RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 1 SIRAMPOG
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/I
Tema : Seni Bernegosiasi
Materi Pokok : Teks Negosiasi
Alokasi Waktu : 6 x 45 Menit (3 x pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermainan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai denagn bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.
1.2 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan YangMaha Esa sebagai sarana
memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks
negosiasi.
2.
2.2 Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa menunjukkan prilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menceritakan hasil negosiasi.
3.
3.2
Membandingkan teks negosiasi baik
melalui lisan maupun tulis.
4.
4.2
Memproduksi teks nenosiasi baik secara lisan maupun tulis.
C.
Indikator Pencapaian
1.
1.21 Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik lisan maupun
tulisan
1.2.2 Menggunakan kata,istilah, atau
ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan makna teks negosiasi baik lisan
maupun tulis.
2.
Jujur
2.1.1
Berperilaku tidak berbohong pada
kegiatan mengartikan kata sulit, menemukan pesan, menyusun pesan
2.1.2
Berperilaku selalu dapat dipercaya
dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
Disiplin
2.2.3Berperilaku menyelesaikan tugas
sesuai dengan waktu yang dialokasikan dalam pembelajaran
2.2.4 Berperilaku idak mengganggu siswa atau
kelompok lain dalam pembelajaran
Tanggung jawab
2.2.5
Berperilaku selalu melaksanakan
tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks negosiasi.
2.2.6 Berperilaku
selalu menyelesaikan tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada
kegiatan pembelajaran teks negosiasi
2.2.7
Berperilaku giat berusaha dapat
mengumpulakan informasi
2.2.8
Berperialku selalu beraksi dan
bereaksi dalam berdiskusi dan pembelajaran
3
3.2.1Menjelaskan
persamaan
struktur dua buah teks negosiasi
3.2.2Menjelaskan
persamaan kaidah dua teks negosiasi
3.2.3Menjelaskan
perbedaan struktur dua buah teks negosiasi
|
3.2.4Menjelaskan
perbedaan kaidah dua buah teks negosiasi
4. 4.2.1
Menentukan tema teks negosiasi
4.2.2
Merumuskan
tujuan penyusunan teks
4.2.3
Mengumpulkan
materi teks
4.2.4
Menyusun
kerangka teks
4.2.5
Mengembangkan
kerangka teks menjadi teks uang utuh
4.2.6
Memproduksi
teks negosiasi untuk menyelesaikan konflik
|
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.Perbedaan
Struktur dan Kaidah Teks
a. Struktur teks“Negosiasi antara Penjual
dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”
b. Kaidah teks “Negosiasi antara Penjual dan
Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”
c. Persamaan dan perbedaan
struktur teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”
b. Persamaan dan perbedaan kaidak
teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”
Pertemuan 2
2. Langkah-langkah
Menyusun Teks Negosiasi
a.
Menentukan tema teks negosiasi
b.
Merumuskan tujuan teks
negosiasi
c.
Mengumpulkan data/materi teks negosiasi
d.
Menyusun kerangka teks
e.
Mengembangkan kerangka teks menjadi karangan yang utuh
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Bagian
|
Kegiatan
Pembelajarn
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Peserta didik memberi
salam kepada guru, berdoa, dan mengondisikan diri
siap belajar.
b. Peserta didik bertanya
jawab (dengan peserta didik yang lain dan guru) berkaitan dengan materi teks
negosiasi yang akan dipelajari.
c. Peserta didik menyimak
tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran.
d. Peserta didik menyimak
pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
8 menit
|
Inti
|
Mengamati
a.
Peserta
didik membaca contoh teks negosiasi yang berjudul “Negosiasi antara Penjual
dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman” dan mencermati berkaitan dengan struktur dan kaidah teks negosiasi, dengan teliti dan tanggung jawab.
|
10 menit
|
Menanya
b. Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab
(antar anggota kelompok, antarkelompok, ataupun guru,) tentang stuktur teks yang terdiri dari
pembukaan^ permintaan^ pemenuhan^ penawaran^persetujuan^ pembelian^ penutup
atau pembukaan ^ isi ^ penutup serta kaidah
teks yang di antaranya terdiri atas
pasangan tuturan, pemakaian kalimat tidak baku, terpengaruh bahasa
percakapan, kalimat introgatif dan deklaratif, dll, yang belum dipahami dengan
tutur kata yang santun.
c. Peserta didik
berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan struktur dan kaidah
pada teks negosiasi yang berjudul “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan
teks “Kesalahpahaman” dengan saling menghargai pendapat teman
dengan bahasa yang santun.
|
10 menit
|
|
Mengumpulkan Data
d. Secara berkelompok
peserta didik mencatat pokok-pokok struktur dan kaidah teks negosiasi yang
berjudul Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman” dengan
saling menghargaidengan penuh tanggung jawab.
e. Peserta
didik berduskusi membahas persamaan dan perbedaan teks negosiasi yang
berjudul
Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman” dari
strukur
dan kaidah teks negosiasi dengan tutur
kata yang santun dan penuh tanggung
jawab.
|
15 menit
|
|
Mengasosiasi
f.
Secara
individu peserta didik menentukan persamaan dan perbedaan struktur dan kaidah teks negosiasi yang
berjudul Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman” “ dengan responsive, jujur ,dan penuh
tanggung jawab.
g.
Peserta
didik menyimpulkan persamaan dan
perbedaan struktur dan kaidah teks Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan
teks “Kesalahpahaman” kritis dan cermat
|
15
menit
|
|
Mengomunikasikan
h.
Peserta didik secara bergantian
mempresentasikan hasil pekerjaannya dengan
tutur kata yang santun.
i.
Peserta didik yang lain
menanggapi hasil presentasi temannya dengan
penggunaan bahasa santun, jujur dan penuh tanggung jawab.
|
10 menit
|
|
Penutup
|
a.
Peserta
didik dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang persamaan dan
perbedaan teks negosiasi berdasarkan struktur dan kaidah.
b.
Peserta didik melakukan
refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan
penguasaan materi.
c.
Peserta didik mengerjakan evaluasi formatif
berkaitan
persamaan dan perbedaan dua teks negosiasi mengenai struktur dan kaidah
d.
Peserta didik saling bertukar pekerjaan dan
mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
e.
Peserta didik memperoleh tugas pengayaan untuk menjelaskan
struktur dan kaidah bahasa teks negosiasi yan diambil dari sumber lain.
|
12 Menit
|
Pertemuan- 2
Bagian
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Peserta
didik memberi salam hormat kepada guru, berdoa dan mengkondisikan diri siap
belajar dengan tertib dan penggunaan
bahasa yang santun
b.
Peserta
didik dan guru bertanya jawab berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua
teks negosiasi yang sudah didapatkan peserta didik pada pembelajaran
sebelumnya dengan kritis dan cermat
c.
Peserta
didik menyimak tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat
menguasai materi pembelajaran dengan
cermat dan tanggung jawab
d.
Peserta
didik menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran dengan cermat dan tanggung jawab
|
8 menit
|
Inti
|
Mengamati
a. Peserta didik memberi
contoh teks negosiasi yang berjudul
‘Negosiasi Karyawan dengan Wakil Perusahaan dengan teliti dan tanggung jawab.
|
10
menit
|
Menanya
b. Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab
tentang langkah-langkah memproduksi teks negosiasi (menentukan topik,
merumuskan tujuan , mengumpulkan data, membuat kerangka teks, dan
mengembangkan kerangka menjadi teks yang utuh) dengan tutur kata yang santun.
c.
Peserta
didik berdiskusi tentang cara menemukan menentukan tema,
merumuskan tujuan , mengumpulkan data, membuat kerangka teks, dan
mengembangkan kerangka menjadi teks yang utuhdengan
saling menghargai pendapat teman dengan tutur kata yang santun.
|
10 menit
|
|
Mengumpulkan
Data
d. Secara berkelompok
peserta didik mencatat langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
(menentukan topik, merumuskan tujuan , mengumpulkan data, membuat kerangka
teks, dan mengembangkan kerangka menjadi teks yang utuhdengan
jujur dan penuh tanggung jawab.
e. Peserta
didik berduskusi membahaslangkah-langkah memproduksi teks
negosiasi (menentukan topik, merumuskan tujuan , mengumpulkan data, membuat
kerangka teks, dan mengembangkan kerangka menjadi teks yang utuh
dengan tutur kata yang santun, jujur dan tanggung jawab.
|
15
menit
|
|
Mengasosiasikan
f.
Secara
individu peserta didik menyimpulkan langkah-langkah memproduksi teks negosiasi (menentukan
topik, merumuskan tujuan , mengumpulkan data, membuat kerangka teks, dan
mengembangkan kerangka menjadi teks yang utuh pada teks negosiasi yang
berjudul “Negosiasi antara Wakil karyawan
dan Wakil Perusahaan”
|
15
menit
|
|
Mengomunikasikan
g. Peserta didik secara bergantian melaporkan hasil
pekerjaannya dengan tutur kata yang
santun, dan jujur.
h. Peserta didik yang lain menanggapi hasil pekerjaann teman
pada teks negosiasi dengan tutur kata
yang santun.
|
10
menit
|
|
Penutup
|
a.
Peserta didik dan guru menyimpulkan materi yang
diajarkan tentang langkah-langkah memproduksi teks negosiasi yang dimulai
dengan menentukan tema, menyusun kerangka teks dan merangkainya menjadi
paragraf yang utuh padu dengan kritis
dan cermat
b.
Peserta didik melalukan refleksi terkait pembelajaran
yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi dengan jujur dan tanggung jawab
c.
Peserta didik mengerjakan evaluasi formatif
berkaitan langkah-langkah
memproduksi teks negosiasi.
d.
Peserta didik saling bertukar pekerjaan dan
mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
e.
Peserta didik menerima tugas pengayaan berkaitan denganlangkah-langkah
memproduksi teks.
|
12 menit
|
F.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Sikap
Spiritual
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
Lembar
Observasi
Sikap
Spiritual
No.
|
Sikap/Nilai
|
Indikator
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan YangMaha
Esa
|
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan
benar dalam memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik lisan maupun
tulisan
|
A1
|
Menggunakan
kata,istilah, atau ungkapan bahasa
Indonesia dalam mengekspresikan makna teks
negosiasi baik lisan
maupun tulis.
|
A2
|
2. Penilaian Sikap
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi
Lembar
Observasi
Sikap
Spiritual
No.
|
Sikap/
Nilai
|
Indikator
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Jujur
|
Menunjukkan perilaku tidak berbohong
pada kegiatan mengartikan
kata sulit, menemukan pesan, menyusun pesan
|
A3
|
Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan
pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
|
A4
|
||
2
|
Tanggung jawab
|
Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya
dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks negosiasi
|
A5
|
Berperilaku selalu menyelesaikan tugas dengan data atau
informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran teks negosiasi
|
A6
|
||
3
|
Santun
|
Menggunaakan pilihan kata,
ekspresi, dan gesture santun.
|
A7
|
Berperilaku yang menunjukkan sifat halus dan baik dari sudut pandang bahasa maupun tata
perilakunya ke semua orang.
|
A8
|
3. Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Soal
|
1
|
Merumuskan
persamaan struktur dua teks negosiasi
|
B1
|
2
|
Mendeskripsikan perbedaan dua teks negosiasi
|
B2
|
3
|
Menjelaskan
kaidah kebahasaan dua teks
negosiasi
|
B3
|
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian
: Unjuk Kerja
b.
Bentuk instrumen
:Produk
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Soal
|
1
|
Mendeskripsikan persamaan strktur dua teks negosiasi.
|
C1
|
2
|
Mendeskripsikan perbedaan kaidah dua
teks negosiasi
|
C2
|
3
|
Mendeskripsikan langkah-langkah (menentukan tema, merumuskan tujuan,
mengumpulkan data, menbuat kerangka
teka, dan mengembangkan kerangka teka menjadi teks yang utuh)
|
C3
|
G.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. Media : CD interaktif, LCD
2. Alat dan bahan : Teks negosiasi
3. Sumber Belajar :
Anderson, Mark dan Kathy Anderson. 2003. Text Types in English. South Yarra:
Macmillan Education Australia.
Hartono, Bambang. 2012. Dasar-dasar Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Semarang: Pustaka
Zaman.
Kemdikbud,
2013a. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik
Kelas X. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud,
2013b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kemdikbud.
Mengetahui Sirampog,
Juli 2015
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Yuniarso Amirudin,S.Pd, M.Pd Teguh
Priyono, S.Pd
NIP 19670629 199702 1 001 NIP.
LAMPIRAN
1: Bahan Ajar
Teks
Negosiasi
A.
Pemahaman
Struktur dan Kaidah Teks Negosiasi
Struktur Teks Negosiasi
Teks negosiasi merupakan interaksi
sosial yang bertujuan mencari kesepakatan bersama untuk memecahkan masalah di
antara orang -orang yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Dalam negosiasi pihak-pihak tersebutberusaha menyelesaikan perbedaan itu dengan berdialog.
Perhatikan contoh teks negosiasi berikut!
Teks 1.
NEGOSIASI ANTARA PENJUAL DAN
PEMBELI DI PASAR SENI SUKAWATI
1.
Penjual : Good morning, Mam. Selamat pagi
2.
Pembeli : Selamat pagi.
3.
Penjual : Mari, mau beli apa?
4.
Pembeli : Ada patung isnu Kencana yang dibuat dari kayu?
5.
Penjual : Ya ,ada. Di sana , yang besar atau yang kecil?
6.
Pembeli : Yang sedang saja. Yang terbuat dari kuningan ada?
7.
Penjual : Ya, ini, tidak terlalu besar. Tapi terbuat dari kayu,
yang terbuat dari kuningan habis.
8.
Pembeli : Ya, dari kau tidak apa-apa.
Patung itu sudah di tangan
pembeli dan ia mengamatinya dengan cermat.
9.
Penjual : Bagus itu Mam. Cocok untuk dipakai sendiri atau untuk
souvenir?
10. Pembeli : Saya
pakai sendiri. Harganya berapa?
11. Penjual : Tiga
ratus ribu rupiah.
12. Pembeli : Wah, mahal.
Dua ratus ribu ya?
13. Penjual : Belum boleh.
Dua ratus delapan puluh lima ribu. Ini sudah murah, Mam. Di tempat lain
lebih mahal.
14. Penjual : Tidak mau.
Kalau boleh
15. Pembeli : Dua ratus lima puluh ribu.
16. Pembeli : Belum boleh.
Naik sedikit, Mam.
17.
Penjual : Ya, sebenarnya ini belum
boleh.Tapi untuk Nyonya boleh.Mau beli apa lagi
18. Pembeli :
Tidak Itu saja. Ini uangnya.
19. Penjual :
Ya ,terima kasih
20. Pembeli :
Terima kasih, bye, bye.
21. Penjual :
Have a nice day.
Teks 2.
KESALAHPAHAMAN
1
|
Resepsionis
|
:
|
Selamat siang.
Bapak memerlukan bantuan kami?
|
||
2
|
David
|
:
|
Maaf, saya kira
telah terjadi kesalahan pada tagihan kami. Kami tidak makan malam di sini
tadi malam.
|
||
3
|
Resepsionis
|
:
|
Mohon maaf, Bapak.
Tagihan ini berasal dari restoran hotel ini. Di sini terdapat tanda tangan
Bapak.
|
||
4
|
David
|
:
|
Tetapi, itu bukan
tanda tangan saya. Saya akan berbicara dengan manajer.
|
||
5
|
Resepsionis
|
:
|
Maaf, Bapak.
Manajer sedang sibuk.
|
||
6
|
David
|
:
|
Ya, tetapi saya
harus menjelaskan persoalan ini kepada manajer Saudara.
|
||
7
|
Resepsionis
|
:
|
Maaf, Bapak. Ini
tagihan dari restoran dan tanda tangan ini adalah tanda tangan Bapak. Berarti
Bapak dan istri Bapak makan di restoran ini tadi malam.
|
||
8
|
David
|
:
|
Maaf, izinkan saya
bertemu manajer Saudara. Saya harus berbicara dengannya.
|
||
9
|
Resepsionis
|
:
|
Ya, mohon ditunggu.
|
||
Setelah David
berada di ruang manajer.
|
|||||
10
|
Manajer
|
Bapak mengajukan
keluhan tentang tagihan itu, Pak?
|
|||
11
|
David
|
Ya, saya kira telah
terjadi kesalahan tagihan untuk saya. Kami berdua tidak makan malam di
restoran hotel ini. Kami makan malam di restoran seberang jalan karena
restoran ini tadi malam penuh
Tetapi, tanda
tangan ini seperti anda tangan Bapak.
Bukan. Ini bukan
tanda tangan saya.
Coba cek sekali
lagi . Oh maaf. Saya mohon maaf. Ada orang lain lagi yang bernama David, sama
dengan nama Bapak. Beliau bersama istrinya makan malam di restoran ini
Jadi bukan Bapak.
Saya betul-betul mohon maaf. Ada orang
lain lagi yang bernama David, sama dengan nama Bapak. Beliau bersama istrinya
makan malam di restoran ini
|
|||
A.
Persamaan struktur Teks
Struktur teks 1
|
STRUKTUR TEKS
|
PARAGRAF/KALIMAT
|
1
|
orientasi
|
Kalimat 1-3
|
2
|
Permintaan
|
Kalimat 4-6
|
3
|
Pemenuhan
|
Kalimat 7-9
|
4.
|
Penawaran
|
Kalimat 10-15
|
|
Persetujuan
|
Kalimat 17
|
4.
|
Pembelian
|
Kalimat 18
|
|
Penutup
|
Kalimat19-21
|
Struktur
Teks 2
|
STRUKTUR TEKS
|
PARAGRAF/KALIMAT
|
1
|
pembuka
|
Kalimat 1
|
2
|
Isi
|
Kalimat 2-14
|
3
|
Penutup
|
Kalimat 15
|
Dari
rumusan struktur teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dengan teks
“Kesalahpahaman”dapat disimpulkan bahwa strukutur kedua teks tersebut sama
yaitu pendahuluan ^ isi ^ penutup
b.
Persamaan Kaidah Kebahasaan Teks Negosiasi
Teks
Negosiasi antara Penjual dan Pembeli dan Teks negosiasi “Kesalahpahaman”
mempunyai kaidah kebahasaan teks yang sama di antaranya sebagai berikut:
a.
Terdapat
pasangan tuturan
b.
Pemakaian
bahasa tidak baku
c.
Terpengaruh
bahasa pergaulan
d.
Pemakaian
kalimat introgatif
e.
Negosiasi
menghasilkan kesepakatan
f.
Mengahasilkan
keputusan yang saling menguntungkan
g.
Negosiasi
mengarah ke tujuan praktis
h.
Negosiasi
memprioritaskan kepentingan bersama
c. Perbedaan Struktur Teks
Walaupun secara garis besar garis
besar mempunyai struktur yang sama
antara Teks “Negosiasi antara Pejual dan Pembeli” dan teks’Kesalahpahaman”, teks yang pertama
lebih rinci, jelas, dan detail. Sedangkan teks yang kedua leb
ih singkat atau ringkas.
Lampiran 2: LEMBAR KERJA (LK)
A. LK Persamaan Struktur dan Kaidah Teks Negosiasi
LK 1 : LK Teks Negosiasi
Cermatilah teks berikut ini!
Dialog
ini berlangsung di kawasan Pasar seni Sukawati, Denpasar, Bali. Penjual barang-barang
seni adalah seorang gadis Bali asli, sedangkan pembeli adalah seorang ibu muda
dari Eropa yang bisa berbahasa Indonesia.
NEGOSIASI ANTARA PENJUAL DAN
PEMBELI DI PASAR SENI SUKAWATI
1.
Penjual : Good morning, Mam. Selamat pagi
2.
Pembeli : Selamat pagi.
3.
Penjual : Mari, mau beli apa?
4.
Pembeli : Ada patung isnu Kencana yang dibuat dari kayu?
5.
Penjual : Ya ,ada. Di sana , yang besar atau yang kecil?
6.
Pembeli : Yang sedang saja. Yang terbuat dari kuningan ada?
7.
Penjual : Ya, ini, tidak terlalu besar. Tapi terbuat dari kayu,
yang terbuat dari kuningan habis.
8.
Pembeli : Ya, dari kau tidak apa-apa.
Patung itu sudah di tangan
pembeli dan ia mengamatinya dengan cermat.
9.
Penjual : Bagus itu Mam. Cocok untuk dipakai sendiri atau untuk
souvenir?
10. Pembeli : Saya pakai
sendiri. Harganya berapa?
11. Penjual : Tiga
ratus ribu rupiah.
12. Pembeli : Wah, mahal.
Dua ratus ribu ya?
13. Penjual : Belum boleh.
Dua ratus delapan puluh lima ribu. Ini sudah murah, Mam. Di tempat lain
lebih mahal.
14. Penjual : Tidak mau.
Kalau boleh
15. Pembeli : Dua ratus lima puluh ribu.
16. Pembeli : Belum boleh.
Naik sedikit, Mam.
17.
Penjual : Ya, sebenarnya ini belum
boleh.Tapi untuk Nyonya boleh.Mau beli apa lagi
18. Pembeli :
Tidak Itu saja. Ini uangnya.
19. Penjual :
Ya ,terima kasih
20. Pembeli :
Terima kasih, bye, bye.
21. Penjual :
Have a nice day.
Teks 2.
KESALAHPAHAMAN
1
|
Resepsionis
|
:
|
Selamat siang.
Bapak memerlukan bantuan kami?
|
||
2
|
David
|
:
|
Maaf, saya kira
telah terjadi kesalahan pada tagihan kami. Kami tidak makan malam di sini
tadi malam.
|
||
3
|
Resepsionis
|
:
|
Mohon maaf, Bapak.
Tagihan ini berasal dari restoran hotel ini. Di sini terdapat tanda tangan
Bapak.
|
||
4
|
David
|
:
|
Tetapi, itu bukan
tanda tangan saya. Saya akan berbicara dengan manajer.
|
||
5
|
Resepsionis
|
:
|
Maaf, Bapak.
Manajer sedang sibuk.
|
||
6
|
David
|
:
|
Ya, tetapi saya
harus menjelaskan persoalan ini kepada manajer Saudara.
|
||
7
|
Resepsionis
|
:
|
Maaf, Bapak. Ini
tagihan dari restoran dan tanda tangan ini adalah tanda tangan Bapak. Berarti
Bapak dan istri Bapak makan di restoran ini tadi malam.
|
||
8
|
David
|
:
|
Maaf, izinkan saya
bertemu manajer Saudara. Saya harus berbicara dengannya.
|
||
9
|
Resepsionis
|
:
|
Ya, mohon ditunggu.
|
||
Setelah David
berada di ruang manajer.
|
|||||
10
|
Manajer
|
Bapak mengajukan
keluhan tentang tagihan itu, Pak?
|
|||
11
|
David
|
Ya, saya kira telah
terjadi kesalahan tagihan untuk saya. Kami berdua tidak makan malam di
restoran hotel ini. Kami makan malam di restoran seberang jalan karena
restoran ini tadi malam penuh
Tetapi, tanda
tangan ini seperti anda tangan Bapak.
Bukan. Ini bukan
tanda tangan saya.
Coba cek sekali
lagi . Oh maaf. Saya mohon maaf. Ada orang lain lagi yang bernama David, sama
dengan nama Bapak. Beliau bersama istrinya makan malam di restoran ini
Jadi bukan Bapak.
Saya betul-betul mohon maaf. Ada orang
lain lagi yang bernama David, sama dengan nama Bapak. Beliau bersama istrinya
makan malam di restoran ini
|
|||
Diolah dari sumber http:
www.slideshare.net.rendahnya minat baca
Jawablah
pertanyaan- pertanyaan berikut untuk mengetahui pemahaman kalian tentang teks
negosiasi!
1.
Jelaskan
persamaan struktur teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dengan teks “Kesalahpahaman!
2.
Jelaskan persamaan kaidah teks “Negosiasi antara
Penjual dan Pembeli” dengan teks “Kesalahpahaman!
3.
Jelaskan
perbedaan struktur teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dengan teks
“Kesalahpahaman!
LK
2 : LK Struktur Teks Negosiasi
Deskripsikan
struktur teks negosiasi dengan data yang mendukung (kalimat
atau bagian paragraf)!
NO
|
STRUKTUR TEKS
|
PARAGRAF/KALIMAT
|
1
|
Pembuka
|
………………………………………………………..
|
2
|
Isi
|
………………………………………………………..
|
3
|
Penutup
|
………………………………………………………..
|
LK
3 : LK Kaidah Kebahasaan Teks Negosiasi
Deskripsikan
kaidahkebahasaan teks negosiasi dengan data yang mendukung (kalimat
atau bagian paragraf)!
NO
|
KEBAHASAAN
|
PARAGRAF/KALIMAT
|
1
|
Pasangan tuturan
|
………………………………………………………..
|
2
|
Pemakaian bahasa-tidak baku
|
………………………………………………………..
|
3
|
Pemakaian bahasa pergaulan
|
………………………………………………………..
|
4.
|
|
|
Teks
2
1
|
Pasangan tuturan
|
………………………………………………………..
|
2
|
Pemakaian bahasa
tidak baku
|
………………………………………………………..
|
3
|
Bahasa pergaulan
|
………………………………………………………..
|
Simpulan:.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
LK
3 :
Lampiran 3: INSTRUMEN
PENILAIAN
1. Sikap Spiritual
LEMBAR OBSERVASI
SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila secara terus menerus
melakukan aspek yang diamati
3 = sering, apabila cenderung lebih banyak
melakukan aspek yang diamati
2 = kadang-kadang, apabila cenderung lebih
sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
aspek yang diamati
Nama Peserta Didik : ...
Kelas : ...
Tanggal Pengamatan : ...
Materi Pokok : ...
No.
|
Sikap/Nilai
yang Diamati
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran teks negosiasi
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
syukur atas karunia Tuhan sebagai tanda telah dipermudah mendapatkan
informasi pembelajaran teks negosiasi dengan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi dengan bahasa yang baik dan benar.
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan melalui isi teks negosiasi dengan kata, istilah, dan ungkapan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan melalui isi
teks negosiasi
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
Keterangan:
1
: Kurang
1
: Cukup
2
: Baik
3
: Baik
Sekali
2. Sikap
Sosial
a. Jujur
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi
Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
Petunjuk :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sebagai
peserta didik melakukan tugas-tugas
dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Bekerja
sama dalam kelompok
|
|
|
|
|
3
|
Menuduh
orang lain tanpa bukti
|
|
|
|
|
4
|
Mau
mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Berani
meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain
|
|
|
|
|
b.
Sikap Tanggung Jawab
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi
Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
Petunjuk :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sebagai
peserta didik melakukan tugas-tugas
dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Bekerja
sama dalam kelompok
|
|
|
|
|
3
|
Menuduh
orang lain tanpa bukti
|
|
|
|
|
4
|
Mau
mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Berani
meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain
|
|
|
|
|
c. Sikap Santun
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi
Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
PETUNJUK PENGISIAN:
STS
: Jika kamu sangat tidak setuju dengan
pernyataan
tersebut
TS : Jika kamu tidak setuju dengan
pernyataan tersebut
S : Jika kamu setuju dengan pernyataan
tersebut
SS : Jika kamu sangat setuju dengan
pernyataan tersebut
No.
|
Pernyataan
|
Penilaian
|
|||
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
||
1
|
Menghormati
orang yang lebih tua dan menyayangi sesama teman
|
|
|
|
|
2
|
Tidak
berkata kata kotor, kasar dan takabur
|
|
|
|
|
3
|
Tidak
menyela pembicaraan orang
|
|
|
|
|
4
|
Mengucapkan
terima kasih saat menerima bantuan dari orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Tersenyum,
menyapa, memberi salam kepada orang yang ada di sekitar
|
|
|
|
|
Keterangan:
·
1 untuk sangat tidak
setuju (STS),
·
2 untuk tidak setuju
(TS), ,
·
3 untuk setuju (S),
·
4 untuk sangat setuju
(SS).
REKAPITUASI
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :...........................................................
Kelas/Semester :...........................................................
Tahun Pelajaran :...........................................................
Waktu Pengamatan :
..........................................................
Indikator
perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras
1.
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas
2.
MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.
MB (mulai
berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan check list (√)
pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Peserta didik
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JURNAL
CATATAN GURU
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
1.
Tulislah
kelas dari peserta didik yang diamati.
2.
Tulislah hari/tanggal
pengamatan.
3.
Tulislah identitas peserta didik yang diamati
4.
Deskripsikan
kejadian-kejadian yang dialami oleh peserta didik, baik yang merupakan kekuatan peserta
didik maupun kelemahan peserta
didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Sikap Spiritual dan/atau Sikap
Sosial.
5.
Tulislah dengan segera kejadian yang diamati.
Kelas : ...
No.
|
Hari/ Tanggal
|
Nama Peserta Didik
|
Kejadian
|
|
|
|
|
3. PENGETAHUAN
TES URAIAN
Petunjuk
1. Baca secara cermat teks negosiasi berikut!
2. Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut!
a.
Berdasarkan
teks negosiasi yang diberikan, jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut untuk
mengetahui pemahaman kalian tentang teks negosiasi!
b.Berdasarkan teks negosiasi yang
diberikan, jelaskan struktur teks negosiasi
dengan data yang mendukung (kalimat atau bagianparagraf)!
c. Berdasarkan teks negosiasi, identifikasi unsur kebahasaan teks negosiasi dengan data yang mendukung (kalimat
atau bagianparagraf)!
No.
|
Aspek
dan Kriteria
|
Skor
|
a.
|
Merumuskan pengertian teks
negosiasi
1.
Minat
baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan
2.
karena
pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi di
berbagai media
3.
Karena
dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan
4.
sarana
buku di berbagai perpustakaan jumlahnya harus banyak dan buku-buku itu harus
bervariasi sehingga anak-anak dan orang dewasa berminat membaca
5.
karena
dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan. Oleh sebab itu,
membaca dapat memperbaiki kehidupan
6.
Meningkat
kan minat baca dan memberantas buta aksara
7.
Paragraf
2
8.
usaha
peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung
terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat
9.
Paragraf
3
10. teks
negosiasi adalah teks yang memaparkan
dan mempengaruhi audience (pendengar atau pembaca) bahwa ada masalah
yang tentunya perlu mendapat perhatian.
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
|
Total Skor
=
|
10
|
No.
|
Aspek
dan Kriteria
|
Skor
|
b.
|
Struktur Teks
1. Struktur teks negosiasi (tesis,
argumentasi, dan penegasan ulang) dan
data yang mendukung lengkap
2. Struktur teks negosiasi (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang)
dengan data yang mendukung kurang
lengkap
3. Struktur teks negosiasi (tesis,
argumentasi, dan penegasan ulang)
dengan data yang mendukung tidak lengkap
|
3
2
1
|
|
Total Skor
=
|
9
|
No.
|
Aspek
dan Kriteria
|
Skor
|
c.
|
Unsur Kebahasaan
1.
Unsur
kebahasaan dan data (kalimat tunggal, Kalimat majemuk,
konjungsi) mendukung atau sesuai
2.
Unsur
kebahasaan dan data (kalimat tunggal, Kalimat majemuk,
konjungsi) kurang mendukung atau kurang sesuai
3.
Unsur
kebahasaan dan data (kalimat tunggal, Kalimat majemuk,
konjungsi) tidak mendukung atau tidak
sesuai
|
3
2
1
|
|
Total Skor
=
|
9
|
KUNCI JAWABAN TES PENGETAHUAN
a.
|
|
Soal
|
Paragraf/Kalimat
|
|
|
1
|
Minat
baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan
|
|
|
2
|
karena
pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi di
berbagai media
|
|
|
3
|
Karena
dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan
|
|
|
4
|
sarana
buku di berbagai perpustakaan jumlahnya harus banyak dan buku-buku itu harus
bervariasi sehingga anak-anak dan orang dewasa berminat membaca
|
|
|
5
|
karena
dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan. Oleh sebab itu,
membaca dapat memperbaiki kehidupan
|
|
|
6
|
Meningkat
kan minat baca dan memberantas buta aksara
|
|
|
7
|
Paragraf
2
|
|
|
8
|
usaha
peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung
terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat
|
|
|
9
|
Paragraf
3
|
|
|
10
|
teks negosiasi adalah teks yang memaparkan dan mempengaruhi audience (pendengar
atau pembaca) bahwa ada masalah yang tentunya perlu mendapat perhatian.
|
b.
|
|
Struktur Teks
|
Paragraf/Kalimat
|
|
|
Tesis/Pembukaan
|
Paragraf
1
|
|
|
Argumentasi/Isi
|
Paragraf
3
|
|
|
Penegasan
Ulang
|
Paragraf
3
|
Catatan:
kalimat disesuaikan dengan teks
c.
|
|
Unsur Kebahasaan
|
Kalimat
|
|
|
Kalimat tunggal
|
Kalimat yang terdiri dari satu subjek, predikat
dan objek atau keterangan (jika ada)
|
|
|
Kalimat
majemuk
|
Kalimat yang terdiri dari satu subjek
atau lebih, dua predikat atau lebih dan objek atau keterangan (jika ada)
serta adanya konjungsi
|
|
|
Konjungsi
|
dan,
sehingga, dalam, dll
|
|
4. PENILAIAN
HASIL KETRAMPILAN
SOAL KETRAMPILAN
Petunjuk
a.
Bacalah
dengan cermat teks berjudul Peningkatan Minat Baca dan Pemberantasan Buta
Huruf”!
b.
Setelah
itu, Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1)
Interpretasilah
kata-kata yang sulit pada teks negosiasi yang berjudul “Peningkatan Minat Baca
dan Pemberantasan Buta Huruf”!
2)
Temukanlah
makna pada bagian teks negosiasi yang berjudul “Peningkatan Minat Baca dan
Pemberantasan Buta Huruf”! (tesis/pernyataan pendapat, argumen, dan penegasan
ulang penutup)
3)
Setelah
menginterpretsikan makna teks yang berjudul Remaja dan Pendidikan Karakter”,
kembangkanlah menjadi paragraf utuh dengan memperhatikan ejaan, pilihan kata, kalimat efektif!
Rubrik Penilaian Ketrampilan
Memaknai Teks Negosiasi
No
|
Aspek yang Diamati
|
Rincian
|
Skor
|
1.
|
Interpretasilah
kata-kata yang sulit pada teks negosiasi yang berjudul Remaja dan Pendidikan Karakter!
|
a. Memaknai semua
kata/istilah dengan tepat
b. Memaknai semua
kata/istilah kurang tepat
c. Memaknai semua
kata/istilah tetapi tidak tepat
|
10
5
3
|
2.
|
Carilah makna/pesan
pada teks negosiasi dengan menemukan ide pokok pada tiap-tiap paragraf
|
a. Menangkap
makna/pesan pada paragraf dengan tepat
b. Menangkap
makna/pesan pada paragraf kurang tepat
c. Menangkap
makna/pesan pada paragraf tidak tepat
|
10
5
3
|
3.
|
Pengembangan
paragraf
Setelah
menginterpretsikan makna, kembangkan menjadi paragraf utuh dengan
memperhatikan ejaan, pilihan kata,
kalimat efektif, dll
|
a. Membangkan menjadi paragraf
dengan utuh memperhatikan ejaan, pilihan kata, kalimat efektif
b. Membangkan menjadi paragraf
dengan kurang utuh memperhatikan ejaan, pilihan kata, kalimat efektif
c. Membangkan menjadi paragraf
dengan tidak utuh memperhatikan ejaan, pilihan kata, kalimat efektif
|
10
5
3
|
Jumlah Skor
=
|
30
|
KUNCI JAWABAN
1) Interpretasilah kata-kata
yang sulit pada teks negosiasi yang berjudul “Peningkatan Minat Baca dan
Pemberantasan Buta Huruf”
No
|
Kata
Sulit
|
Arti
|
1
|
Teknologi
|
metode ilmiah untuk
mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana
untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan
kenyamanan hidup manusia
|
2
|
Statistik
|
data yg berupa angka
yg dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi
informasi yg berarti mengenai suatu masalah atau gejala
|
3
|
Bervariasi
|
bentuk yang lain,
yang berbeda bentuk (rupa)
|
4
|
Taraf
|
Tingkatan, derajat/ mutu (dalam arti tinggi rendahnya,
baik buruknya, dsb)
|
2) Makna pada bagian teks
negosiasi yang berjudul “Peningkatan Minat Baca dan Pemberantasan Buta Huruf”!
(tesis/pernyataan pendapat, argumen, dan penegasan ulang penutup).
No
|
Paragraf
|
Interprestasi
Makna
|
1
|
Pertama
(Tesis/Pernyataan pendapat)
|
Minat baca masyarakat Indonesia
harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas.
|
2
|
Kedua (Argumen/Isi)
|
Upaya itu dilakukan
karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih rendah.
|
3
|
Ketiga (Penegasan
Ulang/Penutup)
|
Untuk itu, usaha
peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung
terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat.
|
Simpulan:
Minat
baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus
diberantas. Peningkatan minat baca perlu dilakukan karena pada masa
perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi di berbagai
media.
Upaya itu dilakukan karena kita tahu bahwa
minat baca masyarakat masih rendah. Untuk itu, usaha peningkatkan minat baca
dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung terus sehingga taraf hidup
masyarakat akan meningkat.
|
c. Paragraf utuh dengan
memperhatikan ejaan, pilihan kata,
kalimat efektif.
Minat baca
masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas.
Upaya itu dilakukan karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih rendah.
Menurut Badan Pusat Statistik Republik Indonesia pada tahun 2011, penduduk
Indonesia yang berumur 10 tahun ke atas yang buta aksara sekitar 17,89 persen
dan jumlah tertinggi di Papua sekitar 40,59 persen. Di samping itu, sarana buku
di berbagai perpustakaan masih kurang jumlahnya dan buku-buku itu kurang
bervariasi sehingga anak-anak kurang berminat membaca.
Pengetahuan akan
diperoleh dengan membaca buku. Oleh sebab itu, membaca dapat memperbaiki
kehidupan Untuk itu, usaha peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta
aksara ini perlu didukung terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar