SILABUS BERKARAKTER
NAMA SEKOLAH : SMK MAARIF NU 01 BUMIAYU
PROGRAM KEAHLIAN : Semua Program Keahlian
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : XI/ 3 & 4
STANDAR KOMPETENSI : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara
tingkat
Madya
KODE KOMPETENSI : 2
ALOKASI WAKTU : 72 X 45 menit
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK MAARIF NU 01 BUMIAYU
MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER :
XI/3 & 4
STANDAR KOMPETENSI : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madya
KODE KOMPETENSI : 2
ALOKASI WAKTU : 72 X 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
Pendidikan Karakter Bangsa dan Kewrausahaan
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
|
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.1
Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah
dalam konteks bekerja
|
·
Mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam bentuk
nonverbal (bagan/tabel/diagram/
grafik/ denah/matriks)
·
Menyimpulkan informasi lisan yang tidak bersifat
perintah secara deduktif/induktif
·
Menyampaikan simpulan bentuk non verbal dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
|
·
Teknik membuat catatan verbal, dan nonverbal sebagai
dasar untuk membuat simpulan (lisan/tertulis)
·
Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif
·
Teknik menyampaikan simpulan dan pendapat
|
· Gemar membaca
· Rasa ingin tahu
· Kerja keras
‘
· Kreatif
· Kerja keras
· Kreatif
· Rasa ingin tahu
· Kerja sama
· Kerja keras
|
·
Menyimak berbagai informasi
·
Mencatat ide-ide pokok dari informasi yang disimaknya
·
Mengubah informasi ke dalam bentuk nonverbal
·
Menyusun simpulan secara deduktif/induktif dari
informasi yang terdapat dalam teks nonverbal yang dibuatnya
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan
* ujuk kerja
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
6
|
-
|
-
|
· Bahan simakan: rekaman, khutbah,
dialog dsb.
· Modul B. Ind. tkt. Madia
· Keraf.G. (1987).Argumentasi dan
Narasi.
· Bambang Kaswati P. (1992).Teknik
Menulis Laporan
· Parera,J.D. (1987).Belajar
Mengemukakan Pendapat.
|
2.2
Menyimak untuk memaha mi perintah yang diungkapkan atau yang tidak
dalam konteks bekerja
|
·Merumuskan
Perintah Kerja Tertulis
·Merencanakan
tindak lanjut perintah berdasarkan rumusan perintah kerja tertulis
·Membuat
bagan/prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis
· Mengonfirmasikan
Rencana kegiatan yang
akan dilakukan (secara
lisan/tulisan) kepada
pemberi perintah
|
· Kiat mengenali perintah lisan,
seperti intonasi dan tekanan
· Ragam dan ciri kalimat perintah
· Kiat
merumuskan perintah atau rencana tindak lanjut dalam bentuk kerangka,
atau bagan
|
·
Disiplin
·
Rasa ingin tahu
·
Kerja sama
·
Komunikatif
·
Demokratis
·
Kreatif
·
Disiplin
·
Kerja keras
·
Komunikatif
·
Kerja sama
·
Kerja keras
·
Jujur
·
Tanggung jawab
|
·
Menyimak perintah dari pemberi perintah
·
Merumuskan isi perintah secara berkelompok
·
Menindaklanjuti isi perintah dalam bentuk kerangka atau
bagan
·
Menjelaskan isi perintah yang terdapat dalam kerangka
atau bagan
·
Mengonfirmasikan kebenaran rencana kegiatan yang akan
dilakukan kepada pemberi perintah
|
· Jenis tes:
o lisan
o tulis
o perbuatan
· Bentuk tes:
o objektif
o uraian
|
4
|
-
|
-
|
· Informasi lisan
· Modul Bahasa Indonesia Tkt. Madia
· Referensi yang Menunjang
|
2.3 Memahami perintah kerja tertulis
|
· Mengenali informasi yang berkaitan
dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja
·
Merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan
yang dibuat pada waktu membaca informasi dari perintah kerja tertulis
· Membuat bagan/ prosedur kerja
berdasarkan perintah kerja tertulis
· Mengonfirmasikan rencana kegiatan
yang akan dilakukan (secar lisan/tulisan) kepada pemberi perintah
|
· Teks perintah kerja tertulis (surat
edaran, pengumuman, memo, disposisi, buku manual kerja)
· Informasi mengenai peraturan atau budaya kerja yang berlaku di
tempat bekerja
· Kiat menyikapi perintah kerja yang
maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan redaksi yang berbeda
|
·
Disiplin
·
Kerja keras
·
Rasa ingin tahu
·
Tanggung jawab
·
Tanggung jawab
·
Kerja keras
·
Jujur
·
Kerja keras
·
Disiplin
·
Kerja keras
|
· Membaca perintah kerja tertulis
· Mengidentifikasi pokok perintah
· Merencanakan tindak lanjut perintah
kerja
· Membuat bagan/ prosedur kerja
berdasarkan perintah kerja tertulis
· Mengonfirmasikan rencana kegiatan
yang akan dilakukan (secara lisan/tulisan) kepada pemberi perintah
· Merevisi rencana kegiatan sesuai
arahan dari pemberi perintah
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4
|
-
|
-
|
·
Modul B. Ind. tkt. Madia
·
Lamudin Finoza. (2002). Surat Menyurat Resmi
Indonesia
·
Buku Manual Kerja
·
KBBI
·
Tim Depdiknas. Ejaan Bahasa Indonesia yang
Disempurnakan
|
2.4
Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat
dalam konteks bekerja
|
· Mengelompokkan kata, bentuk kata,
ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
· Mendaftar kata-kata yang berpotensi
memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan
· Memahami makna kata yang terdapat
dalam teks
· Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat
atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenarannya/ketepatannya
(diterima/ditolak) beradsarkan kaidah atau kelaziman
|
· Informasi mengenai hubungan antara
makna kata, bentuk kata, dan pemakaian kata dalam konteks bekerja
·
Makna leksikal dan makna gramatikal
· Relasi makna (sinonim, dan antonim),
ungkapan idiomatik, dan bentuk kata
|
· Gemar membaca
· Rasa ingin tahu
· Kerja keras
· Disiplin
· Kerja keras
· Rasa ingin tahu
· Kerja keras
· Rasa ingin tahu
· Demokratis
|
·
Membaca teks yang bertemakan lingkungan kerja
· Mengelompokkan kata, bentuk kata,
ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
· Mendaftar kata-kata yang berpotensi
memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan
·
Menjelaskan makna kata sesuai dengan teks
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4
|
-
|
-
|
· KBBI
· Kamus Idiom, Kamus Sinonim-Antonim
· Surat Kabar/Majalah
· Tarigan,H.G. (1985). Pengajaran
Semantik.
|
2.5 Menggunakan secara lisan kalimat
tanya/pertanyaan dalam konteks bekerja
|
· Mengajukan pertanyaan yang sesuai
dengan topik pembicaraan untuk menggali informasi secara santun
· Mengajukan pertanyaan yang memerlukan
jawaban ya atau tidak
sesuai dengan situasi komunikasi dalam bekerja
· Menggunakan pertanyaan retorik
sesuai dengan situasi komunikasi dalam
bekerja
· Mengajukan pertanyaan secara tersamar
untuk memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan,
menyetujui, atau menyanggah sesuai dengan situasi komunikasi dalam bekerja
|
·
Ragam dan contoh kalimat tanya sesuai dengan situasi
komunikasi dalam bekerja
|
· Rasa ingin tahu
· Mandiri
· Kerja keras
· Disiplin
|
· Menyimak/membaca ilustrasi situasi dunia kerja
· Mengajukan berbagai bentuk pertanyaan
yang sesuai dengan ilustrasi yang disajikan
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4
|
-
|
-
|
· Dialog/monolog/teks ilustrasi situasi
dunia kerja
· Modul B. Ind. Tkt. Madia
· Keraf,G. (1987). Tata Bahasa
Indoensia Baru Bahasa Indonesia
|
2.6 Membuat parafrasa lisan dalam konteks bekerja
|
·
Memparafrasakan informasi secara lisan dari hal yang
telah dibaca dengan menggunakan bahasa sendiri
·
Memparafrasakan informasi secara lisan dari hal yang
sudah didengar dengan menggunakan bahasa sendiri
|
·Pengertian parafrasa : teknik
penyusunan parafrasa, menemukan kata kunci, menemukan id epokok, menjelaskan
sinonim kata kun ci, menjelaskan makna
kata/ ungkapan, menggunakan ungkapan, menusun kalimat dengan ungkapan
sendiri.
·Teknik menyusun parafrasa
·Teknik menyampaikan parafrasa secara
lisan
·Pola penyajian deduktif-induktif,
pola urutan sebab akibat, pola proses
|
· Disiplin
· Kerja keras
· Komunikatif
· Mandiri
· Disiplin
· Rasa ingin tahu
· Kerja keras
· Komunikarif
· Kerja keras
|
·Membaca petunjuk kerja
·Menganalisis isi petunjuk kerja
·Menyampaikan parafrase secara lisan
dengan sikap yang santun sesuai dengan petunjuk kerja yang telah dibaca
·Menyimak perintah kerja
·Menganalisis isi perintah kerja
·Menyampaikan parafrasa secara lisan
dengan sikap yang santun sesuai dengan perintah kerja yang disimak
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4
|
-
|
-
|
· Modul B. Ind. Tkt. Madia
· Teks petunjuk kerja
· Monolog perintah kerja
· Akhadiah, S. (1994). Pembinaan
Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.
|
2.7
Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi
|
· Berkomunikasi dengan menggunakan
kata, bentuk kata, dan ungkapan dengan santun
· Menerapkan pola gilir dalam
berkomunikasi secara efektif
|
· Naskah film pendek
· Diskusi kelompok: sistem dan teknik
diskusi; jenis diskusi; komponen(moderator, notulis, peserta dan publik);
pola gilir (tahap-tahap pembicaraan dalam diskusi)
|
· Disiplin
· Rasa ingin tahu
· Kreatif
· Kerja keras
· Kerja sama
· Kerja keras
· Mandiri
· Kerja keras
· Mandiri
· Tanggung jawab
· Demokratis
|
·
Memperhatikan isi film pendek yang ditampilkan
·
Menceritakan kembali isi film dalam bentuk naskah
sederhana dan memasukkan ungkapan yang sesuai
·
Menjelaskan hal yang terkait dengan diskusi
·
Menentukan tema diskusi
·
Menampilkan diskusi sesuai dengan topik diskusi
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
1
|
3
|
-
|
· Televisi, radio, VCD/DVD
|
2.8
Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja
|
·
Menggunakan kalimat
untuk memulai atau mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun nonformal
secara efektif
·
Menerapkan pola gilir percakapan secara aktif untuk
keperluan mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan
pernghargaan
·
Mengalihkan topik pembicaraan (topic switching)
secara halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat
·
Menyatakan pendapat yang berbeda secara halus dan
santun tanpa menimbulkan konflik
|
· Etika dan norma konversasi
· Contoh kalimat efektif
· Pilihan kata/diksi
· Contoh kata-kata istilah dan ungkapan
yang bernuansa konflik
|
· Kerja sama
· Rasa ingin tahu
· Kerja keras
· Komunikatif
· Komunikatif
· Demokratis
· Demokratis
· Komunikatif
· Kerja sama
· Komunikatif
· Cinta damai
|
· Membagi kelas atas kelompok dialog
· Merencanakan desain percakapan sesuai
dengan konteks lingkungan kerja
· Setiap kelompok melakukan percakapan
sesuai dengan desain yang dibuatnya
· Mengungkapkan gagasan, tanggapan,
pendapat, dan penghargaan
· Mengalihkan topik pembicaraan secara
halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat
· Mengungkapkan gagasan, pendapat dan
pandangan yang berbeda dengan tetap menjaga keberlangsungan dan kenyamanan
berkomunikasi
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4
|
-
|
-
|
· Contoh dialog/per cakapan sesuai dengan konteks lingkungan kerja
· Modul B. Ind. tkt. Madia
· Parera,J.D. (1988). Belajar
Mengemukakan Pendapat
|
2.9
Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja
|
·
Menyampaikan gagasan dengan argumentasi yang tepat dalam berdiskusi
·
Menyanggah
pendapat dengan santun dan ekspresif tanpa menimbulkan konflik dalam
suatu forum diskusi dengan santun dan ekspresif
·
Menyampaikan argumentasi terhadap topik diskusi yang
dibicarakan
·
Menghargai mitra bicara yang menyampaikan argumen
terhadap topik diskusi
·
Menyusun simpulan diskusi berdasarkan fakta, data, dan
opini dengan tepat
·
Membuat laporan
diskusi
·
Membuat notula
|
· Teknik atau cara menyampaikan
gagasan yang relevan
· Ungkapan yang mendukung gagasan
· Teknik menyampaikan sanggahan
pendapat orang lain
· Konsep dan teknik berargumentasi
· Konsep dan teknik menyampaikan
simpulan
q
|
· Demokratis
· Rasa ingin tahu
· Kerja sama
· Kerja keras
· Disiplin
· Komunikatif
· Jujur
· Cinta damai
· Komunikatif
· Jujur
· Komunikatif
· Menghargai prestasi
· Kerja keras
· Disiplin
|
· Kelas dibagi atas dua kelompok
(penyanggah dan pendukung)
· Setiap kelompok diberikan
permasalahan yang sama
· Kelompok yang satu menyampaikan
gagasan yang relevan/mendukung dengan menggunakan ungkapan yang tepat
· Kelompok yang lain menyampaikan
sanggahan-sanggahan dengan argumentasi yang kuat dengan cara yang santun
· Mengomunikasikan argumentasi dan
pernyataan penghargaan secara meyakinkan dan simpatik
· Menyampaikan simpulan dengan tepat
atas dasar fakta dan opini
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
6
|
-
|
-
|
· Tarigan,H.G. (1984). Keterampilan
Berbicara
· Parera,J.D. (1988). Belajar
Mengemukakan Pendapat
· Modul B. Indonesia Tkt. Madia
|
2.10
Bernegosiasi yang menghasilkan dalam konteks bekerja
|
· Mengemukakan ide, gagasan, atau
komentar yang menarik dan santun
sesuai dengan memperhatikan topik bahasan
· Menyanggah pendapat
orang lain dengan santun dan
tetap menghargai pendapat mitra bicara
· Meyakinkan mitra bicara untuk
menyepakati ide yang dikemukakan dengan sikap dan kalimat yang cermat, serta
argumentasi yang rasional
|
· Program kegiatan dalam lingkungan
kerja (OSIS)
· Butir-butir yang harus diperhatikan
dalam membahas suatu program kegiatan
· Kiat efektif menyanggah
mitra bicara dengan santun
· Kiat efektif untuk meyakinkan mitra
bicara
|
· Rasa ingin tahu
· Kerja sama
· Demokratis
· Komunikatif
· Kerja sama
· Kerja keras
· Disiplin
· Komunikatif
· Semangat kebangsaan
· Kerja keras
· Komunikatif
· Kreatif
· Kerja keras
|
· Membahas program kegiatan Osis
· Mengemukakan pendapat dengan kalimat
yang baik
· Membahas isi program kegiatan dengan cara menyampaikan dengan kalimat yang santun
· Menyanggah gagasan atau pendapat
secara rasional dan kritis dalam kalimat yang santun pada saat membahas
program kegiatan
·
Menyampaikan argumentasi dengan nalar yang mampu
meyakinkan mitra bicara
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4
|
-
|
-
|
· Keraf.G. (1987). Argumentasi dan
Narasi
· Parera,J.D. (1988). Belajar
Mengemu-kakan Pendapat
· Modul B. Ind. Tkt. Madia
· Mustakim. (1994). Membina
Kemampu-an Berbahasa
|
2.11 Menyam paikan laporan atau presentasi lisan
dalam konteks bekerja
|
· Menyampaikan pengantar dalam rangka
presentasi atau laporan yang sesuai dengan konteks bekerja
· Mempresentasikan sesuatu dalam
lingkungan kerja secara sistematis
· Menyampaikan simpulan isi presentasi
atau laporan
· Membuat simpulan
· Menyampaikan keadaan atau peristiwa secara kronologis (dalam tuturan
deskriptif, naratif, ekspositoris) sesuai dengan tuntutan keadaan atau
peristiwa yang dilaporkan secara lisan
· Menyebutkan isi kerangka laporan
· Menulis laporan perjalanan
|
· Teknik menyampaikan presentasi atau
laporan
Ø Pengantar/pendahu luan
Ø Isi presentasi
Ø Penutup
|
· Rasa ingin tahu
· Mandiri
· Kerja keras
· Komunikatif
· Komunikatif
· Mandiri
· Disiplin
· Tanggung jawab
|
· Mengonsep pokok-pokok yang akan
disampaikan dalam pengantar presentasi atau laporan yang sesuai dengan
konteks bekerja
· Menyampaikan pengantar presentasi
atau laporan
· Mempresentasikan atau melaporkan
suatu topik
· Menyampaikan simpulan presentasi atau
laporan
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
6
|
-
|
-
|
· Keraf.,G. (1987). Deskripsi dan
Eksposisi
· Keraf,G. (1987). Argumentasi dan
Narasi
|
2.12 Menulis wacana yang bercorak naratif,
deskriptif, eksposito ris, dan argumentatif
|
·
Menulis suatu kejadian dalam bentuk narasi secara
kronologis
·
Mendeskripsikan gambar, bagan, tabel, grafik, diagram,
matrik sebanyak 150-200 dalam waktu 30 menit
·
Membuat eksposisi dari suatu
peristiwa
·
Menyusun argumentasi dengan tujuan untuk meyakinkan
pembaca atas sebuah peristiwa
|
· Narasi: pengertian; ciri-ciri; unsur
intrinsik; tahap penulisan; jenis & sifat
· Deskripsi:pengertian; ciri-ciri;unsur
pengindraan;tahap penulisan:jenis & sifat
· Eksposisi: pengertian; ciri-ciri;
unsur; tahap penulisan; jenis & sifat
· Argumentasi: pengertian; logika/nalar
dalam argumentasi; ciri-ciri; unsur-unsur; tahap penulisan;jenis
· Contoh paragraf dari keempat jenis
karangan di atas
|
· Rasa ingin tahu
· Gemar membaca
· Mandiri
· Kerja keras
· Disiplin
· Mandiri
· Disiplin
· Kerja keras
|
·
Membaca informasi tentang jenis wacana (narasi,
deskripsi, eksposisi, dan argumentasi), teknik, dan ciri wacana
·
Menentukan tema wacana
·
Merumuskan tujuan
·
Mengumpulkan bahan
·
Menyusun kerangka
·
Mengembangkan kerangka menjadi wacana yang utuh dan padu
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
10
|
-
|
-
|
·
Lamuddin Finoza. (2004-2005). Komposisi Bahasa
Indonesia
·
Keraf,G. (1987). Deskripsi dan Eksposisi.
·
Keraf,G. (1987). Argumentasi dan Narasi
·
Contoh teks narasi, deskripsi. eksposisi, dan
argumentasi
|
2.13 Meringkas teks tertulis
dalam konteks bekerja
|
· Mencatat butir-butir informasi yang
akan diringkas dalam bentuk skema atau bagan dalam bahasa yang lugas dan
jelas
· Menghitung jumlah kalimat yang
menjadi ringkasan sesuai dengan rumus meringkas yang baku.
· Menyusun ringkasan teks secara jelas dalam bahasa yang baik
dan benar
|
· Contoh ringkasan yang berupa bagandan
teks
· Teknik membuat bagan dan rangkuman
· Bentuk bagan yang digunakan untuk
ringkasan
· Panduan/proses membuat ringkasan dari
catatan butir-butir ke dalam bagan atau skema sampai kepada pengembangan
ringkasan yang utuh
|
· Rasa ingin tahu
· Gemar membaca
· Kerja keras
· Rasa ingin tahu
· Mandiri
· Kerja keras
· Gemar membaca
· Rasa ingin tahu
· Disiplin
· Kerja keras
Tanggung jawab
|
· Membaca dengan cermat contoh
ringkasan dalam bentuk bagan/skema dan teks
· Membedakan ringkasan berbentuk bahan
dan teks dari bentuk dan fungsinya
· Mendefinisikan ringkasan berdasarkan
contoh bagan/skema dan teks
· Membaca teks yang berkaitan dengan
dunia kerja
· Menulis butir-butir ide pokok ke
dalam bentuk bagan/skema
· Membuat ringkasan secara utuh sesuai
dengan persyaratan yang menjadi ketentuan
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
4
|
-
|
-
|
· Soedarso.(2002). Membaca Cepat
· Parera,J.D. (1984). Menulis Tertib dan Sistematik
· Akhadiah,S. (1988). Modul Menulis
II.Jakarta: Universitas Terbuka.
|
2.14 Menyimpul kan isi teks tertulis dalam konteks bekerja
|
· Menemukan informasi
penting dari sebuah
teks
·Mencatat informasi
penting
· Mengembangkan
informasi penting
menjadi
bentuk
paragraph
· Menganalisis
informasi
penting
menjadi
simpulan
deduktif
atau induktif
yang
tidak ambigu
· Menyimpulkan suatu
teks dengan
menggunakan kalimat
yang tidak ambigu,
jelas, lugas dan
bernalar sesuai
dengan informasi yang diperoleh
|
· Aspek nalar dalam menyusun simpulan:
deduktif dan induktif
|
· Rasa ingin tahu
· Mandiri
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Kerja keras
Disiplin
|
· Mengamati data yang disajikan, yakni
berupa data nilai UAN pelajaran bahasa Indonesia yang diperoleh siswa SMK
yang bersangkutan
· Merumuskan secara tertulis simpulan
terhadap data tersebut dengan cara induktif
· Merumuskan secara tertulis simpulan
terhadap data tersebut dengan cara deduktif
· Mengevaluasi perbedaan kedua jenis simpulan yang telah disusun
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
· Bentuk tes:
* objektif
* uraian
|
6
|
-
|
-
|
· Akhadiah,S. (1994). Pembinaan
Kemampuan Menulis Bahas Indonesia
· Alwasilah,A.Ch. & Suzan, S.
(2005). Pokoknya Menulis
· Finoza,L. (2004-2005). Komposisi
Bahasa Indonesia.
· Modul B. Indonesia Tkt. Madia
|
Keterangan:
TM : Tatapmuka
PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah
setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di
setara dengan 1 jam tatap muka)
Mengetahui,
Kepala SMK
MAARIF NU O1 BUMIAYU
Gunawan, S.Ag
|
Bumiayu, 20 Juni 2012
Pengajar
Teguh
Priyono, S.Pd
................................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar