KLIK DISINI

pasang iklan

Rabu, 27 Juni 2012

SILABUS BAHASA INDONESIA SMK KELAS XI BERKARAKTER

SILABUS BERKARAKTER





NAMA SEKOLAH                                : SMK MAARIF NU 01 BUMIAYU
PROGRAM KEAHLIAN             : Semua Program Keahlian
MATA PELAJARAN                    : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER                   : XI/ 3 & 4    
STANDAR KOMPETENSI         : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat    
  Madya
KODE KOMPETENSI                 : 2
ALOKASI WAKTU                      : 72 X 45 menit
                                                                                                                            





SILABUS

NAMA SEKOLAH                         :     SMK MAARIF NU 01 BUMIAYU
MATA PELAJARAN                      :     BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER                     :     XI/3 & 4 
STANDAR KOMPETENSI           :     Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madya
KODE KOMPETENSI                  :     2
ALOKASI WAKTU                        :     72 X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
Pendidikan Karakter Bangsa dan Kewrausahaan
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

TM
PS
PI
2.1  Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja


·    Mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam bentuk nonverbal (bagan/tabel/diagram/  grafik/ denah/matriks)
·    Menyimpulkan informasi lisan yang tidak bersifat perintah secara deduktif/induktif
·    Menyampaikan simpulan bentuk non verbal dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar


·    Teknik membuat catatan verbal, dan nonverbal sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan/tertulis)



·    Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif
·    Teknik menyampaikan simpulan dan pendapat


·  Gemar membaca


·  Rasa ingin tahu
·  Kerja keras
·  Kreatif
·  Kerja keras

·  Kreatif
·  Rasa ingin tahu
·  Kerja sama
·  Kerja keras



·    Menyimak berbagai informasi


·    Mencatat ide-ide pokok dari informasi yang disimaknya

·    Mengubah informasi ke dalam bentuk nonverbal
·    Menyusun simpulan secara deduktif/induktif dari informasi yang terdapat dalam teks nonverbal yang dibuatnya


·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan
* ujuk kerja
·  Bentuk tes:
* objektif
   * uraian

6

-

-

· Bahan simakan: rekaman, khutbah, dialog dsb.
· Modul B. Ind. tkt. Madia
· Keraf.G. (1987).Argumentasi dan Narasi.
· Bambang Kaswati P. (1992).Teknik Menulis Laporan
· Parera,J.D. (1987).Belajar Mengemukakan Pendapat.
2.2  Menyimak untuk memaha mi perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja

·Merumuskan Perintah Kerja Tertulis
·Merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan rumusan perintah kerja tertulis
·Membuat bagan/prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis

   ·  Mengonfirmasikan
        Rencana  kegiatan yang
        akan  dilakukan (secara
     lisan/tulisan) kepada
     pemberi perintah

·   Kiat mengenali perintah lisan, seperti intonasi dan tekanan
·   Ragam dan ciri kalimat perintah
·   Kiat  merumuskan perintah atau rencana tindak lanjut dalam bentuk kerangka, atau bagan

·   Disiplin
·   Rasa ingin tahu

·   Kerja sama
·   Komunikatif
·   Demokratis

·   Kreatif
·   Disiplin
·   Kerja keras


·   Komunikatif
·   Kerja sama
·   Kerja keras



·   Jujur
·   Tanggung jawab



·   Menyimak perintah dari pemberi perintah

·   Merumuskan isi perintah secara berkelompok

·   Menindaklanjuti isi perintah dalam bentuk kerangka atau bagan

·   Menjelaskan isi perintah yang terdapat dalam kerangka atau bagan

·   Mengonfirmasikan kebenaran rencana kegiatan yang akan dilakukan kepada pemberi perintah

·  Jenis tes:
o lisan
o tulis
o perbuatan
·  Bentuk tes:
o  objektif
o  uraian

4

-

-

· Informasi lisan
· Modul Bahasa Indonesia Tkt. Madia
· Referensi yang Menunjang
2.3  Memahami perintah kerja tertulis

·   Mengenali informasi yang berkaitan dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja
·   Merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca informasi dari perintah kerja tertulis
·   Membuat bagan/ prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis
·   Mengonfirmasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan (secar lisan/tulisan) kepada pemberi perintah

·   Teks perintah kerja tertulis (surat edaran, pengumuman, memo, disposisi, buku manual kerja)
·   Informasi mengenai  peraturan atau budaya kerja yang berlaku di tempat bekerja
·   Kiat menyikapi perintah kerja yang maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan redaksi yang berbeda

·     Disiplin
·     Kerja keras
·     Rasa ingin tahu
·     Tanggung jawab

·     Tanggung jawab
·     Kerja keras


·     Jujur
·     Kerja keras


·     Disiplin
·     Kerja keras

·   Membaca perintah kerja tertulis
·   Mengidentifikasi pokok perintah
·   Merencanakan tindak lanjut perintah kerja
·   Membuat bagan/ prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis
·   Mengonfirmasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan (secara lisan/tulisan) kepada pemberi perintah
·   Merevisi rencana kegiatan sesuai arahan dari pemberi perintah

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
  * uraian

4

-

-

·       Modul B. Ind. tkt. Madia
·       Lamudin Finoza. (2002). Surat Menyurat Resmi Indonesia
·       Buku Manual Kerja
·       KBBI
·       Tim Depdiknas. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan
2.4   Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja

·   Mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
·   Mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan
·   Memahami makna kata yang terdapat dalam teks
·   Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenarannya/ketepatannya (diterima/ditolak) beradsarkan kaidah atau kelaziman

·   Informasi mengenai hubungan antara makna kata, bentuk kata, dan pemakaian kata dalam konteks bekerja
·   Makna leksikal dan makna gramatikal
·   Relasi makna (sinonim, dan antonim), ungkapan idiomatik, dan bentuk kata


·   Gemar membaca

·   Rasa ingin tahu
·   Kerja keras
·   Disiplin


·   Kerja keras
·   Rasa ingin tahu


·   Kerja keras
·   Rasa ingin tahu
·   Demokratis

·    Membaca teks yang bertemakan lingkungan kerja
·   Mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
·   Mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan
·    Menjelaskan makna kata sesuai dengan teks

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
  * uraian

4

-

-

·  KBBI
·  Kamus Idiom, Kamus Sinonim-Antonim
·  Surat Kabar/Majalah
·  Tarigan,H.G. (1985). Pengajaran Semantik.
2.5 Menggunakan secara lisan kalimat tanya/pertanyaan dalam konteks bekerja

·   Mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan topik pembicaraan untuk menggali informasi secara santun
·   Mengajukan pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak  sesuai dengan situasi komunikasi dalam bekerja
·   Menggunakan pertanyaan retorik sesuai  dengan situasi komunikasi dalam bekerja
·   Mengajukan pertanyaan secara tersamar untuk memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan, menyetujui, atau menyanggah sesuai dengan situasi komunikasi dalam bekerja

·   Ragam dan contoh kalimat tanya sesuai dengan situasi komunikasi dalam bekerja

·   Rasa ingin tahu
·   Mandiri

·   Kerja keras

·   Disiplin

·  Menyimak/membaca ilustrasi  situasi dunia kerja

·  Mengajukan berbagai bentuk pertanyaan yang sesuai dengan ilustrasi yang disajikan


·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
  * uraian

4

-

-

·  Dialog/monolog/teks ilustrasi situasi dunia kerja
·  Modul B. Ind. Tkt. Madia
·  Keraf,G. (1987). Tata Bahasa Indoensia Baru Bahasa Indonesia
2.6 Membuat parafrasa lisan   dalam konteks bekerja

·   Memparafrasakan informasi secara lisan dari hal yang telah dibaca dengan menggunakan bahasa sendiri
·   Memparafrasakan informasi secara lisan dari hal yang sudah didengar dengan menggunakan bahasa sendiri


·Pengertian parafrasa : teknik penyusunan parafrasa, menemukan kata kunci, menemukan id epokok, menjelaskan sinonim  kata kun ci, menjelaskan makna kata/ ungkapan, menggunakan ungkapan, menusun kalimat dengan ungkapan sendiri.
·Teknik menyusun parafrasa
·Teknik menyampaikan parafrasa secara lisan
·Pola penyajian deduktif-induktif, pola urutan sebab akibat, pola proses

·  Disiplin
·  Kerja keras


·  Komunikatif
·  Mandiri




·  Disiplin
·  Rasa ingin tahu
·  Kerja keras


·  Komunikarif
·  Kerja keras


·Membaca petunjuk kerja
·Menganalisis isi petunjuk kerja
·Menyampaikan parafrase secara lisan dengan sikap yang santun sesuai dengan petunjuk kerja yang telah dibaca
·Menyimak perintah kerja
·Menganalisis isi perintah kerja

·Menyampaikan parafrasa secara lisan dengan sikap yang santun sesuai dengan perintah kerja yang disimak

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
   * uraian

4

-

-

· Modul B. Ind. Tkt. Madia
· Teks petunjuk kerja
· Monolog perintah kerja
· Akhadiah, S. (1994). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.
2.7   Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi

·   Berkomunikasi dengan menggunakan kata, bentuk kata, dan ungkapan dengan santun
·   Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi secara efektif

·   Naskah film pendek
·   Diskusi kelompok: sistem dan teknik diskusi; jenis diskusi; komponen(moderator, notulis, peserta dan publik); pola gilir (tahap-tahap pembicaraan dalam diskusi)

·   Disiplin
·   Rasa ingin tahu
·   Kreatif
·   Kerja keras
·   Kerja sama




·   Kerja keras
·   Mandiri

·   Kerja keras
·   Mandiri
·   Tanggung jawab
·   Demokratis


·   Memperhatikan isi film pendek yang ditampilkan
·   Menceritakan kembali isi film dalam bentuk naskah sederhana dan memasukkan ungkapan yang sesuai
·   Menjelaskan hal yang terkait dengan diskusi
·   Menentukan tema diskusi
·   Menampilkan diskusi sesuai dengan topik diskusi

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
  * uraian

1

3

-

· Televisi, radio, VCD/DVD
2.8   Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja

·   Menggunakan kalimat   untuk memulai atau mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun nonformal secara efektif
·   Menerapkan pola gilir percakapan secara aktif untuk keperluan mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan pernghargaan
·   Mengalihkan topik pembicaraan (topic switching) secara halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat
·   Menyatakan pendapat yang berbeda secara halus dan santun tanpa menimbulkan konflik

·   Etika dan norma konversasi
·   Contoh kalimat efektif
·   Pilihan kata/diksi
·   Contoh kata-kata istilah dan ungkapan yang bernuansa konflik

·   Kerja sama

·   Rasa ingin tahu


·   Kerja keras
·   Komunikatif



·   Komunikatif
·   Demokratis



·   Demokratis
·   Komunikatif




·   Kerja sama
·   Komunikatif
·   Cinta damai


·   Membagi kelas atas kelompok dialog
·   Merencanakan desain percakapan sesuai dengan konteks lingkungan kerja
·   Setiap kelompok melakukan percakapan sesuai dengan desain yang dibuatnya 
·   Mengungkapkan gagasan, tanggapan, pendapat, dan penghargaan
·   Mengalihkan topik pembicaraan secara halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat
·   Mengungkapkan gagasan, pendapat dan pandangan yang berbeda dengan tetap menjaga keberlangsungan dan kenyamanan berkomunikasi

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
   * uraian

4

-

-

·  Contoh dialog/per cakapan sesuai dengan konteks lingkungan kerja
·  Modul B. Ind. tkt. Madia
·  Parera,J.D. (1988). Belajar Mengemukakan Pendapat
2.9   Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja

·   Menyampaikan gagasan dengan argumentasi yang tepat  dalam berdiskusi
·   Menyanggah  pendapat dengan santun dan ekspresif tanpa menimbulkan konflik dalam suatu forum diskusi dengan santun dan ekspresif
·   Menyampaikan argumentasi terhadap topik diskusi yang dibicarakan
·   Menghargai mitra bicara yang menyampaikan argumen terhadap topik diskusi
·   Menyusun simpulan diskusi berdasarkan fakta, data, dan opini dengan tepat
·   Membuat laporan diskusi
·   Membuat notula


· Teknik atau cara menyampaikan gagasan yang relevan
· Ungkapan yang mendukung gagasan
· Teknik menyampaikan sanggahan pendapat orang lain
· Konsep dan teknik berargumentasi
· Konsep dan teknik menyampaikan simpulan
q       


    



·   Demokratis



·   Rasa ingin tahu
·   Kerja sama
·   Kerja keras

·   Disiplin
·   Komunikatif
·   Jujur





·   Cinta damai
·   Komunikatif
·   Jujur




·   Komunikatif
·   Menghargai prestasi



·   Kerja keras
·   Disiplin

·   Kelas dibagi atas dua kelompok (penyanggah dan pendukung)
·   Setiap kelompok diberikan permasalahan yang sama

·   Kelompok yang satu menyampaikan gagasan yang relevan/mendukung dengan menggunakan ungkapan yang tepat
·   Kelompok yang lain menyampaikan sanggahan-sanggahan dengan argumentasi yang kuat dengan cara yang santun
·   Mengomunikasikan argumentasi dan pernyataan penghargaan secara meyakinkan dan simpatik
·   Menyampaikan simpulan dengan tepat atas dasar fakta dan opini

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
  * uraian

6

-

-

· Tarigan,H.G. (1984). Keterampilan Berbicara
· Parera,J.D. (1988). Belajar Mengemukakan Pendapat
· Modul B. Indonesia Tkt. Madia
2.10  Bernegosiasi yang menghasilkan dalam konteks bekerja

·   Mengemukakan ide, gagasan, atau komentar yang menarik  dan santun sesuai dengan memperhatikan topik bahasan
·   Menyanggah  pendapat  orang lain dengan santun   dan tetap menghargai pendapat mitra bicara
·   Meyakinkan mitra bicara untuk menyepakati ide yang dikemukakan dengan sikap dan kalimat yang cermat, serta argumentasi yang rasional

·   Program kegiatan dalam lingkungan kerja (OSIS)
·   Butir-butir yang harus diperhatikan dalam membahas suatu program kegiatan
·   Kiat efektif  menyanggah
mitra bicara dengan santun
·   Kiat efektif untuk meyakinkan mitra bicara

·   Rasa ingin tahu
·   Kerja sama
·   Demokratis
·   Komunikatif

·   Kerja sama
·   Kerja keras
·   Disiplin



·   Komunikatif
·   Semangat kebangsaan
·   Kerja keras




·   Komunikatif
·   Kreatif
·   Kerja keras

·   Membahas program kegiatan Osis

·   Mengemukakan pendapat dengan kalimat yang baik
·   Membahas  isi program kegiatan dengan cara menyampaikan dengan kalimat yang santun
·   Menyanggah gagasan atau pendapat secara rasional dan kritis dalam kalimat yang santun pada saat membahas program kegiatan
·   Menyampaikan argumentasi dengan nalar yang mampu meyakinkan mitra bicara

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
*perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
  * uraian

4

-

-

· Keraf.G. (1987). Argumentasi dan Narasi
· Parera,J.D. (1988). Belajar Mengemu-kakan Pendapat
· Modul B. Ind. Tkt. Madia
· Mustakim. (1994). Membina Kemampu-an Berbahasa
2.11 Menyam paikan laporan atau presentasi lisan dalam konteks bekerja

·   Menyampaikan pengantar dalam rangka presentasi atau laporan yang sesuai dengan konteks bekerja
·   Mempresentasikan sesuatu dalam lingkungan kerja secara sistematis
·   Menyampaikan simpulan isi presentasi atau laporan    
·   Membuat simpulan
·   Menyampaikan keadaan atau peristiwa secara kronologis (dalam tuturan deskriptif, naratif, ekspositoris) sesuai dengan tuntutan keadaan atau peristiwa yang dilaporkan secara lisan
·   Menyebutkan isi kerangka laporan
·   Menulis laporan perjalanan


·   Teknik menyampaikan presentasi atau laporan
Ø Pengantar/pendahu luan   
Ø Isi presentasi
Ø Penutup


·   Rasa ingin tahu
·   Mandiri





·   Kerja keras
·   Komunikatif


·   Komunikatif
·   Mandiri

·   Disiplin

·   Tanggung jawab

·   Mengonsep pokok-pokok yang akan disampaikan dalam pengantar presentasi atau laporan yang sesuai dengan konteks bekerja
·   Menyampaikan pengantar presentasi atau laporan
·   Mempresentasikan atau melaporkan suatu topik
·   Menyampaikan simpulan presentasi atau laporan

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
   * uraian

6

-

-

· Keraf.,G. (1987). Deskripsi dan Eksposisi
· Keraf,G. (1987). Argumentasi dan Narasi
2.12 Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif, eksposito ris, dan argumentatif

·   Menulis suatu kejadian dalam bentuk narasi secara kronologis
·   Mendeskripsikan gambar, bagan, tabel, grafik, diagram, matrik sebanyak 150-200 dalam waktu 30 menit
·   Membuat eksposisi dari suatu peristiwa
·   Menyusun argumentasi dengan tujuan untuk meyakinkan pembaca atas sebuah peristiwa



·   Narasi: pengertian; ciri-ciri; unsur intrinsik; tahap penulisan; jenis & sifat
·   Deskripsi:pengertian; ciri-ciri;unsur pengindraan;tahap penulisan:jenis & sifat
·   Eksposisi: pengertian; ciri-ciri; unsur; tahap penulisan; jenis & sifat
·   Argumentasi: pengertian; logika/nalar dalam argumentasi; ciri-ciri; unsur-unsur; tahap penulisan;jenis
·   Contoh paragraf dari keempat jenis karangan di atas

·   Rasa ingin tahu
·   Gemar membaca



·   Mandiri
·   Kerja keras
·   Disiplin


·   Mandiri
·   Disiplin
·   Kerja keras

·   Membaca informasi tentang jenis wacana (narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi), teknik, dan ciri wacana
·   Menentukan tema wacana
·   Merumuskan tujuan
·   Mengumpulkan bahan
·   Menyusun kerangka
·   Mengembangkan kerangka menjadi wacana  yang utuh dan padu


·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
  * uraian

10

-

-

·      Lamuddin Finoza. (2004-2005). Komposisi Bahasa Indonesia
·      Keraf,G. (1987). Deskripsi dan Eksposisi.
·      Keraf,G. (1987). Argumentasi dan Narasi
·      Contoh teks narasi, deskripsi. eksposisi, dan argumentasi


2.13 Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja


·  Mencatat butir-butir informasi yang akan diringkas dalam bentuk skema atau bagan dalam bahasa yang lugas dan jelas
·  Menghitung jumlah kalimat yang menjadi ringkasan sesuai dengan rumus meringkas yang baku.
·  Menyusun ringkasan  teks secara jelas dalam bahasa yang baik dan benar


·  Contoh ringkasan yang berupa bagandan teks
·  Teknik membuat bagan dan rangkuman
·  Bentuk bagan yang digunakan untuk ringkasan
·  Panduan/proses membuat ringkasan dari catatan butir-butir ke dalam bagan atau skema sampai kepada pengembangan ringkasan yang utuh


·   Rasa ingin tahu
·   Gemar membaca


·   Kerja keras
·   Rasa ingin tahu


·   Mandiri
·   Kerja keras



·   Gemar membaca
·   Rasa ingin tahu



·   Disiplin
·   Kerja keras
Tanggung jawab

·  Membaca dengan cermat contoh ringkasan dalam bentuk bagan/skema dan teks
·  Membedakan ringkasan berbentuk bahan dan teks dari bentuk dan fungsinya
·  Mendefinisikan ringkasan berdasarkan contoh bagan/skema dan teks
·  Membaca teks yang berkaitan dengan dunia kerja
·  Menulis butir-butir ide pokok ke dalam bentuk bagan/skema
·  Membuat ringkasan secara utuh sesuai dengan persyaratan yang menjadi ketentuan

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
  * uraian

4

-

-

·  Soedarso.(2002). Membaca Cepat
·  Parera,J.D.  (1984). Menulis Tertib dan Sistematik
·  Akhadiah,S. (1988). Modul Menulis II.Jakarta: Universitas Terbuka.
2.14 Menyimpul kan isi teks tertulis dalam konteks bekerja

· Menemukan informasi
   penting dari sebuah
  teks
·Mencatat informasi
  penting
· Mengembangkan
   informasi penting
   menjadi bentuk
   paragraph
· Menganalisis
  informasi penting
  menjadi simpulan
  deduktif atau induktif
  yang tidak ambigu
· Menyimpulkan suatu
  teks dengan
  menggunakan kalimat
  yang tidak ambigu,
  jelas, lugas dan
  bernalar sesuai
  dengan informasi yang diperoleh

·  Aspek nalar dalam menyusun simpulan: deduktif dan induktif

·   Rasa ingin tahu
·   Mandiri





·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif


·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif


·   Kerja keras
Disiplin

·  Mengamati data yang disajikan, yakni berupa data nilai UAN pelajaran bahasa Indonesia yang diperoleh siswa SMK yang bersangkutan
·  Merumuskan secara tertulis simpulan terhadap data tersebut dengan cara induktif
·  Merumuskan secara tertulis simpulan terhadap data tersebut dengan cara deduktif
·  Mengevaluasi perbedaan  kedua jenis simpulan yang telah disusun

·  Jenis tes:
* lisan
* tulis
* perbuatan
·  Bentuk tes:
* objektif
   * uraian

6

-

-

·  Akhadiah,S. (1994). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahas Indonesia
·  Alwasilah,A.Ch. & Suzan, S. (2005). Pokoknya Menulis
·  Finoza,L. (2004-2005). Komposisi Bahasa Indonesia.
·  Modul B. Indonesia Tkt. Madia
Keterangan:
TM                : Tatapmuka
PS                   : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI                   : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)



Mengetahui,
Kepala SMK MAARIF NU O1 BUMIAYU




Gunawan, S.Ag
Bumiayu,   20 Juni 2012
Pengajar




Teguh Priyono, S.Pd
................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar