RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMA N 1 Sirampog
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Tahun
Pelajaran
|
:
|
2018 - 2019
|
Materi
Pokok
|
:
|
Buku Fiksi
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
4 Minggu x 4
Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A. Kompetensi Inti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI
3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11. Menganalisis pesan
dari satu buku fiksi yang dibaca
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11. Menyusun ulasan
terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.11.1. Mengidentifikasi
dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
3.11.2. Menyusun ulasan
buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku
fiksi yang dibaca.
|
4.11.1. Mempresentasikan,
memberitanggapan dan memperbaiki hasil
kerja dalam diskusi kelas.
|
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.19.
3.20. Menganalisis pesan
dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
4.17.
4.18.
4.19.
4.20. Menyusun ulasan
terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi
kekinian
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.19.
3.20.
3.20.1. Mengidentifikasi
pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.
3.20.2. Menyusun
ulasan terhadap pesan dari dua buku
fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang.
|
4.20.1. Mempresentasikan,
menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan
belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :
1.
Menghayati dan
mengamalkan materi buku fiksi sebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menguasai materi
buku fiksi dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong), kerja sama, toleran, damai), santun, responsive, dan pro-aktif
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian materi buku fiksi yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari materi buku fiksi yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
D. Materi
Pembelajaran
Fakta
·
Topik : Buku
Fiksi
·
Isi Buku Fiksi
Konsep
Unsur
Kebahasaan
·
Fiksi
·
Unsur-unsur
novel atau kumpulan puisi
Prinsip
Fungsi
Sosial
·
bagian-bagian
dalam buku fiksi; dan
Prosedur
Sturktur
·
Mengulas buku
fiksi.
·
Ulasan terhadap
novel atau kumpulan puisi
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning
(Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media
Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT
dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø
Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
Ø
Buku penunjang kurikulum 2013 mata
pelajaran Bahasa IndonesiaKelas
XI Kemendikbud, tahun 2013
Ø
Pengalaman peserta didik dan guru
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Ø
http://charis7512.blogspot.co.id/2014/04/contoh-soal-try-out-mata-pelajaran.html
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1
Materi : Buku Fiksi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :Merekonstruksi cerpen.
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi buku fiksi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi isi
buku fiksi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi isi buku fiksi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi isi buku fiksi untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi isi buku fiksi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi isi buku fiksi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi isi
buku fiksi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi isi buku fiksi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan isi buku fiksi?
Ø
Terdiri
dari apakah isi buku fiksi tersebut?
Ø
Seperti
apakah isi buku fiksi tersebut?
Ø
Bagaimana
isi buku fiksi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi isi buku fiksi?
Ø
Bagaimanakah
materi isi buku fiksi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir
masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi buku
fiksi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi
yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
isi buku fiksi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi buku fiksi yang sedang
dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi isi buku fiksi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi isi buku fiksi
mencatat semua informasi tentang materi
isi buku fiksi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
isi buku fiksi sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi isi
buku fiksi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi isi buku fiksi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi isi buku fiksi yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi isi buku fiksi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : isi buku fiksi, antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi buku fiksi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : isi
buku fiksi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi isi buku fiksi dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi isi buku fiksi yang dilakukan
dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi
buku fiksi
- Menjawab pertanyaan tentang isi buku fiksi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi buku fiksi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi
buku fiksi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran isi buku fiksi yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran isi buku fiksi yang
baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran isi buku fiksi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran isi buku
fiksi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran isi buku fiksi kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran isi buku fiksi
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia,
bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan
bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang
sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 2
Materi : Buku Fiksi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : isi buku fiksi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi bagian-bagian dalam buku fiksi;
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi bagian-bagian
dalam buku fiksi;
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi bagian-bagian dalam buku fiksi;
Ø
pemberian
contoh-contoh materi bagian-bagian dalam buku fiksi; untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi bagian-bagian dalam buku fiksi; dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi bagian-bagian dalam buku fiksi; oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi bagian-bagian
dalam buku fiksi;, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi bagian-bagian dalam buku fiksi; yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan bagian-bagian dalam buku fiksi;?
Ø
Terdiri
dari apakah bagian-bagian dalam buku fiksi;
tersebut?
Ø
Seperti
apakah bagian-bagian dalam buku fiksi; tersebut?
Ø
Bagaimana
bagian-bagian dalam buku fiksi; itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi bagian-bagian dalam buku fiksi;?
Ø
Bagaimanakah
materi bagian-bagian dalam buku fiksi; itu berperan dalam kehidupan
sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi
bagian-bagian dalam buku fiksi; yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
bagian-bagian dalam buku fiksi; yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi bagian-bagian dalam buku
fiksi; yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi
bagian-bagian dalam buku fiksi; yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi bagian-bagian dalam buku
fiksi;
mencatat semua informasi tentang materi
bagian-bagian dalam buku fiksi; yang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
bagian-bagian dalam buku fiksi; sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi bagian-bagian
dalam buku fiksi; dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi bagian-bagian dalam buku fiksi; yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi bagian-bagian dalam buku fiksi; yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi bagian-bagian dalam buku fiksi;
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : bagian-bagian dalam buku fiksi;, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi bagian-bagian dalam buku fiksi; berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : bagian-bagian
dalam buku fiksi;
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi bagian-bagian
dalam buku fiksi; dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi bagian-bagian dalam buku fiksi; yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
bagian-bagian dalam buku
fiksi;
- Menjawab pertanyaan tentang bagian-bagian dalam buku fiksi; yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi bagian-bagian dalam buku fiksi; yang akan selesai
dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi bagian-bagian
dalam buku fiksi; yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran bagian-bagian dalam buku fiksi; yang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran bagian-bagian dalam
buku fiksi; yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran bagian-bagian dalam
buku fiksi;.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran bagian-bagian
dalam buku fiksi;
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran bagian-bagian dalam
buku fiksi; kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran bagian-bagian
dalam buku fiksi; berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 3
Materi : Buku Fiksi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : bagian-bagian dalam buku fiksi;
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang materi ulasan
terhadap buku fiksi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi ulasan
terhadap buku fiksi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi ulasan terhadap buku fiksi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi ulasan terhadap buku fiksi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi ulasan terhadap buku fiksi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi ulasan terhadap buku fiksi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi ulasan
terhadap buku fiksi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi ulasan terhadap buku fiksi yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan ulasan terhadap buku fiksi?
Ø
Terdiri
dari apakah ulasan terhadap buku fiksi
tersebut?
Ø
Seperti
apakah ulasan terhadap buku fiksi tersebut?
Ø
Bagaimana
ulasan terhadap buku fiksi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi ulasan terhadap buku fiksi?
Ø
Bagaimanakah
materi ulasan terhadap buku fiksi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari
dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi ulasan
terhadap buku fiksi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
ulasan terhadap buku fiksi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi ulasan terhadap buku fiksi
yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi ulasan terhadap buku fiksi yang tekah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi ulasan terhadap buku fiksi
mencatat semua informasi tentang materi
ulasan terhadap buku fiksi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi ulasan
terhadap buku fiksi sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi ulasan
terhadap buku fiksi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi ulasan terhadap buku fiksi yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi ulasan terhadap buku fiksi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi ulasan terhadap buku fiksi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : ulasan terhadap buku fiksi, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi ulasan terhadap buku fiksi berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : ulasan
terhadap buku fiksi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi ulasan terhadap
buku fiksi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi ulasan terhadap buku fiksi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang ulasan
terhadap buku fiksi
- Menjawab pertanyaan tentang ulasan terhadap buku fiksi yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi ulasan terhadap buku fiksi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi ulasan
terhadap buku fiksi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran ulasan terhadap buku fiksi yang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran ulasan terhadap buku
fiksi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran ulasan terhadap buku
fiksi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran ulasan
terhadap buku fiksi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran ulasan terhadap buku
fiksi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran ulasan terhadap
buku fiksi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan
keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama
manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 4
Materi : Buku Fiksi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : ulasan terhadap buku fiksi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
lingkungan
pemberian
materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi, untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi?
Ø
Terdiri
dari apakah Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi tersebut?
Ø
Seperti
apakah Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi tersebut?
Ø
Bagaimana
Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi?
Ø
Bagaimanakah
materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi itu berperan dalam
kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Ulasan terhadap novel atau
kumpulan puisi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang tekah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Ulasan terhadap novel atau
kumpulan puisi
mencatat semua informasi tentang materi
Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Ulasan terhadap
novel atau kumpulan puisi dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi
- Menjawab pertanyaan tentang Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang akan
selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran Ulasan terhadap novel
atau kumpulan puisi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Ulasan terhadap novel
atau kumpulan puisi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Ulasan terhadap novel
atau kumpulan puisi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran Ulasan terhadap
novel atau kumpulan puisi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 5
Materi : Buku Fiksi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Unsur-unsur novel atau kumpulan puisi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi, untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi?
Ø
Terdiri
dari apakah Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi tersebut?
Ø
Seperti
apakah Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi tersebut?
Ø
Bagaimana
Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi?
Ø
Bagaimanakah
materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi itu berperan dalam
kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Ulasan terhadap novel atau
kumpulan puisi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang tekah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Ulasan terhadap novel atau
kumpulan puisi
mencatat semua informasi tentang materi
Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Ulasan terhadap
novel atau kumpulan puisi dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi
- Menjawab pertanyaan tentang Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi yang akan selesai
dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran Ulasan terhadap novel atau kumpulan
puisi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran Ulasan terhadap novel
atau kumpulan puisi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Ulasan terhadap novel
atau kumpulan puisi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran Ulasan
terhadap novel atau kumpulan puisi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Ulasan terhadap novel
atau kumpulan puisi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran Ulasan terhadap
novel atau kumpulan puisi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
I.
Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama
Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
Positif
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
Nama Peserta Didik :
…………...........................................……..
Kelas :
…………...........................................……..
Aspek yang diamati :
…………...........................................……..
No
|
Hari/tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan /
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
….
|
|
|
|
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik
(SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi
terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek
Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah
mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan
untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen
penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat
Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) =
Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal
(100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi
diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan
masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat
Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan,
PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Sirampog, 18 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA N 1 Sirampog Guru
Mata Pelajaran
Yuniarso
Amirudin, S.Pd, M.Si Teguh
Priyono, S.Pd
NIP
196903281991011002 NIP -
MANTAAAAAP
BalasHapus