KLIK DISINI

pasang iklan

Rabu, 27 Juni 2012

SILABUS BAHASA INDONESIA SMK KELAS X BERKARAKTER

SILABUS SMK MAARIF NU 01 BUMIAYU




NAMA SEKOLAH                                :  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
PROGRAM KEAHLIAN             :  Semua Program Keahlian
MATA PELAJARAN                    :  BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER                   :  X/ 1 & 2    
STANDAR KOMPETENSI         :  Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara
   tingkat Semenjana
KODE KOMPETENSI                 :  1
ALOKASI WAKTU                      :  80 X 45 menit
                                                                                                                            



SILABUS



NAMA SEKOLAH                                                :   SMK MAARIF NU 01 BUMIAYU
MATA PELAJARAN                             :   BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER                            :   X/1 & 2
STANDAR KOMPETENSI                  :   Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana
KODE KOMPETENSI                          :   1                                                      
ALOKASI WAKTU                                :   80 X 45 menit







KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KKM
MATERI PEMBELAJARAN

NILAI PBKB/
KEWIRAUSAHAAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER
BELAJAR
1. 1      Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak

·      Reaksi kinetik (menunjukkan sikap memperhatikan, mencatat) terhadap lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
·      Memberikan komentar atau ungkapan lisan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak


·    67
·     66,67








·      66,67









·     Pengertian lafal intonasidan jeda yang lajim/baku dan yang tidak baku


-       Cinta tanah air,

-       Semangat kebangsaan

-       Kreatif
-       Rasa ingin tahu
-       Bersahabat



·   Menyimak monolog/dialog yang
·   bertemakan sosial
Mendiskusikan hasil simakan melalui Modul
·   Mengomentari lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak

-       Audiolingual
-       Ceramah
-       Penugasan

·   Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan

·   Bentuk tes:
* objektif
* uraian


6 JP

·    rekaman
·    narasumber
·    Modul Tingkat Semenjana
·    KBBI

1. 2      Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat

· mengidentifikasi informasi lisan yang bersiafat faktual, spesifik, dan rinci.
· mengidentifikasi sumber informasi lisan.
· mengenali ragam/laras bahasa
· membedakan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri atau penanda kata/kalimat
· membedakan fakta dan opini
·     67
·   66,67



·   66,67


·   66,67



·   66,67




·   66,67




· Ciri-ciri  informasi dan sumber informasi
· Perbedaan fakta dan opini.
· Konsep dan ciri-ciri ragam/laras bahasa disertai contoh
· Ciri atau penanda kata/kalimat yang menunjukkan proses atau hasil
· Perbedaan fakta dan opini.


-       Cinta tanah air,

-       Semangat kebangsaan

-       Kreatif
-       Rasa ingin tahu
-       Bersahabat
-       Tanggung jawab
-       Jujur


·    Menyimak informasi lisan yang bertema sosial.
·    Mengidentifikasi  informasi sesuai dengan wacana yang disimak.
·    Mengidentifikasi sumber informasi lisan.
·    Mengenali ragam/laras bahasa berdasarkan informasi lisan.
·    Membedakan proses dan hasil untuk memahami isi informasi.
·    Membedakan fakta dan opini

-       Audiolingual
-       Ceramah
-       Penugasan

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan

·  Bentuk tes:
* objektif
* uraian


6 JP

·    rekaman
·    narasumber
·    Modul Tingkat Semenjana
·    KBBI

1. 3      Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat

·  Membaca cepat permulaan  (120-150 kata) per menit
·  Membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik pindai (scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230-250 kata per menit
·  Membuat catatan pokok isi bacaan sesuai dengan cara/teknik membuat catatan
·  Menjelaskan bagian bacaan tertentu secara rinci
·  67
·   66,67


·     66,67








·     66,67




·     66,67


·  Pengertian membaca Cepat
·  Jenis-jenis membaca cepat
·  Teknik membaca cepat untuk pemahaman
·  Cara/teknik untuk menemukan informasi dalam bacaan.
·  Cara/teknik mengungkapkan informasi
secara lisan.
·  Cara/teknik menggunakan kamus.




-       Gemar membaca
-       Tanggung jawab
-       Disiplin
-       Berani
-       Jujur

·    Membaca informasi tentang cara/teknik membaca cepat.
·    Membaca cepat permulaan (120-150 kata) per menit
·    Menemukan informasi yang terdapat di dalam bacaan
·    Membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik piindai (scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230-250 kata per menit
·    Menemukan informasi yang terdapat di dalam bacaan
·    Menjelaskan bagian bacaan tertentu sesuai dengan  isi bacaan.
·     Mengungkapkan kembali isi informasi dengan bahasa sendiri.


-       Reseptif-Produktif
-       Komunikatif

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
* uraian


4 JP

· Berbagai bentuk teks dari berbagai sumber (Prosa, Puisi/lirik lagu)
· Modul Bahasa Indonesia Tingkat Semenjana
· KBBI dan Kamus Idiom/Kamus Peribahasa

1. 4      Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks



·   Mengidentifikasi berbagai informasi tulis.
·   Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi,dan eksposisi)
·    Menentukan fakta dan opini.
·   Membedakan proses dan hasil .
·   Mengungkapkan  kembali informasi yang telah  dibaca.
·   Mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram, atau matriks secara verbal
·   Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal
·   Menulis sumber informasi


·  63
·   66,67


·   66,67

·   66,67

·   66,67

·   66,67


·   55.56


·   55,56




·   55,56

·   Cara/teknik mengidentifikasi informasi tulis.
·   Ciri-ciri jenis karangan.
·   Informasi dan teknik membuat teks nonverbal
·   Teknik mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram atau matriks secara verbal.


-       Gemar membaca
-       Rasa ingin tahu
-       Tanggung jawab
-       Disiplin
-       Kreatif
-       Jujur

·   Mengumpulkan informasi berbagai bentuk teks dari berbagai sumber (tugas di luar jam TM)
·   Mengidentifikasi  informasi tulis dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
·   Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi,dan eksposisi).
·   Menentukan fakta dan opini.
·   membedakan proses dan hasil.
·   Mengungkapkan  kembali informasi yang telah  dibaca.
·   Mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram, atau matriks secara verbal
·   Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal


-       Reseptif-Produktif
-       Komunikatif

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
* uraian


4 JP

·   Modul Tkt. Semenjana
·   Soedarso. (2002). Membaca Cepat (Speed Reading).
·   Keraf, G. (1999). Diksi dan Gaya Bahasa
·   Keraf,G. (1997). Narasi dan Argumentasi
·   Keraf, G. (1997). Eksposisi dan Deskripsi.
·   Keraf,G. (1987). Komposisi
·   KBBI
·   Parera,J.D. Belajar Mengemu-kakan Pendapat.
·   Koran


1. 5      Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat


·   Mampu mengidentifikasi pelafalan kata yang tidak tepat.
·   Membedakan makna kata akibat lafal dan artikuasi yang tidak tepat.
·   Mampu melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat.
·  63
·   66,67


·   66,67


·   55,57

·   Lafal dan artikulasi
·   Perbedaan makna sebagai kesalahan artikulasi bunyi
·   Konsep lafal baku bahasa Indonesia

-       Rasa ingin tahu
-       Bersahabat/ Komunikatif
-       Peduli sosial
-       Tanggung jawab


·    Menyimak informasi lisan
·    Mengidentifikasi pelafalan kata yang tidak tepat
·    Menjelaskan perbedaan makna akibat lafal dan artikulasi yang tidak tepat.
·   Melafalkan kata dengan artikalasi yang tepat.



-       Reseptif-Produktif
-       Komunikatif

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
* uraian


4JP

·   Rekaman
·   Teks wacana
·   Modul B. Ind. Tkt. Semenjana
·   KBBI
·   EYD
1. 6      Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat



·   Menentukan pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dalam kalimat
·    Menggunakan pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan
yang tepat dalam kalimat
·   Memanfaatkan sinonim dalam pengembangan paragraf.




·  67

·   66,67


·   66,67


·   66,67

·   Pilihan kata (diksi),
-       ketepatan kata
-       kesesuaian kata
-       perubahan makna kata
-       denotasi dan konotasi
-       sinonim dan antonim
-       idiomatik
·   Bentuk kata dan ungkapan
·   Contoh penggunaan pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dan tidak tepat

-       Bekerja sama
-       Kreatif


·   Membaca teks dengan tema tertentu
·   Menentukan  pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan yang tidak tepat  dalam teks yang dibaca
·   Memperbaiki pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan dalam teks yang tidak tepat
·   Mendiskusikan pengertian pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan
·   Menggunakan kata, bentuk kata, dan ungkapan dalam kalimat dengan tepat

-       Reseptif-Produktif
-       Komunikatif

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis

·  Bentuk tes:
* objektif
* uraian


4 JP

·   Kamus Umum
·   Kamus Khusus
·   Lirik Lagu, Iklan, Teks
·   Abdul Razak. (1992). Kalimat Efektif.
·   Tarigan. (1987).Pengajaran Gaya Bahasa.
·   Kamus Idiom
·   Abdul Chaer. (1997). Semantik Bahasa Indonesia.
1. 7      Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun



·   Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan
·  Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
·  Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun dalam suatu pembicaraan
·  59
·  55,56








·  55,56


·  66,67

·  Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat: kaidah bahasa, nalar, ketersampaian pesan
·  Contoh kalimat efektif, komunikatif, dan santun
·  Contoh kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
·  Contoh kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat.



-       Komunikatif
-       Kreatif
-       Jujur
-       Cinta Bahasa Indonesia


·      Menyimak dialog siswa
·   Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan berdasarkan dialog di atas.
·  Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
·  Menyampaikan informasi dengan menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun

-       Reseptif-Produktif
-       Komunikatif

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
* uraian


6 JP

·   Informasi lisan
·   Modul B. Ind. tkt. Semenjan
·   Anto Moeliono. Santun Berbahasa.
1. 8      Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar


·  Membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat dalam berbicara dengan memperhatikan konsep dan pola serta intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda
·  Membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato dan sejenisnya dengan menggunakan tekanan, dan intonasi secara jelas dan tepat
· 67

·  66,67








·  66,67

·  Konsep dan pola intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda
·  Teknik membaca indah
·  Contoh  pengucapan kalimat yang jelas, lancar, bernalar, dan wajar.


-       Cinta bahasa Indonesia
-       Bersahabat


·  Menyimak informasi lisan (dialog/monolog)
·  Membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat dari dialog/monolog yang diperdengarkan berdasarkan konsep dan pola serta intonasi, tekanan, nada, irama dan jeda yang benar
·  Membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato dan sejenisnya dengan menggunakan tekanan, dan intonasi secara jelas dan tepat

-       Demontrasi
-       Diskusi

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
  * uraian

4 JP

·   Siaran atau rekaman TV/radio, ceramah, pidato,khotb, dan lirik lagu
·   Modul B. Ind. Tkt. Semenjana
1. 9      Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata


·  Memahami informasi tentang kelas kata
·  Mampu mengklasifikasikan kelas kata berdasarkan teks.
·  Mampu menentukan penggunaan kelas kata Mampu menyususn rincian berdasarkan kelas kata
·  Mampu menulis dengan memanfaatkan kelas kata.
· 67
·  66,67

·  66,67



·  66,67





·  66,67

·  Konsep kelas kata
·  teks yang mengandung
   rincian yang berupa kelas  kata
·  Contoh penggunaan kata berdasarkan kelas kata


-       Gemar membaca
-       Kreatif
-       Komunikatif


·  membaca informasi tentang kelas kata
·  membaca teks dengan tema tertentu.
·  mengklasifikasikan kata berdasarkan kelas kata (sesuai teks).
·  menentukan penggunaan kata berdasarkan kelas (sesuai teks).
·  Menyusun rincian berdasarkan pemanfaatan kategori atau kelas kata
·  Menulis ± 3 paragraf dengan memanfaatkan kelas kata.


-       Ceramah
-       Diskusi
-       Tanya jawab
-       Penugasan


·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
  * uraian

6 JP

·   Teks
·   Ramlan. (1987). Kelas Kata
·   Modul B. Ind. Tkt. Semenjana
1. 10    Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat



·  Memahami informasi tentang diksi, bentuk kata, dan ungkapan.
· Menetapkan topik berdasarkan tema tertentu.
· Menentukan kalimat utama berdasarkan kerangka yang ditetapkan.
·  Memahami penggunaaan disksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dalam teks.
·  Mampu membuat beberapa teks tertulis dengan menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.

· 67
·  66,67



·  66,67


·  66,67




·  66,67





·  66,67

·  Pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan.
·  Penggunaan diksi, bentuk kata, dan ungkapan dalam teks.
·  Beberapa contoh teks tertulis yang berkaitan dengan kemasyarakatan
(naskah pidato, ceramah, dan sebagainya).

-       Gemar membaca
-       Kreatif
-       Komunikatif

·  membaca informasi tentang pilihan kata (diksi) dan ungkapan yang tepat.
·  membaca contoh teks tertulis dari sumber tertentu
·  menemukan/mencari kalimat-kalimat (dalam teks) yang tidak menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.
·  memperbaiki kalimat yang tidak menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan secara tepat.
·  membuat beberapa teks tertulis dengan menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan secara tepat.
Misalnya: - Teks pidato
                 - Teks ceramah.


-       Ceramah
-       Diskusi
-       Tanya jawab
-       Penugasan


·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
   * uraian

6 JP

·   Keraf, G. (1987). Diksi dan Gaya Bahasa
·   Modul B. Indoensia Tkt. Semenjana
·   Chaedar Alwasilah. (2005). Pokoknya Menulis
·   Akhadiah,S.dkk. (1997).
1. 11    Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi


·  Menyampaikan pertanyaan yang relevan dengan topik pembicaraan secara tertulis dengan santun
·  Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak secara tertulis dengan tujuan untuk memantapkan klarifikasi dan konfirmasi
·  Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak memerlukan jwaban) secara tertulis sesuai dengan tujuan dan situasi
·  Menyampaikan pertanyaan secar tersamar dengan kalimat tanya secara tertulis dengan tujuan selain bertanya, seperti memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan, menyetujui, atau menyanggah
· 67

·  66,67




·  66,67









·  66,67





·  66,67


·  Kalimat tanya:
   Pengertian, ciri-ciri, macam-macam  kata tanya, jenis kalimat tanya

·   Kalimat tanya yang efektif dengan   Formula 5W1H (what, who, why, when, where, how) dalam menyampaikan pertanyaan sesuai dengan situasi komunikasi

-       Kerja keras
-       Tanggung jawab
-       Bersahabat
-       Rasa ingin tahu

·  mengidentifikasi pokok-pokok permasalahan sebagai persiapan wawancara
·  Membuat daftar pertanyaan secara tertulis untuk persiapan wawancara.
·  Menyampaikan pertanyaan  sesuai dengan pokok permasalahan
·  Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak
·  Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak memerlukan jawaban)
·  Menyampaikan pertanyaan secara tersamar  dengan tujuan selain bertanya, seperti memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan, menyetujui atau menyanggah

-       Ceramah
-       Diskusi
-       Tanya jawab
-       Penugasan
-       kontekstual


·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
   * uraian

6 JP

·   Parera, D. (1987). Belajar Mengemukakan Pendapat
·   Parera,J.D. (1987). Menulis Tertib dan Sistematik
·   Teks dari Media Cetak
·   Rekaman
·   Keraf,G. (1991). Tatabahasa Indonesia Baru
·   KBBI
·   Modul B. Ind. Tkt Semenjana
1. 12    Membuat parafrasa dari teks tertulis


· Mengidentifikasi gagasan pokok dalam suatu paragraf.
·  Mengidentifikasi cara pengembangan gagasan pokok suatu paragraf.
·  Mengungkapkan kembali isi teks yang dibaca dengan kalimat sendiri secara tertulis.
·  Membuat parafrase lisan teks puisi.
· 67
·  66,67



·  66,67




·  66,67





·  66,67


·  Contoh parafrasa
·  Cara/teknik menyusun parafrasa

-       Gemar membaca
-       Kreatif

·  Membaca teks (berita, iklan, tajuk rencana, cerita narasi,puisi)
·  Menemukan pikiran utama  teks yang dibacanya
·  Menyusun parafrasa
·  Mengungkapkan kembali hasil parafrase

-       Diskusi
-       Tanya jawab
-       Penugasan
-        

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
   * uraian

4 JP

·   Rahmat Djoko Pradopo. (1997). Kajian Puisi
·   Modul B. Ind. Tkt. Semenjana
·   Lamudin Finoza. (2002). Komposisi
·   Media Cetak



Keterangan:
PBKB : Pendidikan Budaya Karakter Bangsa


















1 komentar: