi unsur-unsur proposal oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi unsur-unsur
proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi unsur-unsur proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan unsur-unsur proposal?
Ø
Terdiri
dari apakah unsur-unsur proposal
tersebut?
Ø
Seperti
apakah unsur-unsur proposal tersebut?
Ø
Bagaimana
unsur-unsur proposal itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi unsur-unsur proposal?
Ø
Bagaimanakah
materi unsur-unsur proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi
unsur-unsur proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
unsur-unsur proposal yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur proposal yang
sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi unsur-unsur proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur proposal
mencatat semua informasi tentang materi
unsur-unsur proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
unsur-unsur proposal sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi unsur-unsur
proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur-unsur proposal yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi unsur-unsur proposal yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi unsur-unsur proposal
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur proposal, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur-unsur proposal berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur
proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi unsur-unsur
proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi unsur-unsur proposal yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur
proposal
- Menjawab pertanyaan tentang unsur-unsur proposal yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur
proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur proposal yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran unsur-unsur proposal
yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran unsur-unsur proposal.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran unsur-unsur
proposal
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran unsur-unsur proposal kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama
pembelajaran unsur-unsur proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 3
Materi : Proposal
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : unsur-unsur proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi proposal
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi
dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi isi
proposal
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi isi proposal
Ø
pemberian
contoh-contoh materi isi proposal untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi isi proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi isi proposal oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi isi
proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi isi proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan isi proposal?
Ø
Terdiri
dari apakah isi proposal tersebut?
Ø
Seperti
apakah isi proposal tersebut?
Ø
Bagaimana
isi proposal itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi isi proposal?
Ø
Bagaimanakah
materi isi proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa
depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi
proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi
yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
isi proposal yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi proposal yang sedang
dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi isi proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi isi proposal
mencatat semua informasi tentang materi
isi proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
isi proposal sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi isi
proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi isi proposal yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi isi proposal yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi isi proposal
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : isi proposal, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi proposal berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : isi
proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi isi proposal dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi isi proposal yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi
proposal
- Menjawab pertanyaan tentang isi proposal yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi
proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran isi proposal yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran isi proposal yang baru
diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran isi proposal.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran isi
proposal
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran isi proposal kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama
pembelajaran isi proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 4
Materi : Proposal
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : isi proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi sistematika proposal
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi sistematika
proposal
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi sistematika proposal
Ø
pemberian
contoh-contoh materi sistematika proposal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi sistematika proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi sistematika proposal oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi sistematika
proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi sistematika proposal yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan sistematika proposal?
Ø
Terdiri
dari apakah sistematika proposal
tersebut?
Ø
Seperti
apakah sistematika proposal tersebut?
Ø
Bagaimana
sistematika proposal itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi sistematika proposal?
Ø
Bagaimanakah
materi sistematika proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi
sistematika proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
sistematika proposal yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi sistematika proposal yang
sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi sistematika proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi sistematika proposal
mencatat semua informasi tentang materi
sistematika proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
sistematika proposal sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi sistematika
proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi sistematika proposal yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi sistematika proposal yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi sistematika proposal
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : sistematika proposal, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi sistematika proposal berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : sistematika
proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi sistematika
proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi sistematika proposal yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang sistematika
proposal
- Menjawab pertanyaan tentang sistematika proposal yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi sistematika proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi sistematika
proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran sistematika proposal yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran sistematika proposal
yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran sistematika proposal.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran sistematika
proposal
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran sistematika proposal kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama
pembelajaran sistematika proposal berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 5
Materi : Proposal
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : sistematika proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi unsur kebahasaan proposal
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi unsur
kebahasaan proposal
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi unsur kebahasaan proposal
Ø
pemberian
contoh-contoh materi unsur kebahasaan proposal untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi unsur kebahasaan proposal dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi unsur kebahasaan proposal oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi unsur
kebahasaan proposal, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi unsur kebahasaan proposal yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan unsur kebahasaan proposal?
Ø
Terdiri
dari apakah unsur kebahasaan proposal
tersebut?
Ø
Seperti
apakah unsur kebahasaan proposal tersebut?
Ø
Bagaimana
unsur kebahasaan proposal itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi unsur kebahasaan proposal?
Ø
Bagaimanakah
materi unsur kebahasaan proposal itu berperan dalam kehidupan sehari-hari
dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi unsur
kebahasaan proposal yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
unsur kebahasaan proposal yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur kebahasaan proposal yang
sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi unsur kebahasaan proposal yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur kebahasaan proposal
mencatat semua informasi tentang materi
unsur kebahasaan proposal yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
unsur kebahasaan proposal sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi unsur
kebahasaan proposal dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur kebahasaan proposal yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi unsur kebahasaan proposal yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi unsur kebahasaan proposal
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : unsur kebahasaan proposal, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur kebahasaan proposal berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : unsur
kebahasaan proposal
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi unsur kebahasaan
proposal dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi unsur kebahasaan proposal yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur
kebahasaan proposal
- Menjawab pertanyaan tentang unsur kebahasaan proposal yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur kebahasaan proposal yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur
kebahasaan proposal yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran unsur kebahasaan proposal yang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran unsur kebahasaan
proposal yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran unsur kebahasaan
proposal.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran unsur
kebahasaan proposal
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran unsur kebahasaan
proposal kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN
:
|
Selama
pembelajaran unsur kebahasaan proposal berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang
Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta
kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan
berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
I. Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama
Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
Positif
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
Nama Peserta Didik :
…………...........................................……..
Kelas :
…………...........................................……..
Aspek yang diamati :
…………...........................................……..
No
|
Hari/tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan /
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
….
|
|
|
|
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik
(SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi
terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek
Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah
mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan
untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen
penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat
Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) =
Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal
(100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi
diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan
masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat
Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan,
PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Sirampog, 18 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA N 1 Sirampog Guru
Mata Pelajaran
Yuniarso
Amirudin, S.Pd, M.Si Teguh
Priyono, S.Pd
NIP
196903281991011002 NIP -
ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
BalasHapusdapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q