KLIK DISINI

pasang iklan

Sabtu, 11 Juli 2015

RPP BAHASA INDONESIA MATERI NEGOSIASI KELAS X KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SMA NEGERI 1 SIRAMPOG
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : X/I
Tema                            : Seni Bernegosiasi
Materi Pokok               : Teks Negosiasi
Alokasi Waktu              : 6 x 45 Menit (3 x pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermainan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai denagn bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan  dari yang dipelajarinya  di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.      1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan YangMaha Esa sebagai sarana memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks negosiasi.
2.      2.2 Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menunjukkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil negosiasi.
3.      3.2 Membandingkan teks negosiasi  baik melalui lisan maupun tulis.
4.      4.2 Memproduksi teks nenosiasi baik secara lisan maupun tulis.
             
C.     Indikator Pencapaian
1. 1.21 Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik lisan maupun tulisan
    1.2.2 Menggunakan kata,istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan makna teks negosiasi baik lisan maupun tulis.
2.         Jujur
2.1.1     Berperilaku tidak berbohong pada kegiatan mengartikan kata sulit, menemukan pesan, menyusun pesan
2.1.2     Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
Disiplin
2.2.3Berperilaku menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang dialokasikan dalam pembelajaran
2.2.4  Berperilaku idak mengganggu siswa atau kelompok lain dalam pembelajaran
Tanggung jawab
2.2.5              Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks negosiasi.
2.2.6 Berperilaku selalu menyelesaikan tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran teks negosiasi

Proaktif
2.2.7        Berperilaku giat berusaha dapat mengumpulakan informasi
2.2.8     Berperialku selalu beraksi dan bereaksi dalam berdiskusi dan pembelajaran
3           3.2.1Menjelaskan persamaan struktur dua buah teks negosiasi
3.2.2Menjelaskan persamaan kaidah dua teks negosiasi
3.2.3Menjelaskan perbedaan struktur dua buah teks negosiasi
3.2.4Menjelaskan perbedaan kaidah dua buah teks negosiasi
4. 4.2.1 Menentukan tema  teks  negosiasi
4.2.2        Merumuskan tujuan penyusunan teks
4.2.3        Mengumpulkan materi teks
4.2.4        Menyusun kerangka teks
4.2.5        Mengembangkan kerangka teks menjadi teks uang utuh
4.2.6        Memproduksi teks negosiasi untuk menyelesaikan konflik
     

D.     Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.Perbedaan Struktur  dan Kaidah Teks
   a. Struktur teks“Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”
   b. Kaidah teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”
   c. Persamaan dan perbedaan struktur teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks     “Kesalahpahaman”
   b. Persamaan dan perbedaan kaidak teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”

Pertemuan 2
2. Langkah-langkah Menyusun Teks Negosiasi
a.    Menentukan tema teks negosiasi
b.   Merumuskan tujuan teks  negosiasi
c.    Mengumpulkan data/materi teks negosiasi
d.   Menyusun kerangka teks
e.    Mengembangkan kerangka teks menjadi karangan yang utuh



E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1

Bagian
Kegiatan Pembelajarn
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Peserta didik memberi salam  kepada guru, berdoa, dan mengondisikan diri siap belajar.
b.   Peserta didik bertanya jawab (dengan peserta didik yang lain dan guru) berkaitan dengan materi teks negosiasi yang akan dipelajari.
c.    Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran.
d.   Peserta didik menyimak pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
8 menit
Inti



























Mengamati
a.     Peserta didik membaca contoh teks negosiasi yang berjudul “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman” dan mencermati berkaitan dengan struktur dan kaidah teks negosiasi, dengan teliti dan tanggung jawab.
10 menit
Menanya
b.    Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab (antar anggota kelompok, antarkelompok, ataupun guru,) tentang stuktur teks yang terdiri dari pembukaan^ permintaan^ pemenuhan^ penawaran^persetujuan^ pembelian^ penutup atau pembukaan ^ isi ^ penutup serta kaidah teks yang di antaranya  terdiri atas pasangan tuturan, pemakaian kalimat tidak baku, terpengaruh bahasa percakapan, kalimat introgatif dan deklaratif, dll, yang belum dipahami dengan tutur kata yang santun.
c.    Peserta didik berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan struktur dan kaidah pada teks negosiasi yang berjudul “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”  dengan saling menghargai pendapat teman dengan bahasa yang santun.
10 menit
Mengumpulkan Data
d.    Secara berkelompok peserta didik mencatat pokok-pokok struktur dan kaidah teks negosiasi yang berjudul Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”  dengan saling menghargaidengan penuh tanggung jawab.
e.    Peserta didik berduskusi membahas persamaan dan perbedaan teks negosiasi yang berjudul Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”   dari  strukur dan kaidah teks negosiasi dengan tutur kata yang santun  dan penuh tanggung jawab.

15 menit
Mengasosiasi
f.       Secara individu peserta didik menentukan persamaan dan perbedaan  struktur dan kaidah teks negosiasi yang berjudul Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”   dengan responsive, jujur ,dan penuh tanggung jawab.
g.       Peserta didik menyimpulkan  persamaan dan perbedaan struktur dan kaidah teks Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dan teks “Kesalahpahaman”    kritis dan cermat

15 menit
Mengomunikasikan
h.      Peserta didik secara bergantian mempresentasikan hasil pekerjaannya dengan tutur kata yang santun.
i.        Peserta didik yang lain menanggapi hasil presentasi temannya dengan penggunaan bahasa santun, jujur dan penuh tanggung jawab.
10 menit
Penutup
a.    Peserta didik dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang persamaan dan perbedaan teks negosiasi berdasarkan struktur dan kaidah.
b.   Peserta didik melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi.
c.    Peserta didik mengerjakan evaluasi formatif berkaitan persamaan dan perbedaan dua teks negosiasi mengenai  struktur dan kaidah
d.   Peserta didik saling bertukar pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
e.   Peserta didik memperoleh tugas pengayaan untuk menjelaskan struktur dan kaidah bahasa teks negosiasi yan diambil dari sumber lain.
12 Menit


Pertemuan- 2
Bagian
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.   Peserta didik memberi salam hormat kepada guru, berdoa dan mengkondisikan diri siap belajar dengan tertib dan penggunaan bahasa yang santun
b.   Peserta didik dan guru bertanya jawab berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua teks negosiasi yang sudah didapatkan peserta didik pada pembelajaran sebelumnya dengan kritis dan cermat
c.    Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran dengan cermat dan tanggung jawab
d.   Peserta didik menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran dengan cermat dan tanggung jawab
8 menit
Inti



















Mengamati
a.    Peserta didik memberi contoh teks negosiasi  yang berjudul ‘Negosiasi Karyawan dengan Wakil Perusahaan dengan teliti dan tanggung jawab.

 

10 menit
Menanya
b.    Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab tentang langkah-langkah memproduksi teks negosiasi (menentukan topik, merumuskan tujuan , mengumpulkan data, membuat kerangka teks, dan mengembangkan kerangka menjadi teks yang utuh)  dengan tutur kata yang santun.
c.     Peserta didik berdiskusi tentang cara menemukan menentukan tema, merumuskan tujuan , mengumpulkan data, membuat kerangka teks, dan mengembangkan kerangka menjadi teks yang utuhdengan saling menghargai pendapat teman dengan tutur kata yang santun.
10    menit
Mengumpulkan Data
d.    Secara berkelompok peserta didik mencatat  langkah-langkah memproduksi teks negosiasi (menentukan topik, merumuskan tujuan , mengumpulkan data, membuat kerangka teks, dan mengembangkan kerangka menjadi teks yang utuhdengan jujur dan penuh tanggung jawab.
e.    Peserta didik berduskusi membahaslangkah-langkah memproduksi teks negosiasi (menentukan topik, merumuskan tujuan , mengumpulkan data, membuat kerangka teks, dan mengembangkan kerangka menjadi teks yang utuh dengan tutur kata yang santun, jujur dan tanggung jawab.

15 menit
Mengasosiasikan
f.     Secara individu peserta didik  menyimpulkan langkah-langkah memproduksi teks negosiasi (menentukan topik, merumuskan tujuan , mengumpulkan data, membuat kerangka teks, dan mengembangkan kerangka menjadi teks yang utuh pada teks negosiasi yang berjudul “Negosiasi antara Wakil karyawan dan Wakil Perusahaan”
15 menit
Mengomunikasikan
g.    Peserta didik secara bergantian melaporkan hasil pekerjaannya dengan tutur kata yang santun, dan jujur.
h.    Peserta didik yang lain menanggapi hasil pekerjaann teman pada teks negosiasi dengan tutur kata yang santun.
10 menit
Penutup
a.   Peserta didik dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang langkah-langkah memproduksi teks negosiasi yang dimulai dengan menentukan tema, menyusun kerangka teks dan merangkainya menjadi paragraf yang utuh padu dengan kritis dan cermat
b.   Peserta didik melalukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi dengan jujur dan tanggung jawab
c.   Peserta didik mengerjakan evaluasi formatif berkaitan langkah-langkah memproduksi teks negosiasi.
d.   Peserta didik saling bertukar pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
e.   Peserta didik menerima tugas pengayaan berkaitan denganlangkah-langkah memproduksi teks.
12 menit



F.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.   Sikap Spiritual
a.    Teknik Penilaian     : Observasi
b.   Bentuk instrumen  : Lembar Observasi
c.    Kisi-kisi         :
Lembar Observasi
Sikap Spiritual
No.
Sikap/Nilai
Indikator
Butir Pertanyaan
1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan YangMaha Esa
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik lisan maupun tulisan
A1
Menggunakan kata,istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan makna teks negosiasi baik lisan maupun tulis.
A2





2.   Penilaian Sikap
a.    Teknik Penilaian     : Observasi
b.   Bentuk instrumen  : Lembar Observasi
c.    Kisi-kisi
Lembar Observasi
Sikap Spiritual
No.
Sikap/
Nilai
Indikator
Butir Pertanyaan
1
Jujur
Menunjukkan perilaku tidak berbohong pada kegiatan mengartikan kata sulit, menemukan pesan, menyusun pesan
A3
Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
A4
2
Tanggung jawab
Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks negosiasi
A5
Berperilaku selalu menyelesaikan tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran teks negosiasi
A6
3
Santun
Menggunaakan pilihan kata, ekspresi, dan gesture santun.
A7
Berperilaku yang menunjukkan sifat  halus dan baik  dari sudut pandang bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang.
A8
     
3.   Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian     : Tes Tertulis
b.   Bentuk instrumen : Uraian
c.    Kisi-kisi
No.
Indikator
Butir Soal
1
Merumuskan persamaan struktur dua teks negosiasi
B1
2
Mendeskripsikan perbedaan dua  teks negosiasi
B2
3
Menjelaskan kaidah kebahasaan dua teks negosiasi
B3

4.   Keterampilan
a.    Teknik Penilaian     : Unjuk Kerja
b.   Bentuk instrumen  :Produk
c.    Kisi-kisi

No.
Indikator
Butir Soal
1
Mendeskripsikan persamaan strktur dua  teks negosiasi.
C1
2
Mendeskripsikan perbedaan kaidah dua teks negosiasi
C2
3
Mendeskripsikan langkah-langkah (menentukan tema, merumuskan tujuan, mengumpulkan data, menbuat kerangka  teka, dan mengembangkan kerangka teka menjadi teks yang utuh)
C3

G.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Media               : CD interaktif, LCD
2.    Alat dan bahan : Teks  negosiasi
3.    Sumber Belajar            :

Anderson, Mark dan Kathy Anderson. 2003. Text Types in English. South Yarra: Macmillan Education Australia. 

Hartono, Bambang. 2012. Dasar-dasar Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Semarang: Pustaka Zaman.

Kemdikbud, 2013a. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud, 2013b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kemdikbud.
                                                 
Mengetahui                                                                              Sirampog, Juli 2015
Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Pelajaran,



Yuniarso Amirudin,S.Pd, M.Pd                                                            Teguh Priyono, S.Pd               
NIP 19670629 199702 1 001                                                  NIP.
LAMPIRAN 1: Bahan Ajar
Teks Negosiasi
A.     Pemahaman Struktur  dan Kaidah Teks Negosiasi
        Struktur Teks Negosiasi
Teks negosiasi merupakan interaksi sosial yang bertujuan mencari kesepakatan bersama untuk memecahkan masalah di antara orang -orang yang mempunyai kepentingan yang berbeda.  Dalam negosiasi pihak-pihak tersebutberusaha menyelesaikan perbedaan itu dengan berdialog. Perhatikan contoh teks negosiasi berikut!

Teks 1.

NEGOSIASI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR SENI SUKAWATI

1.      Penjual     : Good morning, Mam. Selamat pagi
2.      Pembeli    : Selamat pagi.
3.      Penjual     : Mari, mau beli apa?
4.      Pembeli    : Ada patung isnu Kencana yang dibuat dari kayu?
5.      Penjual     : Ya ,ada. Di sana , yang besar atau yang kecil?
6.      Pembeli    : Yang sedang saja. Yang terbuat dari kuningan ada?
7.      Penjual     : Ya, ini, tidak terlalu besar. Tapi terbuat dari kayu, yang  terbuat dari kuningan habis.
8.      Pembeli    : Ya, dari kau tidak apa-apa.
   Patung itu sudah di tangan  pembeli dan ia mengamatinya dengan cermat.
9.      Penjual     : Bagus itu Mam. Cocok untuk dipakai sendiri atau untuk souvenir?
10.  Pembeli    : Saya pakai sendiri. Harganya berapa?
11.  Penjual     : Tiga ratus ribu rupiah.
12.  Pembeli    : Wah, mahal. Dua ratus ribu ya?
13.  Penjual     : Belum boleh. Dua ratus delapan puluh lima ribu. Ini sudah murah, Mam. Di tempat lain lebih mahal.
14.  Penjual     : Tidak mau. Kalau boleh
15.  Pembeli    : Dua ratus lima puluh ribu.
16.  Pembeli    : Belum boleh. Naik sedikit, Mam.
17. Penjual     : Ya, sebenarnya ini belum boleh.Tapi untuk Nyonya boleh.Mau beli apa lagi
              18. Pembeli    : Tidak Itu saja. Ini uangnya.
              19. Penjual     : Ya ,terima  kasih
              20. Pembeli    : Terima kasih, bye, bye.
             21. Penjual      : Have a nice day.

Teks 2.
KESALAHPAHAMAN
1
Resepsionis
:
Selamat siang. Bapak memerlukan bantuan kami?
2
David
:
Maaf, saya kira telah terjadi kesalahan pada tagihan kami. Kami tidak makan malam di sini tadi malam.
3
Resepsionis
:
Mohon maaf, Bapak. Tagihan ini berasal dari restoran hotel ini. Di sini terdapat tanda tangan Bapak.
4
David
:
Tetapi, itu bukan tanda tangan saya. Saya akan berbicara dengan manajer.
5
Resepsionis
:
Maaf, Bapak. Manajer sedang sibuk.
6
David
:
Ya, tetapi saya harus menjelaskan persoalan ini kepada manajer Saudara.
7
Resepsionis
:
Maaf, Bapak. Ini tagihan dari restoran dan tanda tangan ini adalah tanda tangan Bapak. Berarti Bapak dan istri Bapak makan di restoran ini tadi malam.
8
David
:
Maaf, izinkan saya bertemu manajer Saudara. Saya harus berbicara dengannya.
9
Resepsionis
:
Ya, mohon ditunggu.
Setelah David berada di ruang manajer.
10
Manajer
Bapak mengajukan keluhan tentang tagihan itu, Pak?
11
David
Ya, saya kira telah terjadi kesalahan tagihan untuk saya. Kami berdua tidak makan malam di restoran hotel ini. Kami makan malam di restoran seberang jalan karena restoran ini tadi  malam penuh
Tetapi, tanda tangan ini seperti anda tangan Bapak.
Bukan. Ini bukan tanda tangan saya.
Coba cek sekali lagi . Oh maaf. Saya mohon maaf. Ada orang lain lagi yang bernama David, sama dengan nama Bapak. Beliau bersama istrinya makan malam di restoran ini
Jadi bukan Bapak. Saya betul-betul mohon maaf.  Ada orang lain lagi yang bernama David, sama dengan nama Bapak. Beliau bersama istrinya makan malam di restoran ini


A.     Persamaan struktur Teks
Struktur teks 1


STRUKTUR TEKS
PARAGRAF/KALIMAT
1
orientasi                  
Kalimat 1-3
2
Permintaan

Kalimat 4-6
3
Pemenuhan
Kalimat 7-9
4.
Penawaran
Kalimat 10-15

Persetujuan
Kalimat 17
4.       
Pembelian
Kalimat 18

Penutup
Kalimat19-21

Struktur Teks 2

STRUKTUR TEKS
PARAGRAF/KALIMAT
1
pembuka                
Kalimat 1
2
Isi

Kalimat 2-14
3
Penutup
Kalimat 15

Dari rumusan struktur teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dengan teks “Kesalahpahaman”dapat disimpulkan bahwa strukutur kedua teks tersebut sama yaitu pendahuluan ^ isi ^ penutup

b.      Persamaan Kaidah Kebahasaan Teks Negosiasi
Teks Negosiasi antara Penjual dan Pembeli dan Teks negosiasi “Kesalahpahaman” mempunyai kaidah kebahasaan teks yang sama di antaranya sebagai berikut:
a.      Terdapat pasangan tuturan
b.      Pemakaian bahasa tidak baku
c.       Terpengaruh bahasa pergaulan
d.      Pemakaian kalimat introgatif
e.       Negosiasi menghasilkan kesepakatan
f.       Mengahasilkan keputusan yang saling menguntungkan
g.       Negosiasi mengarah ke tujuan praktis
h.      Negosiasi memprioritaskan kepentingan bersama

c.       Perbedaan Struktur Teks

Walaupun secara garis besar garis besar  mempunyai struktur yang sama antara Teks “Negosiasi antara Pejual dan Pembeli”  dan teks’Kesalahpahaman”, teks yang pertama lebih rinci, jelas, dan detail. Sedangkan teks yang kedua leb
ih singkat atau ringkas.




Lampiran 2: LEMBAR KERJA (LK)

A.  LK Persamaan Struktur dan Kaidah Teks Negosiasi

LK 1 : LK  Teks Negosiasi

Cermatilah teks berikut ini!
Dialog ini berlangsung di kawasan Pasar seni Sukawati, Denpasar, Bali. Penjual barang-barang seni adalah seorang gadis Bali asli, sedangkan pembeli adalah seorang ibu muda dari Eropa yang bisa berbahasa Indonesia.


NEGOSIASI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR SENI SUKAWATI

1.      Penjual     : Good morning, Mam. Selamat pagi
2.      Pembeli    : Selamat pagi.
3.      Penjual     : Mari, mau beli apa?
4.      Pembeli    : Ada patung isnu Kencana yang dibuat dari kayu?
5.      Penjual     : Ya ,ada. Di sana , yang besar atau yang kecil?
6.      Pembeli    : Yang sedang saja. Yang terbuat dari kuningan ada?
7.      Penjual     : Ya, ini, tidak terlalu besar. Tapi terbuat dari kayu, yang  terbuat dari kuningan habis.
8.      Pembeli    : Ya, dari kau tidak apa-apa.
   Patung itu sudah di tangan  pembeli dan ia mengamatinya dengan cermat.
9.      Penjual     : Bagus itu Mam. Cocok untuk dipakai sendiri atau untuk souvenir?
10.  Pembeli    : Saya pakai sendiri. Harganya berapa?
11.  Penjual     : Tiga ratus ribu rupiah.
12.  Pembeli    : Wah, mahal. Dua ratus ribu ya?
13.  Penjual     : Belum boleh. Dua ratus delapan puluh lima ribu. Ini sudah murah, Mam. Di tempat lain lebih mahal.
14.  Penjual     : Tidak mau. Kalau boleh
15.  Pembeli    : Dua ratus lima puluh ribu.
16.  Pembeli    : Belum boleh. Naik sedikit, Mam.
17. Penjual     : Ya, sebenarnya ini belum boleh.Tapi untuk Nyonya boleh.Mau beli apa lagi
              18. Pembeli    : Tidak Itu saja. Ini uangnya.
              19. Penjual     : Ya ,terima  kasih
              20. Pembeli    : Terima kasih, bye, bye.
             21. Penjual      : Have a nice day.

Teks 2.
KESALAHPAHAMAN
1
Resepsionis
:
Selamat siang. Bapak memerlukan bantuan kami?
2
David
:
Maaf, saya kira telah terjadi kesalahan pada tagihan kami. Kami tidak makan malam di sini tadi malam.
3
Resepsionis
:
Mohon maaf, Bapak. Tagihan ini berasal dari restoran hotel ini. Di sini terdapat tanda tangan Bapak.
4
David
:
Tetapi, itu bukan tanda tangan saya. Saya akan berbicara dengan manajer.
5
Resepsionis
:
Maaf, Bapak. Manajer sedang sibuk.
6
David
:
Ya, tetapi saya harus menjelaskan persoalan ini kepada manajer Saudara.
7
Resepsionis
:
Maaf, Bapak. Ini tagihan dari restoran dan tanda tangan ini adalah tanda tangan Bapak. Berarti Bapak dan istri Bapak makan di restoran ini tadi malam.
8
David
:
Maaf, izinkan saya bertemu manajer Saudara. Saya harus berbicara dengannya.
9
Resepsionis
:
Ya, mohon ditunggu.
Setelah David berada di ruang manajer.
10
Manajer
Bapak mengajukan keluhan tentang tagihan itu, Pak?
11
David
Ya, saya kira telah terjadi kesalahan tagihan untuk saya. Kami berdua tidak makan malam di restoran hotel ini. Kami makan malam di restoran seberang jalan karena restoran ini tadi  malam penuh
Tetapi, tanda tangan ini seperti anda tangan Bapak.
Bukan. Ini bukan tanda tangan saya.
Coba cek sekali lagi . Oh maaf. Saya mohon maaf. Ada orang lain lagi yang bernama David, sama dengan nama Bapak. Beliau bersama istrinya makan malam di restoran ini
Jadi bukan Bapak. Saya betul-betul mohon maaf.  Ada orang lain lagi yang bernama David, sama dengan nama Bapak. Beliau bersama istrinya makan malam di restoran ini


Diolah dari sumber http: www.slideshare.net.rendahnya minat baca

Jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut untuk mengetahui pemahaman kalian tentang teks negosiasi!
1.      Jelaskan persamaan struktur teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dengan teks “Kesalahpahaman!
2.      Jelaskan  persamaan kaidah teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dengan teks “Kesalahpahaman!
3.      Jelaskan perbedaan struktur teks “Negosiasi antara Penjual dan Pembeli” dengan teks “Kesalahpahaman!



LK 2 : LK Struktur Teks Negosiasi

Deskripsikan struktur teks  negosiasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
NO
STRUKTUR TEKS
PARAGRAF/KALIMAT
1
Pembuka               
………………………………………………………..



2
Isi
………………………………………………………..



 3
Penutup
………………………………………………………..












LK 3 : LK Kaidah Kebahasaan Teks Negosiasi

Deskripsikan kaidahkebahasaan teks  negosiasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
NO
KEBAHASAAN
PARAGRAF/KALIMAT
1
Pasangan tuturan
………………………………………………………..



2
Pemakaian bahasa-tidak baku
………………………………………………………..



3
Pemakaian bahasa pergaulan
………………………………………………………..



4.       


Teks 2
1



Pasangan tuturan
………………………………………………………..





2


Pemakaian bahasa tidak baku
………………………………………………………..




3



Bahasa pergaulan
………………………………………………………..





Simpulan:.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

LK 3 :

Lampiran 3: INSTRUMEN PENILAIAN 

1.   Sikap Spiritual

LEMBAR OBSERVASI
SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 =  selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 =  sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2 =  kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 =  tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati

Nama Peserta Didik                    : ...
Kelas                                          : ...
Tanggal Pengamatan                   : ...
Materi Pokok                              : ...

No.
Sikap/Nilai yang Diamati
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran teks negosiasi




2
Mengucapkan syukur atas karunia Tuhan sebagai tanda telah dipermudah mendapatkan informasi pembelajaran teks negosiasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi dengan bahasa yang baik dan benar.




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan melalui isi teks negosiasi dengan kata, istilah, dan ungkapan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan melalui isi teks negosiasi




Jumlah Skor


Keterangan:
1        : Kurang
1         : Cukup
2         : Baik
3         : Baik Sekali

2.   Sikap Sosial
a.   Jujur
Nama Peserta Didik     :           ………………….
Kelas                           :           ………………….
Materi Pokok               :           ………………….
Tanggal                                    :           ………………….
Petunjuk                                  :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Sebagai peserta didik  melakukan tugas-tugas dengan baik




2
Bekerja sama dalam kelompok




3
Menuduh orang lain tanpa bukti




4
Mau mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain




5
Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain








b.   Sikap Tanggung Jawab

Nama Peserta Didik        :           ………………….
Kelas                              :           ………………….
Materi Pokok                  :           ………………….
Tanggal                           :           ………………….
Petunjuk                         :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Sebagai peserta didik  melakukan tugas-tugas dengan baik




2
Bekerja sama dalam kelompok




3
Menuduh orang lain tanpa bukti




4
Mau mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain




5
Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain





c. Sikap Santun
Nama Peserta Didik                       :           ………………….
Kelas                                 :           ………………….
Materi Pokok                     :           ………………….
Tanggal                              :           ………………….
PETUNJUK PENGISIAN:
STS       : Jika kamu sangat tidak setuju dengan pernyataan
               tersebut
TS        : Jika kamu tidak setuju dengan pernyataan tersebut
S          : Jika kamu setuju dengan pernyataan tersebut
SS        : Jika kamu sangat setuju dengan pernyataan tersebut
No.
Pernyataan
Penilaian
STS
TS
S
SS
1
Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi sesama teman




2
Tidak berkata kata kotor, kasar dan takabur




3
Tidak menyela pembicaraan orang




4
Mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan dari orang lain




5
Tersenyum, menyapa, memberi salam kepada orang yang ada di sekitar




Keterangan:
·         1 untuk sangat tidak setuju (STS),
·         2 untuk tidak setuju (TS), ,
·         3 untuk setuju (S),
·         4 untuk sangat setuju (SS).
REKAPITUASI
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran            :...........................................................
Kelas/Semester           :...........................................................
Tahun Pelajaran         :...........................................................
Waktu Pengamatan     : ..........................................................
Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras
1.   BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.   MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.   MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.   MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan check list  (√)  pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

Lembar Pengamatan Sikap
No.
Nama Peserta didik
Jujur
Tanggung Jawab
Santun
Jumlah
Nilai
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.















2.















3.















4.
















JURNAL CATATAN GURU

Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
1.             Tulislah kelas dari peserta didik yang diamati.
2.             Tulislah hari/tanggal pengamatan.
3.             Tulislah identitas peserta didik yang diamati
4.             Deskripsikan kejadian-kejadian yang dialami oleh peserta didik, baik yang merupakan kekuatan peserta didik maupun kelemahan peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Sikap Spiritual dan/atau Sikap Sosial.
5.             Tulislah dengan segera kejadian yang diamati.

Kelas      : ...
No.
Hari/ Tanggal
Nama Peserta Didik
Kejadian









3.   PENGETAHUAN
TES URAIAN

Petunjuk
1.    Baca secara cermat teks negosiasi berikut!

2.    Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut!
a.    Berdasarkan teks negosiasi yang diberikan, jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut untuk mengetahui pemahaman kalian tentang teks negosiasi!
b.Berdasarkan teks negosiasi yang diberikan,  jelaskan struktur teks  negosiasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagianparagraf)!
c. Berdasarkan teks negosiasi, identifikasi unsur kebahasaan teks  negosiasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagianparagraf)!

No.
Aspek dan Kriteria
Skor
a.     
Merumuskan pengertian teks negosiasi
1.    Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan
2.    karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi di berbagai media
3.    Karena dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan
4.    sarana buku di berbagai perpustakaan jumlahnya harus banyak dan buku-buku itu harus bervariasi sehingga anak-anak dan orang dewasa berminat membaca
5.    karena dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan. Oleh sebab itu, membaca dapat memperbaiki kehidupan
6.    Meningkat kan minat baca dan memberantas buta aksara
7.    Paragraf 2
8.    usaha peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat
9.      Paragraf 3
10.  teks negosiasi adalah teks yang memaparkan dan mempengaruhi audience (pendengar atau pembaca) bahwa ada masalah yang tentunya perlu mendapat perhatian.

1
1

1

1

1

1
1
1
1
1

Total Skor                                                                                                          =
10
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
b.   
Struktur Teks
1.      Struktur teks negosiasi (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang)  dan data yang mendukung lengkap
2.      Struktur teks negosiasi  (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang) dengan data yang mendukung kurang     lengkap
3.      Struktur teks negosiasi (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang)  dengan data yang mendukung tidak lengkap

3

2

1

Total Skor                                                                                                             =
9
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
c.        
Unsur Kebahasaan
1.       Unsur kebahasaan  dan  data (kalimat tunggal, Kalimat majemuk, konjungsi) mendukung atau sesuai
2.       Unsur kebahasaan  dan  data (kalimat tunggal, Kalimat majemuk, konjungsi) kurang mendukung atau kurang sesuai
3.       Unsur kebahasaan  dan  data (kalimat tunggal, Kalimat majemuk, konjungsi) tidak  mendukung atau tidak sesuai

3

2

1

Total Skor                                                                                                              =
9

KUNCI JAWABAN TES PENGETAHUAN
a.


Soal
Paragraf/Kalimat


1
Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan


2
karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi di berbagai media


3
Karena dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan


4
sarana buku di berbagai perpustakaan jumlahnya harus banyak dan buku-buku itu harus bervariasi sehingga anak-anak dan orang dewasa berminat membaca


5
karena dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan. Oleh sebab itu, membaca dapat memperbaiki kehidupan


6
Meningkat kan minat baca dan memberantas buta aksara


7
Paragraf 2


8
usaha peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat


9
Paragraf 3


10
teks negosiasi adalah teks yang memaparkan dan mempengaruhi audience (pendengar atau pembaca) bahwa ada masalah yang tentunya perlu mendapat perhatian.

b.


Struktur Teks
Paragraf/Kalimat


Tesis/Pembukaan
Paragraf 1


Argumentasi/Isi
Paragraf 3


Penegasan Ulang
Paragraf 3
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

c.


Unsur Kebahasaan
Kalimat


Kalimat tunggal
Kalimat yang terdiri dari satu subjek, predikat dan objek atau keterangan (jika ada)


Kalimat majemuk
Kalimat yang terdiri dari satu subjek atau lebih, dua predikat atau lebih dan objek atau keterangan (jika ada) serta adanya konjungsi


Konjungsi
dan, sehingga, dalam, dll


4.    PENILAIAN HASIL KETRAMPILAN
SOAL KETRAMPILAN
Petunjuk
a.    Bacalah dengan cermat teks berjudul Peningkatan Minat Baca dan Pemberantasan Buta Huruf”!
b.   Setelah itu, Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1)   Interpretasilah kata-kata yang sulit pada teks negosiasi yang berjudul “Peningkatan Minat Baca dan Pemberantasan Buta Huruf”!
2)   Temukanlah makna pada bagian teks negosiasi yang berjudul “Peningkatan Minat Baca dan Pemberantasan Buta Huruf”! (tesis/pernyataan pendapat, argumen, dan penegasan ulang penutup)
3)   Setelah menginterpretsikan makna teks yang berjudul Remaja dan Pendidikan Karakter”, kembangkanlah menjadi paragraf utuh dengan memperhatikan ejaan, pilihan  kata, kalimat efektif!

Rubrik Penilaian Ketrampilan Memaknai Teks Negosiasi
No
Aspek yang Diamati
Rincian
Skor
1.
Interpretasilah kata-kata yang sulit pada teks negosiasi yang berjudul Remaja dan Pendidikan Karakter!
a. Memaknai semua kata/istilah dengan tepat
b. Memaknai semua kata/istilah kurang tepat
c. Memaknai semua kata/istilah tetapi tidak tepat
10
5
3
2.
Carilah makna/pesan pada teks negosiasi dengan menemukan ide pokok pada tiap-tiap paragraf
a. Menangkap makna/pesan pada paragraf dengan tepat
b. Menangkap makna/pesan pada paragraf kurang tepat
c. Menangkap makna/pesan pada paragraf tidak tepat
10
5
3
3.
Pengembangan paragraf
Setelah menginterpretsikan makna, kembangkan menjadi paragraf utuh dengan memperhatikan ejaan, pilihan  kata, kalimat efektif, dll
a.  Membangkan menjadi paragraf dengan utuh memperhatikan ejaan, pilihan  kata, kalimat efektif
b. Membangkan menjadi paragraf dengan kurang utuh memperhatikan ejaan, pilihan  kata, kalimat efektif
c.  Membangkan menjadi paragraf dengan tidak utuh memperhatikan ejaan, pilihan  kata, kalimat efektif
10

5

3
Jumlah Skor                                                                                                                                    =
30

KUNCI JAWABAN
1)   Interpretasilah kata-kata yang sulit pada teks negosiasi yang berjudul “Peningkatan Minat Baca dan Pemberantasan Buta Huruf”
No
Kata Sulit
Arti
1
Teknologi
metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia
2
Statistik
data yg berupa angka yg dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yg berarti mengenai suatu masalah atau gejala
3
Bervariasi
bentuk yang lain, yang berbeda bentuk (rupa)
4
Taraf
Tingkatan,  derajat/ mutu (dalam arti tinggi rendahnya, baik buruknya, dsb)

2)   Makna pada bagian teks negosiasi yang berjudul “Peningkatan Minat Baca dan Pemberantasan Buta Huruf”! (tesis/pernyataan pendapat, argumen, dan penegasan ulang penutup).

No
Paragraf
Interprestasi Makna
1
Pertama (Tesis/Pernyataan pendapat)
Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas.
2
Kedua (Argumen/Isi)
Upaya itu dilakukan karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih rendah.
3
Ketiga (Penegasan Ulang/Penutup)
Untuk itu, usaha peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat.
Simpulan:
Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas. Peningkatan minat baca perlu dilakukan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi di berbagai media.
 Upaya itu dilakukan karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih rendah. Untuk itu, usaha peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat.

c.  Paragraf utuh dengan memperhatikan ejaan, pilihan  kata, kalimat efektif.

Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas. Upaya itu dilakukan karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih rendah. Menurut Badan Pusat Statistik Republik Indonesia pada tahun 2011, penduduk Indonesia yang berumur 10 tahun ke atas yang buta aksara sekitar 17,89 persen dan jumlah tertinggi di Papua sekitar 40,59 persen. Di samping itu, sarana buku di berbagai perpustakaan masih kurang jumlahnya dan buku-buku itu kurang bervariasi sehingga anak-anak kurang berminat membaca.
Pengetahuan akan diperoleh dengan membaca buku. Oleh sebab itu, membaca dapat memperbaiki kehidupan Untuk itu, usaha peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar