RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMA N 1 Sirampog
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Tahun
Pelajaran
|
:
|
2018 - 2019
|
Materi
Pokok
|
:
|
Teks Ceramah
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 Minggu x 4
Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A. Kompetensi Inti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI
3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5. Mengidentifikasi
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5. Menyusun
bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan
dalam ceramah
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.5.1. Menentukanunsur-unsur
ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
3.5.2. Menulis kerangka
teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi,
kebahasaan, dan topik teks ceramah.
|
4.5.1. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
|
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6. Menganalisis isi,
struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6. Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.6.1. Menggali isi,
struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
3.6.2. Menyusun kembali
teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur.
|
4.6.1. Menyampaikan teks
ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan memperhatikan teknik
cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa
tubuh) yang baik dan sesuai.
4.6.2. Mengomentari dan
memperbaiki cermah temannya.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan
belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :
1.
Menghayati dan
mengamalkan materi Teks
Ceramahsebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menguasai materi
Teks Ceramahdengan
menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong),
kerja sama, toleran, damai), santun, responsive, dan pro-aktif sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian materi Teks Ceramahyang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari materi Teks
Ceramahyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
D. Materi
Pembelajaran
Fakta
Topik : Isi
Ceramah
Konsep
Unsur Kebahasaan
Prinsip
Fungsi Sosial
Teknik orasi
Ceramah
Prosedur
Sturktur
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning
(Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media
Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT
dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø
Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
Ø
Buku penunjang kurikulum 2013 mata
pelajaran Bahasa IndonesiaKelas
XI Kemendikbud, tahun 2013
Ø
Pengalaman peserta didik dan guru
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Ø
http://www.nenghepi.com/2011/09/soal-bahasa-indonesia-pidato-proposal.html
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1
Materi : Teks Ceramah
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : konjungsi dalam teks eksplanasi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks ceramah
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah
Ø
pemberian
contoh-contoh materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
lingkungan
pemberian
materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks ceramah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian,
mencari informasi. .
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramahyang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah?
Ø
Terdiri
dari apakah unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah tersebut?
Ø
Seperti
apakah unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah tersebut?
Ø
Bagaimana
unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah?
Ø
Bagaimanakah
materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah itu berperan dalam
kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi
unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur kebahasaan dalam
teks ceramah yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah yang tekah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur kebahasaan
dalam teks ceramah
mencatat semua informasi tentang materi
unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks ceramah dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks
ceramahyang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramahyang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks
ceramah
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur kebahasaan dalam teks
ceramah, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramahberupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur
kebahasaan dalam teks ceramah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks ceramahdan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks
ceramahyang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur
kebahasaan dalam teks ceramah
- Menjawab pertanyaan tentang unsur-unsur kebahasaan dalam teks
ceramahyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramahyang akan selesai
dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks ceramahyang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur kebahasaan dalam teks
ceramahyang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran unsur-unsur kebahasaan
dalam teks ceramah yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran unsur-unsur kebahasaan
dalam teks ceramah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran unsur-unsur
kebahasaan dalam teks ceramah
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran unsur-unsur kebahasaan
dalam teks ceramahkepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama
pembelajaran unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 2
Materi : Teks Ceramah
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : unsur-unsur kebahasaan dalam teks ceramah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi dalam teks ceramah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi isi
dalam teks ceramah
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi isi dalam teks ceramah
Ø
pemberian
contoh-contoh materi isi dalam teks ceramah untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi isi dalam teks ceramah dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi isi dalam teks ceramah oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi isi
dalam teks ceramah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi. .
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi isi dalam teks ceramahyang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan isi dalam teks ceramah?
Ø
Terdiri
dari apakah isi dalam teks ceramah
tersebut?
Ø
Seperti
apakah isi dalam teks ceramah tersebut?
Ø
Bagaimana
isi dalam teks ceramah itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi isi dalam teks ceramah?
Ø
Bagaimanakah
materi isi dalam teks ceramah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi dalam
teks ceramah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
isi dalam teks ceramah yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi dalam teks ceramah yang
sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi isi dalam teks ceramah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi isi dalam teks ceramah
mencatat semua informasi tentang materi
isi dalam teks ceramah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
isi dalam teks ceramah sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi isi
dalam teks ceramah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi isi dalam teks ceramah yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi isi dalam teks ceramah yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi isi dalam teks ceramah
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : isi dalam teks ceramah, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi dalam teks ceramahberupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : isi
dalam teks ceramah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi isi dalam teks
ceramahdan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi isi dalam teks ceramahyang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi
dalam teks ceramah
- Menjawab pertanyaan tentang isi dalam teks ceramahyang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi dalam teks ceramahyang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi
dalam teks ceramahyang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran isi dalam teks ceramahyang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran isi dalam teks ceramah
yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran isi dalam teks ceramah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran isi dalam
teks ceramah
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran isi dalam teks ceramahkepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama
pembelajaran isi dalam teks ceramah berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 3
Materi : Teks Ceramah
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : isi dalam teks ceramah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi struktur teks ceramah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi struktur
teks ceramah
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi struktur teks ceramah
Ø
pemberian
contoh-contoh materi struktur teks ceramah untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi struktur teks ceramah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi struktur teks ceramah oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi struktur
teks ceramah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi struktur teks ceramahyang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan struktur teks ceramah?
Ø
Terdiri
dari apakah struktur teks ceramah
tersebut?
Ø
Seperti
apakah struktur teks ceramah tersebut?
Ø
Bagaimana
struktur teks ceramah itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi struktur teks ceramah?
Ø
Bagaimanakah
materi struktur teks ceramah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi struktur
teks ceramah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
struktur teks ceramah yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi struktur teks ceramah yang
sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi struktur teks ceramah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi struktur teks ceramah
mencatat semua informasi tentang materi
struktur teks ceramah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
struktur teks ceramah sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi struktur
teks ceramah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi struktur teks ceramahyang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi struktur teks ceramahyang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi struktur teks ceramah
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : struktur teks ceramah, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi struktur teks ceramahberupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : struktur
teks ceramah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi struktur teks
ceramahdan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi struktur teks ceramahyang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang struktur
teks ceramah
- Menjawab pertanyaan tentang struktur teks ceramahyang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi struktur teks ceramahyang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi struktur
teks ceramahyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran struktur teks ceramahyang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran struktur teks ceramah
yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran struktur teks ceramah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran struktur
teks ceramah
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran struktur teks ceramahkepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama
pembelajaran struktur teks ceramah berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 4
Materi : Teks Ceramah
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : struktur teks ceramah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi teknik orasi dalam ceramah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi teknik
orasi dalam ceramah
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi teknik orasi dalam ceramah
Ø
pemberian
contoh-contoh materi teknik orasi dalam ceramah untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi teknik orasi dalam ceramah dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi teknik orasi dalam ceramah oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi teknik
orasi dalam ceramah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi. .
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi teknik orasi dalam ceramahyang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan teknik orasi dalam ceramah?
Ø
Terdiri
dari apakah teknik orasi dalam ceramah
tersebut?
Ø
Seperti
apakah teknik orasi dalam ceramah tersebut?
Ø
Bagaimana
teknik orasi dalam ceramah itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi teknik orasi dalam ceramah?
Ø
Bagaimanakah
materi teknik orasi dalam ceramah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari
dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi teknik
orasi dalam ceramah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
teknik orasi dalam ceramah yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi teknik orasi dalam ceramah
yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi teknik orasi dalam ceramah yang tekah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi teknik orasi dalam ceramah
mencatat semua informasi tentang materi
teknik orasi dalam ceramah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
teknik orasi dalam ceramah sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi teknik
orasi dalam ceramah dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi teknik orasi dalam ceramahyang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi teknik orasi dalam ceramahyang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi teknik orasi dalam ceramah
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : teknik orasi dalam ceramah, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi teknik orasi dalam ceramahberupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : teknik
orasi dalam ceramah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi teknik orasi
dalam ceramahdan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi teknik orasi dalam ceramahyang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang teknik
orasi dalam ceramah
- Menjawab pertanyaan tentang teknik orasi dalam ceramahyang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi teknik orasi dalam ceramahyang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi teknik
orasi dalam ceramahyang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran teknik orasi dalam ceramahyang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran teknik orasi dalam
ceramah yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran teknik orasi dalam
ceramah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi
pelajaran teknik orasi dalam
ceramah
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran teknik orasi dalam
ceramahkepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN
:
|
Selama
pembelajaran teknik orasi dalam ceramah berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang
Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta
kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan
berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
I.
Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama
Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
Positif
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
Nama Peserta Didik :
…………...........................................……..
Kelas :
…………...........................................……..
Aspek yang diamati :
…………...........................................……..
No
|
Hari/tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan /
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
….
|
|
|
|
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik
(SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi
terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek
Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah
mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan
untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen
penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat
Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) =
Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal
(100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi
diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan
masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat
Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan,
PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Sirampog, 18 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA N 1 Sirampog Guru
Mata Pelajaran
Yuniarso
Amirudin, S.Pd, M.Si Teguh
Priyono, S.Pd
NIP
196903281991011002 NIP -
Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
BalasHapusmampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-q
~domino99
~poker
~bandar66
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217