KLIK DISINI

pasang iklan

Selasa, 22 Mei 2012

TIPS MENCARI TEMPAT KULIAH


Ada orang bertanya kepada saya, begini
“Iqbal mau lanjut kuliah kemana?”
Saya bingung mau jawab apa. sebagian orang pasti akan mengalami kebingungan jika ditanya soal itu………..
Memilih tempat kuliah tidak semudah memilih sekolah tingkat sebelumnya. SD, SMP, SMA, saat itu orang tua masih berperan besar menentukan dimana kita akan belajar. Memilih tempat kuliah sama halnya memilih jalan hidup. dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mempertimbangkannya, bukan hanya pertimbangan orang tua saja, kita juga ikut berperan didalamnya untuk menemukan yang terbaik.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Minat
Sebenarnya bukan hanya minat, bakat juga harus dilibatkan. jika minat kita memang benar disana dan bakat juga mendukung bukan karena ikut-ikutan trend memilih jurusan tertentu, kegiatan perkuliahan akan berjalan menyenangkan. Kebanyakan orang sekarang memilih jurusan/universitas karena jurusan itu favorit. padahal bukan minat dia yang sebenarnya. jadi, pilihlah jurusan sesuai minat masing-masing jangan ikut-ikutan. ingat, setiap orang memiliki minat dan bakat berbeda-beda.
2. keluarga
Ada sebagian keluarga yang punya tradisi kuliah di perguruan tinggi tertentu atau jurusan tertentu. jika pilihan memang sudah sesuai tidak apa-apa. jika tidak? dengarkan dulu mereka. orang tua lebih tau, dalam berpikir pun mereka selangkah lebih kedepan, lebih hati-hati, dan ingat! restu kita ada di tangan mereka. kecuali jika mereka sudah menjuruskan kita ke tempat yang benar-benar tidak kita minati bahkan kita tidak punya bakat disana.

3. Gengsi
Menjadi mahasiswa di jurusan favorit dan universitas favorit walaupun jurusan tidak cocok yang penting bisa kuliah disana. sebagian mungkin ada yang berpikir seperti itu. setiap jurusan berbeda, setiap perguruan tinggi berbeda, punya keunggulan masing-masing. gengsi itu nomor sekian, asal punya minat, niat, bakat, dan kita bersungguh-sungguh, di perguruan tinggi yang biasa pun kita akan jadi luar biasa.
4. keuangan
Sebelum memilih jurusan/universitas sebaiknya kita lihat dulu berapa biaya pendidikannya secara rinci, per semesternya kalau perlu hitung jumlah biaya selama masa pendidikan. Di perguruan tinggi banyak sekali tersedia beasiswa, asal kita bisa memanfaatkannya masalah keuangan bisa teratasi. Selain biaya pendidikan, biaya hidup juga jangan lupa diperhitungkan.


5. Jarak
Untuk sekarang jarak tidak lagi jadi masalah, sejauh apapun tempat kuliah, luar kota, luar pulau, ataupun luar negeri sudah bisa diatasi. sudah berbagai macam alat transportasi yang tersedia. pilih tempat kuliah yang sedang sedang saja, tidak terlalu jauh tapi tidak terlalu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar