SILABUS SMK MAARIF NU 01
BUMIAYU
NAMA SEKOLAH : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
PROGRAM KEAHLIAN : Semua Program Keahlian
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : X/ 1 & 2
STANDAR KOMPETENSI : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara
tingkat Semenjana
KODE KOMPETENSI : 1
ALOKASI WAKTU : 80 X 45 menit
NAMA SEKOLAH : SMK
MAARIF NU 01 BUMIAYU
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : X/1 & 2
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KKM
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
NILAI PBKB/
KEWIRAUSAHAAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1. 1 Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang
lazim/baku dan yang tidak
|
· Reaksi kinetik
(menunjukkan sikap memperhatikan, mencatat) terhadap lafal, tekanan, intonasi
dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
·
Memberikan komentar atau ungkapan lisan
terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
|
·
67
·
66,67
·
66,67
|
·
Pengertian
lafal intonasidan jeda yang lajim/baku dan yang tidak baku
|
- Cinta tanah air,
- Semangat kebangsaan
- Kreatif
- Rasa ingin tahu
- Bersahabat
|
·
Menyimak
monolog/dialog yang
·
bertemakan
sosial
Mendiskusikan
hasil simakan melalui Modul
·
Mengomentari
lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
|
- Audiolingual
- Ceramah
- Penugasan
|
·
Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan
·
Bentuk
tes:
* objektif
* uraian
|
6 JP
|
· rekaman
· narasumber
· Modul Tingkat Semenjana
· KBBI
|
1. 2 Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat
|
· mengidentifikasi informasi lisan yang bersiafat
faktual, spesifik, dan rinci.
· mengidentifikasi sumber informasi lisan.
· mengenali ragam/laras bahasa
· membedakan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri
atau penanda kata/kalimat
· membedakan fakta dan opini
|
·
67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
|
· Ciri-ciri
informasi dan sumber informasi
· Perbedaan fakta dan opini.
· Konsep dan ciri-ciri ragam/laras bahasa disertai contoh
· Ciri atau penanda kata/kalimat yang menunjukkan proses
atau hasil
· Perbedaan fakta dan opini.
|
- Cinta tanah air,
- Semangat kebangsaan
- Kreatif
- Rasa ingin tahu
- Bersahabat
- Tanggung jawab
- Jujur
|
·
Menyimak
informasi lisan yang bertema sosial.
·
Mengidentifikasi informasi sesuai dengan wacana yang
disimak.
·
Mengidentifikasi
sumber informasi lisan.
·
Mengenali
ragam/laras bahasa berdasarkan informasi lisan.
·
Membedakan
proses dan hasil untuk memahami isi informasi.
·
Membedakan
fakta dan opini
|
- Audiolingual
- Ceramah
- Penugasan
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
6 JP
|
· rekaman
· narasumber
· Modul Tingkat Semenjana
· KBBI
|
1. 3 Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks
bermasyarakat
|
· Membaca cepat permulaan
(120-150 kata) per menit
· Membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik pindai
(scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230-250 kata
per menit
· Membuat catatan pokok isi bacaan sesuai dengan
cara/teknik membuat catatan
· Menjelaskan bagian bacaan tertentu secara rinci
|
· 67
· 66,67
·
66,67
·
66,67
·
66,67
|
· Pengertian
membaca Cepat
· Jenis-jenis
membaca cepat
· Teknik membaca cepat untuk pemahaman
· Cara/teknik untuk menemukan informasi dalam bacaan.
· Cara/teknik mengungkapkan informasi
secara
lisan.
· Cara/teknik menggunakan kamus.
|
- Gemar membaca
- Tanggung jawab
- Disiplin
- Berani
- Jujur
|
·
Membaca
informasi tentang cara/teknik membaca cepat.
·
Membaca
cepat permulaan (120-150 kata) per menit
·
Menemukan
informasi yang terdapat di dalam bacaan
·
Membaca
cepat lanjutan dengan menerapkan teknik piindai (scanning) dan layap (skimming)
sehingga mencapai 230-250 kata per menit
·
Menemukan
informasi yang terdapat di dalam bacaan
·
Menjelaskan
bagian bacaan tertentu sesuai dengan
isi bacaan.
·
Mengungkapkan kembali isi informasi dengan
bahasa sendiri.
|
- Reseptif-Produktif
- Komunikatif
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4 JP
|
· Berbagai bentuk teks dari berbagai sumber (Prosa,
Puisi/lirik lagu)
· Modul Bahasa Indonesia Tingkat Semenjana
· KBBI dan Kamus Idiom/Kamus Peribahasa
|
1. 4
Memahami informasi
tertulis dalam berbagai bentuk teks
|
· Mengidentifikasi berbagai informasi tulis.
· Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi,dan
eksposisi)
· Menentukan fakta
dan opini.
· Membedakan proses dan hasil .
· Mengungkapkan
kembali informasi yang telah
dibaca.
· Mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram, atau
matriks secara verbal
· Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal
· Menulis sumber
informasi
|
· 63
· 66,67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
· 55.56
· 55,56
· 55,56
|
· Cara/teknik mengidentifikasi informasi tulis.
· Ciri-ciri jenis karangan.
· Informasi dan teknik membuat teks nonverbal
· Teknik mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram
atau matriks secara verbal.
|
- Gemar membaca
- Rasa ingin tahu
- Tanggung jawab
- Disiplin
- Kreatif
- Jujur
|
· Mengumpulkan informasi berbagai bentuk teks dari
berbagai sumber (tugas di luar jam TM)
· Mengidentifikasi
informasi tulis dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk
pemahaman
· Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi,dan
eksposisi).
· Menentukan fakta dan opini.
· membedakan proses dan hasil.
· Mengungkapkan
kembali informasi yang telah
dibaca.
· Mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram, atau
matriks secara verbal
· Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal
|
- Reseptif-Produktif
- Komunikatif
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4 JP
|
· Modul Tkt. Semenjana
· Soedarso. (2002). Membaca Cepat (Speed Reading).
· Keraf, G. (1999). Diksi dan Gaya Bahasa
· Keraf,G. (1997). Narasi dan Argumentasi
· Keraf, G. (1997). Eksposisi dan Deskripsi.
· Keraf,G. (1987). Komposisi
· KBBI
· Parera,J.D. Belajar Mengemu-kakan Pendapat.
· Koran
|
1. 5 Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat
|
· Mampu mengidentifikasi pelafalan kata yang tidak tepat.
· Membedakan makna kata akibat lafal dan artikuasi yang
tidak tepat.
· Mampu melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat.
|
· 63
·
66,67
·
66,67
·
55,57
|
·
Lafal dan
artikulasi
·
Perbedaan
makna sebagai kesalahan artikulasi bunyi
·
Konsep
lafal baku bahasa Indonesia
|
- Rasa ingin tahu
- Bersahabat/ Komunikatif
- Peduli sosial
- Tanggung jawab
|
·
Menyimak
informasi lisan
·
Mengidentifikasi
pelafalan kata yang tidak tepat
·
Menjelaskan
perbedaan makna akibat lafal dan artikulasi yang tidak tepat.
· Melafalkan kata dengan artikalasi yang tepat.
|
- Reseptif-Produktif
- Komunikatif
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4JP
|
· Rekaman
· Teks wacana
· Modul B. Ind. Tkt. Semenjana
· KBBI
· EYD
|
1. 6 Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
|
· Menentukan pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan
ungkapan yang tepat dalam kalimat
· Menggunakan
pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan
yang tepat dalam kalimat
· Memanfaatkan sinonim dalam pengembangan paragraf.
|
· 67
·
66,67
·
66,67
·
66,67
|
·
Pilihan
kata (diksi),
- ketepatan kata
- kesesuaian kata
- perubahan makna kata
- denotasi dan konotasi
- sinonim dan antonim
- idiomatik
· Bentuk kata dan ungkapan
·
Contoh
penggunaan pilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dan tidak tepat
|
- Bekerja sama
- Kreatif
|
· Membaca teks dengan tema tertentu
· Menentukan
pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan yang tidak tepat dalam teks yang dibaca
· Memperbaiki pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan
ungkapan dalam teks yang tidak tepat
· Mendiskusikan pengertian pilihan kata, bentuk kata, dan
ungkapan
· Menggunakan kata, bentuk kata, dan ungkapan dalam
kalimat dengan tepat
|
- Reseptif-Produktif
- Komunikatif
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4 JP
|
· Kamus Umum
· Kamus Khusus
· Lirik Lagu, Iklan, Teks
· Abdul Razak. (1992). Kalimat Efektif.
· Tarigan. (1987).Pengajaran Gaya Bahasa.
· Kamus Idiom
· Abdul Chaer. (1997). Semantik Bahasa Indonesia.
|
1. 7 Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
|
· Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak
cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan
· Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi
cermat
· Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan
santun dalam suatu pembicaraan
|
· 59
· 55,56
· 55,56
· 66,67
|
· Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat:
kaidah bahasa, nalar, ketersampaian pesan
· Contoh kalimat efektif, komunikatif, dan santun
· Contoh kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
· Contoh kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat.
|
- Komunikatif
- Kreatif
- Jujur
- Cinta Bahasa Indonesia
|
·
Menyimak
dialog siswa
· Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak
cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan berdasarkan
dialog di atas.
· Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi
cermat
· Menyampaikan informasi dengan menggunakan kalimat yang
komunikatif, cermat, dan santun
|
- Reseptif-Produktif
- Komunikatif
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
6 JP
|
· Informasi lisan
· Modul B. Ind. tkt. Semenjan
· Anto Moeliono. Santun Berbahasa.
|
1. 8 Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar
|
· Membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat
dalam berbicara dengan memperhatikan konsep dan pola serta intonasi, tekanan,
nada, irama, dan jeda
· Membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato dan
sejenisnya dengan menggunakan tekanan, dan intonasi secara jelas dan tepat
|
· 67
· 66,67
· 66,67
|
· Konsep dan pola intonasi, tekanan, nada, irama, dan
jeda
· Teknik membaca indah
· Contoh
pengucapan kalimat yang jelas, lancar, bernalar, dan wajar.
|
- Cinta bahasa Indonesia
- Bersahabat
|
· Menyimak informasi lisan (dialog/monolog)
· Membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat
dari dialog/monolog yang diperdengarkan berdasarkan konsep dan pola serta
intonasi, tekanan, nada, irama dan jeda yang benar
· Membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato dan
sejenisnya dengan menggunakan tekanan, dan intonasi secara jelas dan tepat
|
- Demontrasi
- Diskusi
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
*
uraian
|
4 JP
|
· Siaran atau rekaman TV/radio, ceramah, pidato,khotb,
dan lirik lagu
· Modul B. Ind. Tkt. Semenjana
|
1. 9 Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata
|
· Memahami informasi tentang kelas kata
· Mampu mengklasifikasikan kelas kata berdasarkan teks.
· Mampu menentukan penggunaan kelas kata Mampu menyususn
rincian berdasarkan kelas kata
· Mampu menulis dengan memanfaatkan kelas kata.
|
· 67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
|
· Konsep kelas kata
· teks yang mengandung
rincian yang
berupa kelas kata
· Contoh penggunaan kata berdasarkan kelas kata
|
- Gemar membaca
- Kreatif
- Komunikatif
|
· membaca informasi tentang kelas kata
· membaca teks dengan tema tertentu.
· mengklasifikasikan kata berdasarkan kelas kata (sesuai
teks).
· menentukan penggunaan kata berdasarkan kelas (sesuai
teks).
· Menyusun rincian berdasarkan pemanfaatan kategori atau
kelas kata
· Menulis ± 3 paragraf dengan memanfaatkan kelas kata.
|
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya jawab
- Penugasan
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
*
uraian
|
6 JP
|
· Teks
· Ramlan. (1987). Kelas Kata
· Modul B. Ind. Tkt. Semenjana
|
1. 10 Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih
kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
|
· Memahami informasi tentang diksi, bentuk kata, dan
ungkapan.
· Menetapkan topik berdasarkan tema tertentu.
· Menentukan kalimat utama berdasarkan kerangka yang
ditetapkan.
· Memahami penggunaaan disksi, bentuk kata, dan ungkapan
yang tepat dalam teks.
· Mampu membuat beberapa teks tertulis dengan menggunakan
diksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.
|
· 67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
|
· Pilihan kata (diksi), bentuk kata, dan ungkapan.
· Penggunaan diksi, bentuk kata, dan ungkapan dalam teks.
· Beberapa contoh teks tertulis yang berkaitan dengan
kemasyarakatan
(naskah
pidato, ceramah, dan sebagainya).
|
- Gemar membaca
- Kreatif
- Komunikatif
|
· membaca informasi tentang pilihan kata (diksi) dan
ungkapan yang tepat.
· membaca contoh teks tertulis dari sumber tertentu
· menemukan/mencari kalimat-kalimat (dalam teks) yang
tidak menggunakan diksi, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.
· memperbaiki kalimat yang tidak menggunakan diksi,
bentuk kata, dan ungkapan secara tepat.
· membuat beberapa teks tertulis dengan menggunakan
diksi, bentuk kata, dan ungkapan secara tepat.
Misalnya:
- Teks pidato
- Teks ceramah.
|
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya jawab
- Penugasan
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
*
uraian
|
6 JP
|
· Keraf, G. (1987). Diksi dan Gaya Bahasa
· Modul B. Indoensia Tkt. Semenjana
· Chaedar Alwasilah. (2005). Pokoknya Menulis
· Akhadiah,S.dkk. (1997).
|
1. 11 Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi
komunikasi
|
· Menyampaikan pertanyaan yang relevan dengan topik
pembicaraan secara tertulis dengan santun
· Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau
tidak secara tertulis dengan tujuan untuk memantapkan klarifikasi dan
konfirmasi
· Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak memerlukan
jwaban) secara tertulis sesuai dengan tujuan dan situasi
· Menyampaikan pertanyaan secar tersamar dengan kalimat
tanya secara tertulis dengan tujuan selain bertanya, seperti memohon,
meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan, menyetujui, atau
menyanggah
|
· 67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
|
· Kalimat tanya:
Pengertian,
ciri-ciri, macam-macam kata tanya,
jenis kalimat tanya
· Kalimat tanya yang efektif dengan Formula 5W1H (what, who, why, when,
where, how) dalam menyampaikan pertanyaan sesuai dengan situasi
komunikasi
|
- Kerja keras
- Tanggung jawab
- Bersahabat
- Rasa ingin tahu
|
· mengidentifikasi pokok-pokok permasalahan sebagai
persiapan wawancara
· Membuat daftar pertanyaan secara tertulis untuk
persiapan wawancara.
· Menyampaikan pertanyaan
sesuai dengan pokok permasalahan
· Menyampaikan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau
tidak
· Menyampaikan pertanyaan retorik (tidak memerlukan
jawaban)
· Menyampaikan pertanyaan secara tersamar dengan tujuan selain bertanya, seperti
memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan,
menyetujui atau menyanggah
|
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya jawab
- Penugasan
- kontekstual
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
*
uraian
|
6 JP
|
· Parera, D. (1987). Belajar Mengemukakan Pendapat
· Parera,J.D. (1987). Menulis Tertib dan Sistematik
· Teks dari Media Cetak
· Rekaman
· Keraf,G. (1991). Tatabahasa Indonesia Baru
· KBBI
· Modul B. Ind. Tkt Semenjana
|
1. 12 Membuat parafrasa dari teks tertulis
|
· Mengidentifikasi gagasan pokok dalam suatu paragraf.
· Mengidentifikasi cara pengembangan gagasan
pokok suatu paragraf.
· Mengungkapkan kembali isi teks yang dibaca dengan
kalimat sendiri secara tertulis.
· Membuat parafrase lisan teks puisi.
|
· 67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
· 66,67
|
· Contoh parafrasa
· Cara/teknik menyusun parafrasa
|
-
Gemar membaca
- Kreatif
|
· Membaca teks (berita, iklan, tajuk rencana, cerita
narasi,puisi)
· Menemukan pikiran utama
teks yang dibacanya
· Menyusun parafrasa
· Mengungkapkan kembali hasil parafrase
|
- Diskusi
- Tanya jawab
- Penugasan
-
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4 JP
|
·
Rahmat
Djoko Pradopo. (1997). Kajian Puisi
· Modul B. Ind. Tkt. Semenjana
· Lamudin Finoza. (2002). Komposisi
· Media Cetak
|
Keterangan:
PBKB : Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
sangat membantu ..teruskan kreasinya
BalasHapus