RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :SMA NEGERI 1 SIRAMPOG
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : X
/1
Alokasi
Waktu :
4 X 45 menit ( 2 x pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI 1:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi
Dasar
1.
1.2 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
2.
2.2 Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menunjukkan prilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot.
3.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
baik melalui lisan maupun tulisan.
4.
4. 1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
C. Indikator Pencapaian
1.
1.2.1 Menggunakan
bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah
teks anekdot baik lisan maupun tulisan
1.2.2 Menggunakan kata,istilah,
atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan
makna teks anekdot baik lisan maupun tulis.
2. Jujur
2.2.1 Berperilaku
tidak berbohong pada kegiatan mengartikan kata sulit, menemukan pesan, menyusun pesan
2.2.2 Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan,
tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
Disiplin
2.2.3 Berperilaku
menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang dialokasikan dalam pembelajaran
2.2.4
Berperilaku idak mengganggu siswa atau kelompok lain dalam pembelajaran
Tanggung jawab
2.2.5
Berperilaku selalu melaksanakan
tugas dan kewajibannya dengan
baik pada kegiatan pembelajaran teks anekdot.
2.2.6
Berperilaku selalu menyelesaikan
tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan
pembelajaran teks anekdot .
Proaktif
2.2.7
Berperilaku giat berusaha dapat mengumpulkan
informasi
2.2.8
Berperilaku
selalu beraksi dan bereaksi dalam berdiskusi dan pembelajaran
3. 3.1.1 Menjelaskan hakikat teks anekdot
3.1.2.Mendeskripsikan
struktur teks anekdot
3.1.3 Menjelaskan
kaidah kebahasaan teks
anekdot
4.
4.1.1 Menjelaskan
hakikat menginterpretasi teks anekdot
4.1.2
menginterpretasi (isi, struktur, mekanik, dan diksi) teks anekdot
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.Pemahaman Teks anekdot
a. Pengertian
teks anekdot
b. Struktur
teks anekdot
c. Kaidah
teks anekdot
Pertemuan 2
2. Penginterpretasian Teks anekdot
a.
Hakikat menginterpretasi teks anekdot
b.
Interpretasi (isi,
struktur, mekanik, dan diksi) teks anekdot
c.
Merangkai makna
menjadi paragraf yang padu
a. Pengertian Anekdot
Anekdot adalah sebuah cerita
singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan pengalaman dari
seseorang. Teks Anekdot bertujuan untung menghibur pembacanya. Teks Anekdot
tidak hanya berisi tentang peristiwa – peristiwa menarik, konyol dan
menjengkelkan, melainkan juga berisi tentang ungkapan suatu kebenaran yang
lebih umum.
b. Teks Anekdot memiliki 5 struktur,
diantaranya
1.
Abstraksi, adalah bagian awal paragraf yang
berfungsi memberikan gambaran tentang isi teks. Biasanya menunjukkan hak yang
unik
2.
Orientasi, adalah bagian yang menunjukkan awal cerita
atau latar belakang peristiwa itu terjadi
3.
Krisis, adalah bagian dimana hal yang menarik
ataupun hal yang tidak biasa terjadi pada tokoh cerita
4.
Reaksi, adalah bagian bagaimana cara penulis
atau tokoh cerita menyelesaikan masalah pada bagian krisis
5.
Koda, adalah bagian dari akhir cerita. Bagian
ini dapat berisi kesimpilan mengenai kejadian yang terjadi pada tokoh cerita
Kata
kunci :
1.
Abstraksi : Pembukaan/gambaran umum
2.
Orientasi : Latar belakang peristiwa
3.
Krisis
: Masalah
4.
Reaksi :
Penyelesaian masalah
5.
Koda
: Kesimpulan
c.
Kaidah
Anekdot
1. Menggunakan
waktu lampau, Seperti : Saya menemukannya
semalam.
2. Menggunakan
pertanyaa rotoris, Seperti : Apakah kamu
tahu ?
3. Menggunakan
kata sambung ( konjungsi) waktu, Seperti :
Kemudian, setelah itu, dll.
4. Menggunakan
kata kerja, Seperti : Pergi, Tulis, dll.
5. Menggunakan
kalimat perintah
6. Menggunakan
kalimat seru
5.
- Ciri-ciri Anekdot
1. Bersifat
humor atau lelucon
2. Bersifat
menggelitik
3. Bersifat
menyindir
4. Mengenai
orang penting
5. Memiliki
tujuan tertentu ( menggkritik )
- Tujuan Anekdot
1. Untuk
membangkitkan tawa
2. Untuk
membuat orang terhibur
3. Menggambarkan
suatu karakter dengan singkat dan ringan sehingga ia terhentak dalam kilasan
permohonan yang langsung pada intinya.
- Contoh teks anekdot
KUHP Dalam Anekdot
Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas
sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas
biasa-biasa saja. Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya
kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab
sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab
pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab,
“Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!” Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya
menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad,
“Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan
pak dosen dijawabnya dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman
adalah guru yang terbaik, Pak …!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang.
Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung
normal.
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Bagian
|
Kegiatan
Pembelajarn
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Siswa memberi salam hormat kepada
guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
b.
Siswa bertanya jawab (dengan siswa yang
lain dan guru) berkaitan dengan materi teks anekdot
yang
akan dipelajari.
c.
Siswa menyimak tujuan pembelajaran dan
manfaat menguasai materi pembelajaran.
d.
Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan
meteri pembelajaran
|
10menit
|
Inti
|
Mengamati
a.
Siswa secara berkelompok
mengamati dan membaca model anekdot yang berjudul “KUHP dalam Anekdot” dengan jujur dan bertanggung jawab.
b. Siswa memperhatikan penjelasan tentang struktur
dan kaidah anekdot (penggunaan kata, konjungsi dan
kalimat) dengan bertanggungjawab.
|
10
menit
|
Menanya
a. Siswa
berdiskusi secara berkelompok tentang struktur dan kaidah
anekdot (penggunaan
kata, konjungsi dan kalimat) teks anekdot “KUHP dalam
Anekdot”dengan
bertanggung jawab.
|
10
menit
|
|
Mengumpulkan
Data
a. Siswa mengumpulkan informasi dari kelompok satu ke kelompok yang
lain tentang struktur teks anekdot “KUHP dalam Anekdot” dengan
proaktif dan bertanggung jawab
b. Siswa secara individu mencoba menentukan struktur dan kaidah
teks anekdot “KUHP dalam Anekdot”dengan
jujur dan bertanggung jawab.
|
15
menit
|
|
Mengasosiasi
a. Siswa secara berkelompok menyimpulkan struktur dan kaidah teks anekdot “KUHP dalam Anekdot” dengan jujur dan penuh tanggung
jawab.
|
15
menit
|
|
Mengomunikasikan
a.
Tiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi tentang
struktur dan kaidah anekdot dengan jujur dan bertanggung jawab
b.
Masing-masing kelompok
secara pro aktif memberikan tanggapan dengan jujur dan bertanggung jawab
|
15
menit
|
|
Penutup
|
a. Siswa
dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang struktur dan kaidah teks anekdot berdasarkan
struktur dan kaidah.
b. Siswa melalukan refleksi terkait pembelajaran yang baru
berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi.
c.
Siswa mengerjakan evaluasi
formatif berkaitan struktur dan kaidah teks anekdot.
d.
Siswa saling bertukar
pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil
evaluasi.
e.
Siswa memperoleh
tugas pengayaan untuk mendeskripsikan struktur dan kaidah bahasa teks anekdot yang berjudul “KUHP dalam Anekdot”.
|
15 Menit
|
Pertemuan- 2
Bagian
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Siswa
memberi salam hormat kepada guru, berdoa dan mengkondisikan diri siap belajar
dengan tertib dan penggunaan bahasa
yang santun
b. Siswa
dan guru bertanya jawab berkaitan dengan materi struktur dan kaidah teks anekdot yang
sudah didapatkan siswa pada pembelajaran sebelumnya dengan kritis dan cermat
c. Siswa
menyimak tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat
menguasai materi pembelajaran dengan
jujur dan tanggung jawab
d. Siswa
menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran dengan jujur dan tanggung jawab
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa secara berkelompok
mengamati dan teks anekdot “KUHP
dalam Anekdot” dengan bertanggung
jawab
2.
Siswa memperhatikan bagaimana menginterprestasi (isi,
struktur, mekanik, dan diksi) teks
anekdot“KUHP dalam
Anekdot”dengan bertanggung jawab
|
10
menit
|
Menanya
a.
Siswa berdiskusi secara berkelompok
tentang menginterpretasi teks anekdot “KUHP dalam Anekdot”dengan
jujur dan bertanggung jawab.
|
10
menit
|
|
Mengumpulkan data
1.
Siswa mengumpulkan
informasi secara proaktif dari kelompok satu ke kelompok yang lain tentang
menginterpretasi teks anekdot “KUHP dalam Anekdot” dengan jujur dan bertanggung jawab
2.
Siswa secara individu
mencoba menginterpretasi teks anekdot “KUHP dalam Anekdot” dengan jujur dan bertanggung jawab
|
15 menit
|
|
Mengasosiasi
1.
Siswa proaktif dalam
kelompok untuk menyimpulkan interpretasi teks anekdot “KUHP dalam Anekdot”.
|
15 menit
|
|
Mengomunikasikan
1.
Tiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi tentang
interpretasi teks anekdot dengan jujur dan bertanggung jawab
2.
Masing-masing kelompok
secara proaktif memberikan tanggapan dengan jujur dan bertanggung jawab
|
15 menit
|
|
Penutup
|
a.
Siswa dan guru menyimpulkan
materi yang diajarkan tentang interpretasi (isi,
struktur, mekanik, dan diksi) teks anekdot dengan jujur dan bertanggung jawab
b.
Siswa melalukan
refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan
penguasaan materi dengan jujur dan
tanggung jawab
c.
Siswa mengerjakan evaluasi
formatif berkaitan menangkap makna teks anekdot.
d.
Siswa saling bertukar
pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil
evaluasi.
e.
Siswa menerima
tugas pengayaan berkaitan dengan interpretasi teks anekdot berjudul ““KUHP dalam Anekdot”
|
15 menit
|
F.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk instrumen : Lembar
Observasi
c. Kisi-kisi :
Lembar Observasi Sikap Spiritual
No
|
Sikap/Nilai
|
Indikator
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan YangMaha Esa sebagai
sarana memahami informasi lisan dan tulis.
|
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan
benar dalam memahami struktur
dan kaidah teks anekdot baik lisan maupun tulisan
|
A1
|
Menggunakan
kata,istilah,
atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan makna teks anekdot baik
lisan maupun tulis.
|
A1
|
2.
Penilaian Sikap
1)Penilaian kompetensi sikap melalui Observasi
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi
Lembar
Observasi Sikap
Spiritual
No
|
Sikap/
Nilai
|
Indikator
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Jujur
|
Menunjukkan perilaku tidak berbohong
pada
kegiatan mengartikan kata sulit, menemukan pesan, menyusun
pesan
|
A2
|
Berperilaku selalu dapat dipercaya
dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
|
A2
|
||
2
|
Disiplin
|
Berperilaku selalu menyelesaikan
tugas sesuai dengan waktu yang
dialokasikan dalam pembelajaran
|
A2
|
Berprilaku
tidak mengganggu siswa atau kelompok lain dalam pembelajaran
|
A2
|
||
3
|
Tanggung
jawab
|
Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan
kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks anekdot
|
A2
|
Berperilaku yang
menunjukkan sifat
halus dan baik dari sudut
pandang bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang.
|
A2
|
||
4.
|
Proaktif
|
Berperilaku
giat berusaha dapat mengumpulakan informasi dalam pembelajaran
|
A2
|
Berperialku
selalu beraksi dan bereaksi dalam berdiskusi dan pembelajaran
|
A2
|
1.Penilaian
kompetensi sikap melalui penilaian diri
Nama :
Kelas :
Tanggal
penilaian :
Materi/topik : memahami struktur dan kaidah teks anekdot
Bacalah baik-baik setiap
pernyataan dan berilah tanda v pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu
yang sebenarnya.
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya melakukan tugas kelompok saya
bekerjsa sama dengan teman satu kelompok
|
|
|
2.
|
Saya mencatat data dengan teliti
sesuai dengan fakta
|
|
|
3.
|
Saya melakukan tugas sesuai dengan
jadwal yang dirancang
|
|
|
4.
|
Saya membuat tugas terlebih dahulu
dengan membaca literatur yang mendukung tugas
|
|
|
5.
|
Saya terlibat aktif dalam pembelajaran
|
|
|
2.Penilaian kompetensi Sikap Antarpeserta Didik
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ semester : X / 1
Topik : memahami struktur dan kaidah teks anekdot
Indikator :
Peserta didik menunjukkan perilaku memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif
1. Amati
perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran.
2. Berikan
tanda (v) pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil
pengamatan.
3. Serahkan
hasil pengamatanmu kepada gurumu.
No.
|
Perilaku
|
Dilakukan/muncul
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Berprilaku
tidak bohong pada kegiatan dan selalu dapat dipercaya
|
|
|
2.
|
Menyelesaikan
tugas sesuai dengan waktu dan tidak mengganggu siswa atau kelompok lain
|
|
|
3.
|
melakukan tugas sesuai dengan jadwal
yang dirancang
|
|
|
4.
|
Mengungkapkan informasi disertai
dengan sumber rujukan
|
|
|
5.
|
Giat
berusaha dapat mengumpulakan informasi dan selalu beraksi serta bereaksi
dalam berdiskusi atau pembelajaran
|
|
|
2.Jurnal
Jurnal
Penilaian
Nama:
Kelas :
No. Hari, tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan/ Tindak Lanjut
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Soal
|
1
|
Merumuskan
pengertian atau hakikat teks anekdot
|
B1
|
2
|
Mendeskripsikan strukur teks anekdot
|
B2
|
3
|
Menjelaskan kaidah kebahasaan
teks
anekdot
|
B3
|
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk instrumen : Produk
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Soal
|
1
|
Mendeskripsikan kata, kalimat, dan ungkapan sulit
yang terdapat dalam teks anekdot.
|
C1
|
2
|
Mendeskripsikan makna
bagian-bagian teks anekdot.
|
C2
|
3
|
Mendeskripsikan
pesan teks anekdot dalam
bentuk paragraf
yang padu dengan memperhatikan ejaan, pilihan
kata, dan kalimat efektif.
|
C3
|
G.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific
Metode : diskusi,
tanya jawab, penugasan
H.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. Media : LCD
2. Alat dan bahan : Teks anekdot
3. Sumber Belajar :
Kemdikbud, 2013a.
Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan
Akademik Kelas X.
Jakarta: Kemdikbud.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Lampiran
Soal Ulangan Harian
1.
Jelaskan teks anekdot “KUHP dalam anekdot” ?
2.
Tentukan struktur teks
anekdot “KUHP dalam anekdot” ?
3.
Tentukan kaidah teks
anekdot “KUHP dalam anekdot”?
4.
Tentukan isi teks “KUHP
dalam anekdot”?
5.
Tuliskanlah kembali isi teks anekdot “KUHP dalam
anekdot”?
6.
Ceritakan kembali isi teks anekdot “KUHP dalam
anekdot” dalam bahasa sendiri?
KUNCI JAWABAN
Teks anekdot ”KUHP dalam anekdot”
Seorang
dosen fakultas hukum suatu universitas
sedang memberikan kuliah hukum pidana.Suasana biasa-biasa saja.
Saat
sesi Tanya - jawab tiba, Ali bertanya
kepada pak dosen.”Apa kepanjangan KUHP,pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri,
melainkan melemparkannya kepada Ahmad.”Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan
Saudara Ali tadi,”pinta pak dosen.Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang
Habis Perkara,Pak…!”
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya
menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad,
“Saudara Ahmad, dari mana saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan
pak dosen dijawabnya dengan tegas,”Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman
adalah guru yang terbaik, Pak…!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang .
Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda.Kelas kembali
berlangsung normal
1.
Definisi anekdot!
Jenis teks yang berisi
peristiwa-peristiwa lucu, konyol, atau menjengkelkan sebagai akibat dari krisis yang ditanggapi dengan reaksi.
2. Struktur dan kaidah teks anekdot “KUHP dalam anekdot”
Struktur teks anekdot “ KUHP
dalam anekdot”
Abstraksi -------Seorang dosen memberikan kuliah hukum pidana
Orientasi--------Suasana kelas biasa-biasa saja (Paragraf 1)
Krisis ----------- KUHP dipelesetkan menjadi “Kasih Uang Habis Perkara”
(Paragraf 2)
Reaksi---------- Mahasiswa tercengang dan tertawa, sedangkan dosen
menggeleng-gelengkan kepala (Paragraf 3)
Koda------------ Kelas kembali berlangsung normal (Paragraf 4)
3. Kaidah teks
anekdot “KUHP dalam anekdot”
Kaidah teks anekdot “ KUHP dalam anekdot”
Kata
sambung...Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan
pak dosen hanya Menggeleng
gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan
kepada Ahmad
Kata kerja-------Seorang dosen
fakultas hukum suatu universitas sedang
memberikan
kuliah hukum pidana
Kalimat
perintah----.”Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,”pinta
pak
dosen.Dengan tegas Ahmad
menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara,Pak…!”
4. Isi teks anekdot “KUHP dalam anekdot”
Isi teks anekdot “KUHP dalam anekdot” adalah menyindir tentang keadilan
hukum yang terjadi di Negara Indonesia .
5. Menuliskan kembali isi
teks anekdot “KUHP dalam anekdot” dalam bahasa kalian sendiri.
Ø Teks anekdot “KUHP dalam anekdot”: Menceritakan Seorang pria yang
bernama Ali menanyakan kepanjangan KUHP kepada dosennya.Lalu,dosennya
melemparkan jawaban kepada Ahmad. Kemudian ,Ahmad menjelaskan bahwa KUHP itu
adalah singkatan dari “Kasih Uang Habis Perkara”. Sehingga, semua mahasiswa tertawa.
6. Menceritakan kembali isi teks anekdot “KUHP dalam anekdot”
Ø Teks anekdot “KUHP dalam anekdot”: Menceritakan Seorang pria yang
bernama Ali menanyakan kepanjangan KUHP kepada dosennya.Lalu,dosennya
melemparkan jawaban kepada Ahmad. Kemudian ,Ahmad menjelaskan bahwa KUHP itu
adalah singkatan dari “Kasih Uang Habis Perkara”. Sehingga, semua mahasiswa tertawa.
Mengetahui Sirampog,
Juli 2015
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Yuniarso Amirudin,S.Pd, M.Pd Teguh
Priyono, S.Pd
NIP
19670629 199702 1 001 NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar