KLIK DISINI

pasang iklan

Sabtu, 11 Juli 2015

RPP BAHASA INDONESIA MATERI PROSEDUR KOMPLEKS KELAS X KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                 Sekolah                             : SMA NEGERI 1 SIRAMPOG

          Kelas/Semester                : X / 2

                                    Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia

                                    Alokasi Waktu                : 4 X 45 menit

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai denagn bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan  dari yang dipelajarinya  di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.      1.1.Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan YangMaha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.      2.1 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.      3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, prosedur kompleks, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulis.
4.      4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, prosedur kompleks, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulis.
       
C.     Indikator Pencapaian
1.      1.1.1.Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
1.1.2 Menggunakan kata,istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia untuk menginterpretasi makna teks prosedur kompleks.
2. Jujur
2.2.1        Berperilaku tidak berbohong pada kegiatan mengartikan kata sulit
2.2.2        Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
Tanggung jawab
2.2.3        Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks prosedur kompleks
2.2.4        Berperilaku selalu menyelesaikan tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran teks prosedur kompleks
Disiplin
2.2.5        Menggunaakan pilihan kata sesuai kebutuhan.
2.2.6        Berperilaku yang menunjukkan sifattertibdan baik  dari sudut pandang bahasa.

3.   3.1.1Menjelaskan hakikat teks prosedur kompleks
3.1.2 Mendeskripsikan struktur teks prosedur kompleks
3.1.3 Menjelaskan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks
4.   4.1.1 Menemukan dan mengartikan kata-kata sulit pada teks prosedur kompleks
4.1.2Menemukan pesan bagian-bagian teks prosedur kompleks (pendapat umum, argumen, penegasan ulang)
4.1.3 Menyimpulkan pesan menjadi paragraf yang padu dengan memperhatikan ejaan, pilihan  kata, dan kalimat efektif.


D.     Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.Pemahaman Teks prosedur kompleks
   a. Pengertian teks prosedur kompleks
   b. Struktur teks prosedur kompleks
c. Kaidah teks prosedur kompleks
                                                          
Pertemuan 2
2. Penangkapan Makna Teks prosedur kompleks
a.    Artikan kata-kata sulit
b.   Makna/pesan pada bagian (tesis, argumen, penegasan ulang) teks prosedur kompleks
c.    Merangkai makna menjadi paragraf yang padu


E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Siswa memberi salam hormat kepada guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
b.   Siswa bertanya jawab (dengan siswa yang lain dan guru) berkaitan dengan materi teks prosedur kompleks yang akan dipelajari.
c.    Siswa menyimak tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran.
d.   Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran
10 menit
 Inti



























Mengamati
a.     Siswa diberi contoh teks prosedur kompleks yang berjudul “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Terkena Tilang?” dan membaca dengan cermat  berkaitan dengan pengertian/hakikat teks prosedur kompleks, dengan teliti dan tanggung jawab.
15 menit
Menanya
b.    Siswa secara berkelompok melakukan tanya jawab (antar anggota kelompok dan kelompok yang lain) tentang stuktur teks yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkahkaidah teks yang terdiri atasciri-ciri kebahasaan yakni (1) partisipan manusia secara umum, (2) verba material dan tingkah laku, (3) konjungsi temporal
c.    Siswa berdiskusi tentang memahami, menemukan, dan menerapkan struktur dan kaidah pada teks prosedur kompleks yang berjudul “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Terkena Tilang?”dengan saling menghargai pendapat teman dengan bahasa yang santun.
15 menit
Mengumpulkan Data
d.    Secara berkelompok siswa mencatat pokok-pokok struktur dan kaidah teks prosedur kompleks yang berjudul “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Terkena Tilang?”dengan penuh tanggung jawab.
e.    Siswa berduskusi membahas hasil pemahan teks prosedur kompleks yang berjudul “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Terkena Tilang?” dari kesesuaian srukur dan kaidah teks prosedur kompleks dengan tutur kata yang santun  dan penuh tanggung jawab.
f.     Siswa menyimpulkan pengertian teks prosedur kompleks dari kesesuaian stuktur dan kaidah dan membahas bersama dengan guru dengan jujur dan penuh tanggung jawab.
15 menit
Mengasosiasi
g.    Secara individu siswa diberikan lagi teks prosedur kompleks yang berjudul Cara Menggunakan Kartu ATM dan lembar kerja untuk dipahami dari aspek kebenaran struktur, dan kaidah secara jujur dan penuh tanggung jawab.
h.    Secara individu siswa menentukan pokok-pokok struktur dan kaidah teks prosedur kompleks yang berjudul Cara Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM)dengan responsive, jujur ,dan penuh tanggung jawab.
15 menit
Mengomunikasikan
i.      Siswa secara bergantian mempresentasikan hasil pekerjaannya dengan tutur kata yang santun.
j.      Siswa yang lain menanggapi hasil presentasi temannya dengan penggunaan bahasa santun, jujur dan penuh tanggung jawab.
10 menit
Penutup
a.    Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang teks prosedur kompleks berdasarkan struktur dan kaidah.
b.   Siswa melalukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi.
c.    Siswa mengerjakan evaluasi formatif berkaitan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
d.   Siswa saling bertukar pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
e.   Siswa memperoleh tugas pengayaan untuk mendeskripsikan struktur dan kaidah bahasa teks prosedur kompleks yang berjudul  “Cara Membuat Botol Kaca”
10 Menit

Pertemuan- 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.   Siswa memberi salam hormat kepada guru, berdoa dan mengkondisikan diri siap belajar dengan tertib dan penggunaan bahasa yang santun
b.   Siswa dan guru bertanya jawab berkaitan dengan materi pemahan teks prosedur kompleks yang sudah didapatkan siswa pada pembelajaran sebelumnya dengan kritis dan cermat
c.    Siswa menyimak tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran dengan cermat dan tanggung jawab
d.   Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran dengan cermat dan tanggung jawab
8 menit
Inti



















Mengamati
a.    Siswa diberi contoh teks prosedur kompleks  yang berjudul “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Terkena Tilang?” dan membaca dengan teliti dan tanggung jawab.
b.    Siswa menemukan dan mengartikan kata-kata yang sulit pada teks prosedur kompleks dengan cermat, teliti, tertib, dan disiplin
10 menit
Menanya
c.     Siswa secara berkelompok melakukan tanya jawab tentang makna/pesan dalam teks prosedur kompleks (tesis, argumen, penegasan ulang)  dengan pilihan kata yang sesuai.
d.    Siswa berdiskusi tentang bagaimana cara menemukan makna/pesan pada bagian (tesis, argumen, penegasan ulang) teks prosedur kompleks yang berjudul “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Terkena Tilang?””  dengan saling menghargai pendapat teman dengan tutur kata yang santun.
10 menit
e.    Secara berkelompok siswa mencatat makna/pesan pada bagian (tesis, argumen, penegasan ulang) teks prosedur kompleks yang berjudul  dengan jujur dan penuh tanggung jawab.
f.     Siswa berduskusi membahas hasil memaknai isi bagian teks prosedur kompleks yang berjudul “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Terkena Tilang?” pada masing-masing paragraf  dengan tutur kata yang santun, jujur dan tanggung jawab.
g.    Siswa menyimpulkan makna/pesan dalam pernyataan tesis/pendahuluan, argumen dan penegasan ulang  dan merangkai makna menjadi paragraf yang padu dengan jujur dan tanggung jawab.
15 menit
Mencoba
h.    Secara individu siswa diberikan lagi teks prosedur kompleks yang berjudul  Cara Menggunakan Kartu ATM  dan lembar kerja untuk menemukan dan mengartikan kata-kata sulit, makna/pesan pada bagian dan merangkai makna menjadi paragraf yang padu dengan jujur dan penuh tanggung jawab.
i.      Secara individu siswa menangkap makna/pesan, dan menyimpulkan pesan menjadi paragraf yang padu pada teks prosedur kompleks yang berjudul  Cara Menggunakan Kartu ATMdengan responsif dan santun.
15 menit
Mengomunikasikan
j.      Siswa secara bergantian melaporkan hasilnya dengan tutur kata yang santun, dan jujur.
k.    Siswa yang lain menanggapi hasil memaknai/pesan, merangkai pesan menjadi paragraf yang padu pada teks prosedur kompleks dengan tutur kata yang santun.
10 menit
Penutup
a.   Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang teks prosedur kompleks berdasarkan makna/pesan dalam pernyataan teks prosedur kompleks (argument dan penegasan) dan merangkainya menjadi paragraf yang utuh padu dengan kritis dan cermat
b.   Siswa melalukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi dengan jujur dan tanggung jawab
c.   Siswa mengerjakan evaluasi formatif berkaitan menangkap makna teks prosedur kompleks.
d.   Siswa saling bertukar pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
e.   Siswa menerima tugas pengayaan berkaitan dengan menangkap makna/pesan teks prosedur kompleksyang berjudul“Cara Membuat Botol Kaca”.
12 menit









F.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.   Sikap Spiritual
a.    Teknik Penilaian     : Observasi
b.   Bentuk instrumen  : Lembar Observasi
c.    Kisi-kisi         :
Lembar Observasi
Sikap Spiritual
No.
Sikap/Nilai
Indikator
Butir Pertanyaan
1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
Menggunakan bahasa  Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks baik lisan maupun tulisan
A1
Menggunakan kata,istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan makna teks prosedur kompleks baik lisan maupun tulis.
A2



2.   Penilaian Sikap
a.    Teknik Penilaian    : Observasi
b.   Bentuk instrumen  : Lembar Observasi
c.    Kisi-kisi
Lembar Observasi
Sikap Spiritual
No.
Sikap/
Nilai
Indikator
Butir  Pertanyaan
1
Jujur
Menunjukkan perilaku tidak berbohong pada kegiatan mengartikan kata sulit, menjelaskan hakikat, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks
A3
Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
A4
2
Tanggung jawab
Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks prosedur kompleks
A5
Berperilaku selalu menyelesaikan tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran teks prosedur kompleks
A6
3
Disiplin
Menggunaakan pilihan kata sesuai kebutuhan.
A7
Berperilaku yang menunjukkan sifat  tertib dan baik
A8
3.   Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian     : Tes Tertulis
b.   Bentuk instrumen   :  Uraian
c.    Kisi-kisi
No.
Indikator
Butir Soal
1
Merumuskan pengertian atau hakikat teks prosedur kompleks
B1
2
Mendeskripsikan strukur teks prosedur kompleks
B2
3
Menjelaskan kaidah kebahasaan/ciri kebahasaan yang menonjol (partisipan, verba meterial dan tttingkah laku, konjungsi temporal) teks prosedur kompleks
B3

Kunci Jawaban
1.      Teks prosedur kompleks adalah proses atau langkah-langkah untuk mencapai tujuan yang disusun secara lisan maupun tulisan.
2.      Struktur teks prosedur kompleks terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
3.      Kaidah kebahasaan yang menonjol adalah partisipan, verba meterial dan tttingkah laku, konjungsi temporal

4.   Keterampilan
a.    Teknik Penilaian     : Unjuk Kerja
b.   Bentuk instrumen   :  Produk
c.    Kisi-kisi

No.
Indikator
Butir Soal
1
Menyusun prosedur cara membuat botol kaca
C1

Soal : Urutkanlah prosedur di bawah ini dengan memberikan angka!
 . . . Setelah itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan
 . . . Kadang-kadang pecahan kaca ditambahkan
 . . . Akhirnya, botol-botol itu siap digunakan
 . …Selanjutnya, untuk memperkuat kaca dan botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan
 . . . Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara proporsional
 . . .Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
 . . . Setelah itu, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi
 . . . Lalu, adonan kaca diproduksi

Pedoman penskoran

No
Jawaban
Skor

1
Jika urutan betul 0-2 pernyataan, mendapat skor

10
2
Jika urutan betul 3-4 pernyataan, mendapat skor

20
3
Jika urutan betul 5-6 pernyataan, mendapat skor

30
4
Jika urutan betul 7-8 pernyataan, mendapat skor

40

Jumlah

100


G.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Media                           : Disk, LCD, LK
2.    Alat dan bahan : Teks prosedur kompleks
3.    Sumber Belajar            :
          
Anderson, Mark dan Kathy Anderson. 2003. Text Types in English. South Yarra: Macmillan Education Australia. 

Hartono, B. 2012. Dasar-dasar Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Semarang: Pustaka Zaman.

Kemdikbud. 2013a. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kemdikbud.

--------------, 2013b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kemdikbud.





            Verifikasi                                                                             
Mengetahui                                                                             Sirampog, Juli 2015
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran,



Yuniarso Amirudin,S.Pd, M.Pd                                                Teguh Priyono, S.Pd              

NIP 19670629 199702 1 001                                                  NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar