RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMA N 1 Sirampog
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Tahun
Pelajaran
|
:
|
2018 - 2019
|
Materi
Pokok
|
:
|
Teks Eksplanasi
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
3
Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A. Kompetensi Inti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI
3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3. Mengidentifikasi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan
tulis
|
4.
4.1.
4.2.
4.3. Mengkonstruksi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara
lisan dan tulis
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.3.1. Menganalisis teks
eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan
topik.
3.3.2. Menulis kembali
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara
lisan dan tulis
|
4.3.1. Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi
Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4. Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4. Memproduksi
teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan
|
IPK
Pengetahuan
|
IPK
Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.4.1. Mengidentifikasi
teks eksplanasi dengan memerhatikan
istilah, pokok isi, referensi,
dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
3.4.2. Menyusun teks
eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
|
4.4.1. Mempresentasikan,
memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam
diskusi kelompok.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan
belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :
1.
Menghayati dan
mengamalkan materi Teks
Eksplanasisebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menguasai materi
Teks Eksplanasidengan
menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong),
kerja sama, toleran, damai), santun, responsive, dan pro-aktif sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian materi Teks Eksplanasiyang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari materi Teks
Eksplanasiyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
D. Materi
Pembelajaran
Fakta
Topik
:
·
Isi teks
eksplanasi
Konsep
Unsur
Kebahasaan
·
Pengertian teks
eksplanasi
Prinsip
Fungsi
Sosial
·
kejadian yang
menunjukkan hubungan kausalitas
Prosedur
Sturktur
·
Konjungsi
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning
(Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media
Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT
dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø
Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
Ø
Buku penunjang kurikulum 2013 mata
pelajaran Bahasa IndonesiaKelas
XI Kemendikbud, tahun 2013
Ø
Pengalaman peserta didik dan guru
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1
Materi : Teks Eksplanasi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : verba material dan verba tingkah laku teks prosedur
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi pengertian teks eksplanasi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi pengertian
teks eksplanasi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi pengertian teks eksplanasi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi pengertian teks eksplanasi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi pengertian teks eksplanasi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi pengertian teks eksplanasi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi pengertian
teks eksplanasi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi pengertian teks eksplanasi yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan pengertian teks eksplanasi?
Ø
Terdiri
dari apakah pengertian teks eksplanasi
tersebut?
Ø
Seperti
apakah pengertian teks eksplanasi tersebut?
Ø
Bagaimana
pengertian teks eksplanasi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi pengertian teks eksplanasi?
Ø
Bagaimanakah
materi pengertian teks eksplanasi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari
dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi pengertian
teks eksplanasi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
pengertian teks eksplanasi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi pengertian teks eksplanasi
yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi pengertian teks eksplanasi yang tekah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi pengertian teks eksplanasi
mencatat semua informasi tentang materi
pengertian teks eksplanasi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
pengertian teks eksplanasi sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi pengertian
teks eksplanasi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi pengertian teks eksplanasi yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi pengertian teks eksplanasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi pengertian teks eksplanasi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja
keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : pengertian teks eksplanasi, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi pengertian teks eksplanasi berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : pengertian
teks eksplanasi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi pengertian teks
eksplanasi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi pengertian teks eksplanasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang pengertian
teks eksplanasi
- Menjawab pertanyaan tentang pengertian teks eksplanasi yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi pengertian teks eksplanasi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi pengertian
teks eksplanasi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran pengertian teks eksplanasi yang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran pengertian teks
eksplanasi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran pengertian teks
eksplanasi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran pengertian
teks eksplanasi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran pengertian teks
eksplanasi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran pengertian teks
eksplanasi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan
keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama
manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 2
Materi : Teks Eksplanasi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : pengertian teks eksplanasi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi teks eksplanasi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi isi
teks eksplanasi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi isi teks eksplanasi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi isi teks eksplanasi untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi isi teks eksplanasi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi isi teks eksplanasi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi isi
teks eksplanasi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi isi teks eksplanasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan isi teks eksplanasi?
Ø
Terdiri
dari apakah isi teks eksplanasi
tersebut?
Ø
Seperti
apakah isi teks eksplanasi tersebut?
Ø
Bagaimana
isi teks eksplanasi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi isi teks eksplanasi?
Ø
Bagaimanakah
materi isi teks eksplanasi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi teks
eksplanasi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
isi teks eksplanasi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi teks eksplanasi yang
sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi isi teks eksplanasi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi isi teks eksplanasi
mencatat semua informasi tentang materi
isi teks eksplanasi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
isi teks eksplanasi sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi isi
teks eksplanasi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi isi teks eksplanasi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi isi teks eksplanasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi isi teks eksplanasi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : isi teks eksplanasi, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi teks eksplanasi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : isi
teks eksplanasi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi isi teks
eksplanasi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi isi teks eksplanasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi
teks eksplanasi
- Menjawab pertanyaan tentang isi teks eksplanasi yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi teks eksplanasi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi
teks eksplanasi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran isi teks eksplanasi yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran isi teks eksplanasi
yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran isi teks eksplanasi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran isi teks
eksplanasi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran isi teks eksplanasi kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran isi teks
eksplanasi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan
keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama
manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 3
Materi : Teks Eksplanasi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : isi teks eksplanasi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi kejadian
yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam
teks eksplanasi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas
dalam teks eksplanasi untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
lingkungan
pemberian
materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi kejadian
yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam
teks eksplanasi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas
dalam teks eksplanasi?
Ø
Terdiri
dari apakah kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi tersebut?
Ø
Seperti
apakah kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi tersebut?
Ø
Bagaimana
kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?
Ø
Bagaimanakah
materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi itu berperan dalam
kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi kejadian
yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam
teks eksplanasi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kejadian yang menunjukkan
hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi
yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi yang tekah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi kejadian yang menunjukkan
hubungan kausalitas dalam teks
eksplanasi
mencatat semua informasi tentang materi
kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi kejadian
yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam
teks eksplanasi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas dalam teks
eksplanasi yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas dalam teks
eksplanasi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas dalam teks
eksplanasi, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : kejadian
yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi kejadian yang
menunjukkan hubungan kausalitas dalam
teks eksplanasi dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas dalam teks
eksplanasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kejadian
yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi
- Menjawab pertanyaan tentang kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas dalam teks
eksplanasi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi yang akan
selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kejadian
yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas dalam teks
eksplanasi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran kejadian yang
menunjukkan hubungan kausalitas dalam
teks eksplanasi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran kejadian yang
menunjukkan hubungan kausalitas dalam
teks eksplanasi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran kejadian
yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran
kejadian yang menunjukkan
hubungan kausalitas dalam teks
eksplanasi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran kejadian yang
menunjukkan hubungan kausalitas dalam
teks eksplanasi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 4
Materi : Teks Eksplanasi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi struktur teks eksplanasi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi struktur
teks eksplanasi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi struktur teks eksplanasi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi struktur teks eksplanasi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi struktur teks eksplanasi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi struktur teks eksplanasi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi struktur
teks eksplanasi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi struktur teks eksplanasi yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan struktur teks eksplanasi?
Ø
Terdiri
dari apakah struktur teks eksplanasi
tersebut?
Ø
Seperti
apakah struktur teks eksplanasi tersebut?
Ø
Bagaimana
struktur teks eksplanasi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi struktur teks eksplanasi?
Ø
Bagaimanakah
materi struktur teks eksplanasi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari
dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi struktur
teks eksplanasi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
struktur teks eksplanasi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi struktur teks eksplanasi yang
sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi struktur teks eksplanasi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi struktur teks eksplanasi
mencatat semua informasi tentang materi
struktur teks eksplanasi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
struktur teks eksplanasi sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi struktur
teks eksplanasi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi struktur teks eksplanasi yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi struktur teks eksplanasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi struktur teks eksplanasi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : struktur teks eksplanasi, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi struktur teks eksplanasi berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : struktur
teks eksplanasi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi struktur teks
eksplanasi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi struktur teks eksplanasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang struktur
teks eksplanasi
- Menjawab pertanyaan tentang struktur teks eksplanasi yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi struktur teks eksplanasi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi struktur
teks eksplanasi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran struktur teks eksplanasi yang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran struktur teks
eksplanasi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran struktur teks
eksplanasi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran struktur
teks eksplanasi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran struktur teks
eksplanasi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran struktur teks
eksplanasi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan
keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama
manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 5
Materi : Teks Eksplanasi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : struktur teks eksplanasi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks eksplanasi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks eksplanasi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
lingkungan
pemberian
materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks eksplanasi, untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya
:
Ø
Apa
yang dimaksud dengan unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi?
Ø
Terdiri
dari apakah unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi tersebut?
Ø
Seperti
apakah unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi tersebut?
Ø
Bagaimana
unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi?
Ø
Bagaimanakah
materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi itu berperan dalam
kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi
unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur kebahasaan dalam
teks eksplanasi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur kebahasaan
dalam teks eksplanasi
mencatat semua informasi tentang materi
unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks eksplanasi dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks
eksplanasi yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan
sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks
eksplanasi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur kebahasaan dalam teks
eksplanasi, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur
kebahasaan dalam teks eksplanasi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks eksplanasi dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks
eksplanasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur
kebahasaan dalam teks eksplanasi
- Menjawab pertanyaan tentang unsur-unsur kebahasaan dalam teks
eksplanasi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksplanasi yang akan
selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur
kebahasaan dalam teks eksplanasi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur kebahasaan dalam teks
eksplanasi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran unsur-unsur kebahasaan
dalam teks eksplanasi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran unsur-unsur kebahasaan
dalam teks eksplanasi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran unsur-unsur
kebahasaan dalam teks eksplanasi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran unsur-unsur kebahasaan
dalam teks eksplanasi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran unsur-unsur
kebahasaan dalam teks eksplanasi berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke – 6
Materi : Teks Eksplanasi
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
90
menit
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
15
menit
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :……………… (MP sebelumnya)
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi konjungsi dalam teks eksplanasi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Problem Statemen
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi konjungsi
dalam teks eksplanasi
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi konjungsi dalam teks eksplanasi
Ø
pemberian
contoh-contoh materi konjungsi dalam teks eksplanasi untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi konjungsi dalam teks eksplanasi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi konjungsi dalam teks eksplanasi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi konjungsi
dalam teks eksplanasi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi konjungsi dalam teks eksplanasi yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan konjungsi dalam teks eksplanasi?
Ø
Terdiri
dari apakah konjungsi dalam teks eksplanasi
tersebut?
Ø
Seperti
apakah konjungsi dalam teks eksplanasi tersebut?
Ø
Bagaimana
konjungsi dalam teks eksplanasi itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi konjungsi dalam teks eksplanasi?
Ø
Bagaimanakah
materi konjungsi dalam teks eksplanasi itu berperan dalam kehidupan
sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN
INTI
|
60
menit
|
Data
Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi konjungsi
dalam teks eksplanasi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
konjungsi dalam teks eksplanasi yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi konjungsi dalam teks
eksplanasi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi
konjungsi dalam teks eksplanasi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi konjungsi dalam teks
eksplanasi
mencatat semua informasi tentang materi
konjungsi dalam teks eksplanasi yang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
konjungsi dalam teks eksplanasi sesuai dengan pemahamannya
|
Data
Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi konjungsi
dalam teks eksplanasi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi konjungsi dalam teks eksplanasi yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi konjungsi dalam teks eksplanasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi konjungsi dalam teks eksplanasi
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
15
menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk
menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : konjungsi dalam teks eksplanasi, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi konjungsi dalam teks eksplanasi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang mteri : konjungsi
dalam teks eksplanasi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi konjungsi dalam
teks eksplanasi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi konjungsi dalam teks eksplanasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
konjungsi dalam teks
eksplanasi
- Menjawab pertanyaan tentang konjungsi dalam teks eksplanasi yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami,
atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi konjungsi dalam teks eksplanasi yang akan selesai
dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi konjungsi
dalam teks eksplanasi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio
(menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta
didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran konjungsi dalam teks eksplanasi yang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran konjungsi dalam teks
eksplanasi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran konjungsi dalam teks
eksplanasi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta
diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
pada materi pelajaran konjungsi
dalam teks eksplanasi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran konjungsi dalam teks
eksplanasi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN
:
|
Selama pembelajaran konjungsi dalam
teks eksplanasi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
I.
Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama
Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
Positif
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
Nama Peserta Didik :
…………...........................................……..
Kelas :
…………...........................................……..
Aspek yang diamati :
…………...........................................……..
No
|
Hari/tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan /
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
….
|
|
|
|
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik
(SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi
terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek
Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah
mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan
untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen
penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat
Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) =
Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal
(100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi
diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan
masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat
Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan,
PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Sirampog, 18 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA N 1 Sirampog Guru
Mata Pelajaran
Yuniarso
Amirudin, S.Pd, M.Si Teguh
Priyono, S.Pd
NIP
196903281991011002 NIP -
Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
BalasHapusmampir di website ternama I O N Q Q
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-q
~domino99
~poker
~bandar66
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217