KLIK DISINI

pasang iklan

Sabtu, 11 Juli 2015

RPP BAHASA INDONESIA KELAS X KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                   
                                    Satuan Pendidikan       :SMA NEGERI 1 SIRAMPOG
                                    Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
                                    Kelas / Semester          :  X /1
                                    Alokasi Waktu             :  4 X 45 menit  ( 2 x pertemuan)

A.  Kompetensi Inti
KI 1:         
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:   
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:     
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:     
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar
         1.      1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
         2.      2.2 Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menunjukkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami struktur dan kaidah teks  anekdot.
         3.      3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
         4.        4. 1 Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
C.  Indikator Pencapaian
         1.      1.2.1 Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik lisan maupun tulisan
1.2.2 Menggunakan kata,istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan makna teks  anekdot baik lisan maupun tulis.
2.  Jujur
2.2.1  Berperilaku tidak berbohong pada kegiatan mengartikan kata sulit, menemukan pesan, menyusun pesan
2.2.2 Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
Disiplin
2.2.3 Berperilaku menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang dialokasikan dalam pembelajaran
2.2.4 Berperilaku idak mengganggu siswa atau kelompok lain dalam pembelajaran
Tanggung jawab           
2.2.5        Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks  anekdot.
2.2.6        Berperilaku selalu menyelesaikan tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran teks anekdot .
Proaktif
2.2.7        Berperilaku giat berusaha dapat mengumpulkan informasi
2.2.8        Berperilaku selalu beraksi dan bereaksi dalam berdiskusi dan pembelajaran

3.      3.1.1 Menjelaskan hakikat teks anekdot
3.1.2.Mendeskripsikan struktur teks anekdot
3.1.3 Menjelaskan kaidah kebahasaan teks anekdot

4.      4.1.1 Menjelaskan hakikat menginterpretasi teks anekdot
4.1.2        menginterpretasi (isi, struktur, mekanik, dan diksi) teks anekdot


D.     Materi Pembelajaran
Pertemuan 1                            
1.Pemahaman Teks anekdot
   a. Pengertian teks  anekdot
   b. Struktur teks anekdot
         c. Kaidah teks  anekdot

Pertemuan 2
2. Penginterpretasian Teks anekdot
a.     Hakikat menginterpretasi teks anekdot
b.    Interpretasi (isi, struktur, mekanik, dan diksi) teks  anekdot
c.     Merangkai makna menjadi paragraf yang padu

a.       Pengertian Anekdot

Anekdot adalah sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan pengalaman dari seseorang. Teks Anekdot bertujuan untung menghibur pembacanya. Teks Anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa – peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, melainkan juga berisi tentang ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum.           

b.      Teks Anekdot memiliki 5 struktur, diantaranya
1.      Abstraksi, adalah bagian awal paragraf yang berfungsi memberikan gambaran tentang isi teks. Biasanya menunjukkan hak yang unik
2.      Orientasi, adalah bagian yang menunjukkan awal cerita atau latar belakang peristiwa itu terjadi
3.      Krisis, adalah bagian dimana hal yang menarik ataupun hal yang tidak biasa terjadi pada tokoh cerita
4.      Reaksi, adalah bagian bagaimana cara penulis atau tokoh cerita menyelesaikan masalah pada bagian krisis
5.      Koda, adalah bagian dari akhir cerita. Bagian ini dapat berisi kesimpilan mengenai kejadian yang terjadi pada tokoh cerita
Kata kunci :
1.                     Abstraksi  : Pembukaan/gambaran umum
2.                     Orientasi  : Latar belakang peristiwa
3.                     Krisis         : Masalah
4.                     Reaksi       : Penyelesaian masalah
5.                     Koda          : Kesimpulan
c.                                                                                                                Kaidah Anekdot       
1.      Menggunakan waktu lampau, Seperti      : Saya menemukannya semalam.
           2.      Menggunakan pertanyaa rotoris, Seperti      : Apakah kamu tahu ?
3.      Menggunakan kata sambung ( konjungsi) waktu, Seperti      : Kemudian, setelah itu, dll.
4.      Menggunakan kata kerja, Seperti      : Pergi, Tulis, dll.
5.      Menggunakan kalimat perintah
6.      Menggunakan kalimat seru
5.       
  1.       Ciri-ciri Anekdot
1.      Bersifat humor atau lelucon
2.      Bersifat menggelitik
3.      Bersifat menyindir
4.      Mengenai orang penting
5.      Memiliki tujuan tertentu ( menggkritik )

  1.       Tujuan Anekdot
1.      Untuk membangkitkan tawa
2.      Untuk membuat orang terhibur
3.      Menggambarkan suatu karakter dengan singkat dan ringan sehingga ia terhentak dalam kilasan permohonan yang langsung pada intinya.

  1.       Contoh teks anekdot
                                              

KUHP  Dalam Anekdot

 

            Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas

biasa-biasa saja. Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!” Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak …!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.
                  

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1

Bagian
Kegiatan Pembelajarn
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Siswa memberi salam hormat kepada guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
b.   Siswa bertanya jawab (dengan siswa yang lain dan guru) berkaitan dengan materi teks anekdot yang akan dipelajari.
c.    Siswa menyimak tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran.
d.   Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran
10menit
Inti






















Mengamati
a.    Siswa secara berkelompok mengamati dan membaca model anekdot yang berjudul “KUHP dalam Anekdot” dengan jujur dan bertanggung jawab.
b.    Siswa memperhatikan penjelasan tentang struktur dan kaidah  anekdot (penggunaan kata, konjungsi dan kalimat) dengan bertanggungjawab.
10 menit
Menanya
a.    Siswa berdiskusi secara berkelompok tentang struktur dan kaidah anekdot (penggunaan kata, konjungsi dan kalimat) teks  anekdot  “KUHP dalam Anekdot”dengan bertanggung jawab.
10 menit
Mengumpulkan Data
a.     Siswa mengumpulkan informasi dari kelompok satu ke kelompok yang lain tentang struktur  teks anekdot “KUHP dalam Anekdot” dengan proaktif dan bertanggung jawab
b.    Siswa secara individu mencoba menentukan struktur dan kaidah teks anekdot “KUHP dalam Anekdot”dengan jujur dan bertanggung jawab.
15 menit
Mengasosiasi
a.    Siswa secara berkelompok menyimpulkan struktur dan kaidah teks anekdot “KUHP dalam Anekdot” dengan jujur dan penuh tanggung jawab.
15 menit
Mengomunikasikan
a.    Tiap kelompok mempresentasikan hasil  diskusi tentang struktur dan kaidah anekdot dengan jujur dan bertanggung jawab
b.    Masing-masing kelompok secara pro aktif memberikan tanggapan dengan jujur dan bertanggung jawab
15 menit
Penutup
a.    Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang struktur dan kaidah teks anekdot berdasarkan struktur dan kaidah.
b.   Siswa melalukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi.
c.    Siswa mengerjakan evaluasi formatif berkaitan struktur dan kaidah teks anekdot.
d.   Siswa saling bertukar pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
e.   Siswa memperoleh tugas pengayaan untuk mendeskripsikan struktur dan kaidah bahasa teks anekdot yang berjudul “KUHP dalam Anekdot”.
15 Menit

Pertemuan- 2
Bagian
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.   Siswa memberi salam hormat kepada guru, berdoa dan mengkondisikan diri siap belajar dengan tertib dan penggunaan bahasa yang santun
b.   Siswa dan guru bertanya jawab berkaitan dengan materi struktur dan kaidah teks  anekdot yang sudah didapatkan siswa pada pembelajaran sebelumnya dengan kritis dan cermat
c.    Siswa menyimak tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran dengan jujur dan tanggung jawab
d.   Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran dengan jujur dan tanggung jawab
10 menit




Inti

















Mengamati
1.    Siswa secara berkelompok mengamati dan teks  anekdot “KUHP dalam Anekdot” dengan bertanggung jawab
2.    Siswa memperhatikan bagaimana menginterprestasi (isi, struktur, mekanik, dan diksi) teks  anekdot“KUHP dalam Anekdot”dengan bertanggung jawab
10 menit
Menanya
a.     Siswa berdiskusi secara berkelompok tentang menginterpretasi teks   anekdot “KUHP dalam Anekdotdengan jujur dan bertanggung jawab.
10 menit
Mengumpulkan data
1.    Siswa mengumpulkan informasi secara proaktif dari kelompok satu ke kelompok yang lain tentang menginterpretasi teks  anekdot “KUHP dalam Anekdot” dengan jujur dan bertanggung jawab
2.    Siswa secara individu mencoba menginterpretasi teks  anekdot “KUHP dalam Anekdot” dengan jujur dan bertanggung jawab
15 menit
Mengasosiasi
1.    Siswa proaktif dalam kelompok untuk menyimpulkan interpretasi teks  anekdot “KUHP dalam Anekdot”.
 15 menit
Mengomunikasikan
1.     Tiap kelompok mempresentasikan hasil  diskusi tentang interpretasi teks  anekdot dengan jujur dan bertanggung jawab
2.    Masing-masing kelompok secara proaktif memberikan tanggapan dengan jujur dan bertanggung jawab
15 menit
Penutup
a.   Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang interpretasi (isi, struktur, mekanik, dan diksi) teks  anekdot dengan jujur dan bertanggung jawab
b.   Siswa melalukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi dengan jujur dan tanggung jawab
c.   Siswa mengerjakan evaluasi formatif berkaitan menangkap makna teks   anekdot.
d.   Siswa saling bertukar pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
e.   Siswa menerima tugas pengayaan berkaitan dengan interpretasi teks  anekdot berjudul ““KUHP dalam Anekdot”
 15 menit

F.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.   Sikap Spiritual
a.    Teknik Penilaian     : Observasi
b.   Bentuk instrumen    : Lembar Observasi
c.    Kisi-kisi         :
Lembar Observasi Sikap Spiritual
No
Sikap/Nilai
Indikator
Butir Pertanyaan
1





Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan YangMaha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks  anekdot baik lisan maupun tulisan
A1




Menggunakan kata,istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan makna teks anekdot baik lisan maupun tulis.
A1

2.   Penilaian Sikap
1)Penilaian kompetensi sikap melalui Observasi
a.    Teknik Penilaian     : Observasi
b.   Bentuk instrumen   : Lembar Observasi
c.    Kisi-kisi

    Lembar Observasi Sikap Spiritual
No
Sikap/
Nilai
Indikator
Butir Pertanyaan
1
Jujur
Menunjukkan perilaku tidak berbohong pada kegiatan mengartikan kata sulit, menemukan pesan, menyusun pesan
A2
Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
A2
2
Disiplin
Berperilaku selalu menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang  dialokasikan dalam pembelajaran
A2
Berprilaku tidak mengganggu siswa atau kelompok lain dalam pembelajaran
A2
3
Tanggung jawab
Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks anekdot
A2
Berperilaku yang menunjukkan sifat  halus dan baik  dari sudut pandang bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang.
A2
4.
Proaktif
Berperilaku giat berusaha dapat mengumpulakan informasi dalam pembelajaran
           A2
Berperialku selalu beraksi dan bereaksi dalam berdiskusi dan pembelajaran
            A2

          1.Penilaian kompetensi sikap melalui penilaian diri
Nama                             :
Kelas                              :
Tanggal penilaian           :
Materi/topik                    : memahami struktur dan kaidah teks anekdot

              Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda v pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Saya melakukan tugas kelompok saya bekerjsa sama dengan teman satu kelompok


2.
Saya mencatat data dengan teliti sesuai dengan fakta


3.
Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang dirancang


4.
Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literatur yang mendukung tugas


5.
Saya terlibat aktif dalam pembelajaran


2.Penilaian kompetensi  Sikap Antarpeserta Didik
Mata pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/ semester         : X / 1
Topik                         : memahami struktur dan kaidah teks anekdot
Indikator                   : Peserta didik menunjukkan perilaku memiliki perilaku jujur, disiplin,
            tanggung jawab, dan proaktif

1.      Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran.
2.      Berikan tanda (v) pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatan.
3.      Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu.

No.
Perilaku
Dilakukan/muncul
Ya
Tidak
1.
Berprilaku tidak bohong pada kegiatan dan selalu dapat dipercaya


2.
Menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu dan tidak mengganggu siswa atau kelompok lain


3.
melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang dirancang


4.
Mengungkapkan informasi disertai dengan sumber rujukan


5.
Giat berusaha dapat mengumpulakan informasi dan selalu beraksi serta bereaksi dalam berdiskusi atau pembelajaran











2.Jurnal
Jurnal Penilaian
Nama:
Kelas :

No.          Hari, tanggal

Kejadian
Keterangan/ Tindak Lanjut
1.


2.



3.      Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian      : Tes Tertulis
b.   Bentuk instrumen     : Uraian
c.    Kisi-kisi
No.
Indikator
Butir Soal
1
Merumuskan pengertian atau hakikat teks anekdot
B1
2
Mendeskripsikan strukur teks anekdot
B2
3
Menjelaskan kaidah kebahasaan teks anekdot
B3

4.      Keterampilan
a.   Teknik Penilaian     : Unjuk Kerja
b.   Bentuk instrumen   : Produk
c.    Kisi-kisi

No.
Indikator
Butir Soal
1
Mendeskripsikan kata, kalimat, dan ungkapan sulit yang terdapat dalam teks anekdot.
C1
2
Mendeskripsikan makna bagian-bagian teks anekdot.
C2
3
Mendeskripsikan pesan teks anekdot dalam bentuk paragraf yang padu dengan memperhatikan ejaan, pilihan  kata, dan kalimat efektif.
C3

G.    Metode Pembelajaran
Pendekatan   :  scientific
Metode         :  diskusi,  tanya jawab, penugasan
                      
H.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Media                    :  LCD
2.    Alat dan bahan     : Teks  anekdot
3.    Sumber Belajar     :
Kemdikbud, 2013a. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kemdikbud.
      Kamus Besar Bahasa Indonesia

Lampiran
Soal Ulangan Harian
1.      Jelaskan  teks anekdot “KUHP dalam anekdot” ?
2.      Tentukan  struktur teks anekdot “KUHP dalam anekdot” ?
3.      Tentukan  kaidah teks anekdot “KUHP dalam anekdot”?
4.      Tentukan  isi teks “KUHP dalam anekdot”?
5.      Tuliskanlah kembali isi teks anekdot “KUHP dalam anekdot”?
6.      Ceritakan kembali isi teks anekdot “KUHP dalam anekdot” dalam bahasa  sendiri?




KUNCI  JAWABAN
Teks  anekdot                                  ”KUHP  dalam anekdot”
        Seorang dosen fakultas hukum  suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana.Suasana biasa-biasa saja.
         Saat sesi Tanya - jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen.”Apa kepanjangan KUHP,pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad.”Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,”pinta pak dosen.Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara,Pak…!”
        Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas,”Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak…!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang . Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.
        Gelak tawa mereda.Kelas kembali berlangsung normal

1.      Definisi anekdot!
Jenis teks yang berisi peristiwa-peristiwa lucu, konyol, atau menjengkelkan sebagai  akibat dari krisis yang ditanggapi dengan reaksi.
2.       Struktur dan kaidah teks anekdot “KUHP dalam anekdot”
Struktur teks anekdot  “ KUHP dalam anekdot”
Abstraksi -------Seorang dosen memberikan kuliah hukum  pidana
Orientasi--------Suasana kelas biasa-biasa saja (Paragraf 1)
Krisis ----------- KUHP dipelesetkan menjadi “Kasih Uang Habis Perkara” (Paragraf 2)
Reaksi---------- Mahasiswa tercengang dan tertawa, sedangkan dosen menggeleng-gelengkan  kepala (Paragraf 3)
Koda------------ Kelas kembali berlangsung normal (Paragraf 4)
3.      Kaidah teks anekdot “KUHP dalam anekdot”
Kaidah teks anekdot “ KUHP dalam anekdot”
            Kata sambung...Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya Menggeleng
                                      gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad
Kata kerja-------Seorang dosen fakultas hukum  suatu universitas sedang memberikan
                          kuliah hukum pidana
          Kalimat perintah----.”Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,”pinta pak
                                            dosen.Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara,Pak…!”
4.       Isi teks anekdot “KUHP dalam anekdot”
Isi teks anekdot “KUHP dalam anekdot” adalah menyindir tentang keadilan hukum yang terjadi di Negara Indonesia .
5.       Menuliskan  kembali isi teks anekdot “KUHP dalam anekdot” dalam bahasa kalian sendiri.
        Ø  Teks anekdot “KUHP dalam anekdot”: Menceritakan Seorang pria yang bernama Ali menanyakan kepanjangan KUHP kepada dosennya.Lalu,dosennya melemparkan jawaban kepada Ahmad. Kemudian ,Ahmad menjelaskan bahwa KUHP itu adalah singkatan dari “Kasih Uang Habis Perkara”. Sehingga,  semua mahasiswa tertawa.

6.      Menceritakan  kembali isi teks anekdot “KUHP dalam anekdot”
       Ø   Teks anekdot “KUHP dalam anekdot”: Menceritakan Seorang pria yang bernama Ali menanyakan kepanjangan KUHP kepada dosennya.Lalu,dosennya melemparkan jawaban kepada Ahmad. Kemudian ,Ahmad menjelaskan bahwa KUHP itu adalah singkatan dari “Kasih Uang Habis Perkara”. Sehingga,  semua mahasiswa tertawa.








Mengetahui                                                                                                Sirampog, Juli 2015
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran,






Yuniarso Amirudin,S.Pd, M.Pd                                                     Teguh Priyono, S.Pd               
NIP 19670629 199702 1 001                                                        NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar